Jangan Salah Pilih, Ini Perbedaan Daihatsu Sirion 2022 X dan R
Enda · 7 Jun, 2022 14:30
0
0
Daihatsu Sirion 2022 yang belum lama diluncurkan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) hanya memiliki dua varian, yakni X dan R. Terkesan lebih stylish dan fun to drive, kedunya memperoleh penyegaran pada tampilan, fitur serta kenyamanan berkendara.
Mengenai harga, saat diluncurkan varian X nya dibandrol Rp227,6 juta, sedangkan tipe R diniagakan Rp236,8 juta OTR Jakarta. Punya selisih harga mencapai Rp9,2 juta, apa sih perbedaan New Daihastu Sirion X dan R? Daripada penasaran, simak ulasannya di bawah ini.
Tampilan Daihatsu Sirion 2022 X dan R Sedikit Berbeda
Melihat pada bagian depan, baik varian X maupun R Daihatsu Sirion 2022 tampil lebih atraktif dibandingkan generasi sebelumnya berkat mendapatkan grill baru serta headlamp dengan teknologi LED. Untuk bumpernya, varian R memperoleh tambahan berupa body kit dengan difusser yang diberi sentuhan warna perak.
Di sisi samping, seklias keduanya terlihat sama. Karena baik tipe X maupun R disematkan spion dengan cover hitam yang dilengkapi lampu sinyal untuk berbelok, serta velg dual-tone berukuran 15 inci. Namun untuk tipe R nya memperoleh tambahan side skirt yang membuatnya tampil lebih sporty.
Melihat pada buritan, tipe R nya dilengkapi dengan spoiler di atas kaca. Sedangkan untuk tampilan bumper belakang keduanya terlihat sama, dan sama-sama dilengkapi rear wiper, deffoger, dan high mount stoplamp.
Interior Varian R Daihatsu Sirion 2022 Lebih Mewah
Menyoal tampilan interior, varian R mobil ini terkesan lebih mewah karena mendapatkan aksen silver lebih banyak dibeberapa bagiannya. Bicara fitur, baik tipe X maupun R sama-sama dibenamkan head unit baru yang mendukung konektifitas USB, Bluetooth, Smart Link dan HDMI. Seperti yang diketahui, fitur Smart Link sendiri mampu mengonekan antara sistem hiburan dengan smartphone melalui aplikasi baik untuk memutar musik atau menjalankan fitur lainnya.
Guna memudahkan penggunanya, keduanya telah dilengkapi switch control steering yang terhubung langsung dengan sistem hiburannya. Sebagai informasi, untuk panel instrument cluster varian R dilengkapi MID 4,2 inci dengan pilihan menu yang lebih informatif serta tombol PWR mode di kanan stirnya. Pada tipe X, tampilannya informasi berkendara terkesan lebih sederhana meski juga mendapatkan MID.
Lain dari itu, tipe R Daihatsu Sirion 2022 juga memiliki fitur lengkap. Seperti yang bisa dilihat, di bawah kisi-kisi AC kanan pengemudi terdapat tombol air purifier yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan selama berkendara karena mendapatkan sirkulasi udara yang lebih bersih dan lebih sehat di dalam kabin. Tak hanya itu, varian teratasnya juga dilengkapi tombol retractable di bawah pengaturan kaca spionnya.
Pada center clusternya, kedua varian New Daihatsu Sirion yang dikhususkan untuk pasar lokal ini telah disematkan tombol start/stop engine, pengaturan AC digital, peringatan pemakaian seatbelt, serta tombol untuk membuka dan mengunci pintu. Hanya saja tipe R nya memperoleh tambahan saklar sensor parking yang bisa dinonaktifkan dengan hanya sekali menekan tombol.
Versi faceliftnya ini Daihatsu Sirion generasi ketiga yang dijual di Indonesia baik tipe X dan R sama-sama disematkan 4 airbags di depan, VSC (Vehicle Stability Control), traction control, ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brakeforce Distribution), sensor parkir depan dan belakang, kamera parkir, ISOFIX, dan seatbelt 3 titik yang ada di model sebelumnya tetap dipertahankan pada generasi faceliftnya.
Guna memberikan keselamatan secara lebih maksimal, keduanya telah ditambahkan fitur berupa HSA (Hill Start Assist). Seperti yang diketahui fitur ini dapat mencegah mobil bergerak mundur saat berada di tanjakan selama beberapa detik agar dapat memindahkan posisi kaki dari pedal rem ke pedal gas ketika siap bermanuver.
Selain itu, varian X maupun R juga telah dilengkapi speed sensing door lock yang akan mengunci pintu kendaraan secara otomatis ketika melewati kecepatan tertentu serta idle stop system. Sebagaimana fungsinya, fitur ini dapat mematikan kinerja mesin sementara secara otomatis ketika kendaraan dalam kondisi berhenti.
Dengan adanya fitur ini tentunya juga dapat menghemat penggunaan BBM. Jika tidak ingin menjalankannya, kalian bisa menonaktifkan dan mengaktifkan kembali menyesuaikan kebutuhan. Dari segi keamanan berkendara, keduanya memperoleh headlamp leveling, key free, engine start-stop button dan alarm guna menghindari dari pencurian.
Tipe X dan R Daihatsu Sirion 2022 Ditawarkan dengan Transmisi D-CVT
Baik varian X maupun R Daihatsu Sirion 2022 hanya menawarkan transmisi D-CVT menggantikan transmisi otomatis konvensional 4-percepatan sebelumnya.
Perlu diketahui transmisi D-CVT yang digunakan memiliki kemampuan melakukan perubahan rasio gigi menyesuaikan dengan putaran mesin, yang bisa memberikan sensasi berkendara secara lebih halus saat perpindahan kecepatan.
Selain itu, pada teknologi ini rentang rasio roda gigi juga telah diperpanjang pada sisi rendah dan tinggi, hingga memungkinkan akselerasi yang bertenaga dan mulus pada kecepatan rendah, serta kinerja yang hemat bahan bakar dan senyap pada kecepatan tinggi. Selain menyuguhkan pengalaman berkendara lebih halus, sekaligus responsif, penggunaan transmisi D-CVT juga memberikan angka penggunaan BBM yang lebih efisien.
Untuk jantung pacunya mobil ini masih menggunakan mesin yang sama seperti versi pre-faceliftnya, dimana mesin 1NR-VE, DOHC Dual VVT-i, 4-silinder segaris berkapasitas 1.329 cc yang digunakan sanggup memeras tenaga hingga 95 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal 121 Nm @4.200 rpm.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.