window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kelemahan Mesin Mobil Berteknologi DOHC, Janjikan Performa Lebih Baik?

Yongki Sanjaya · 28 Apr, 2022 16:30

Kelebihan dan Kelemahan Mesin Mobil Berteknologi DOHC, Janjikan Performa Lebih Baik? 01

Evolusi teknologi mesin semakin berkembang mulai dari OHV, SOHC, dan terakhir muncul DOHC atau Double Over Head Camshaft. Sistem DOHC ini konon menjadi penyempurna dari teknologi SOHC yang performanya kurang memuaskan di putaran atas. Lantas, apakah kelebihan DOHC ini mampu menghasilkan performa lebih baik?

DOHC diartikan sebagai mesin dengan penggunaan dua camshaft yang posisinya berada di kepala silinder. Adapun dua camshaft atau noken as di head cylinder punya tugas berbeda. Masing-masing  noken as menggerakkan langsung dua katup, satunya mengatur katup intake bahan bakar dan satunya lagi mengatur keluarnya gas buang. 

Secara konsep, kerja noken as pun lebih ringan karena hanya bertugas di satu fungsi, sehingga power yang dihasilkan otomatis lebih besar. Ini karena penyaluran bahan bakar ke mesin dan penyaluran gas buang lebih besar.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kelebihan dan Kelemahan Mesin Mobil Berteknologi DOHC, Janjikan Performa Lebih Baik? 01

Karena ada empat katup, otomatis sistem kerja mesin DOHC membuat ada lebih banyak komponen yang bergerak dibanding jenis Single Over Head Camshaft (SOHC).

Namun tak seperti SOHC, mesin DOHC tak memerlukan rocker arm atau pelatuk. Jadi, ukuran celah katupnya diset memakai shim yang bentuknya mirip baterai jam tangan atau remote kunci mobil.

Pertimbangan Pabrikan Mobil Memakai Mesin DOHC di Produknya 

Kelebihan dan Kelemahan Mesin Mobil Berteknologi DOHC, Janjikan Performa Lebih Baik? 02

Ada dua hal utama yang jadi fokus kinerja mesin DOHC, yaitu akselerasi mesin lebih cepat dengan suara lebih halus. Pemakaian dua noken as pada mesin DOHC membuat kinerja mesin menjadi bergerak lebih cepat. 

Suara yang dihasilkan lebih halus karena masing-masing noken as memiliki fungsi berbeda untuk mengatur klep masuk dan buang. Sistem buka tutup pada mesin DOHC menghilangkan peran rocker arm sehingga proses kerja mesin menjadi lebih presisi.

Tentunya untuk memperoleh tenaga dan torsi maksimal, DOHC dipengaruhi sejumlah variabel lain seperti besaran diameter klep, diameter dan panjang langkah piston, besaran sudut payung klep dan sebagainya. Bahkan dengan kemajuan teknologi otomotif, sistem bukaan klep secara variabel pada mesin SOHC membuat performanya mampu mendekati performa mesin DOHC. 

Saat melihat mesin DOHC, biasanya memiliki ukuran yang cukup besar dan memakan lebih banyak tempat dalam ruang mesin di bawah kap mobil. Hal ini berpengaruh pada penampilan kompartemen mesin yang tampak memberikan kesan lebih “penuh”. 

Kelebihan Teknologi DOHC di Mesin Mobil

Kelebihan dan Kelemahan Mesin Mobil Berteknologi DOHC, Janjikan Performa Lebih Baik? 03

Mobil keluaran terbaru yang mengejar aspek performa biasanya memakai teknologi mesin DOHC. Tentunya, ada beberapa kelebihan yang membuat DOHC ini terus dikembangkan, ditunjang pula dengan teknologi katup variabel. 

Aspek pertama yang menjadi kelebihan teknologi DOHC ialah kemampuan mesin yang lebih responsif, terutama untuk putaran atasnya. Ini karena proses menggerakkan dua katup dilakukan dalam satu pekerjaan. 

Proses pengisapan ini kemudian membuat proses pembakaran juga lebih cepat. Uap bensin dan udara yang dihisap oleh dua katup punya volume lebih banyak dan lebih instan. Setelah proses pembakaran selesai, sisa emisi akan lebih cepat terbuang karena melewati dua katup. 

Sistem kerja pada mesin DOHC ini lebih singkat karena tidak menggunakan rocker arm. Noken as yang menggerakkan katup juga lebih fokus karena hanya satu fungsi, hisap saja atau buang saja. Tentunya tidak seperti DOHC yang berbagi peran untuk melakukan pekerjaan hisap dan buang.

Kelebihan dan Kelemahan Mesin Mobil Berteknologi DOHC, Janjikan Performa Lebih Baik? 04

Kelebihan berikutnya dari teknologi DOHC ialah mesin yang lebih kuat untuk disiksa, oleh karena itu mesin-mesin DOHC biasanya dapat dipacu pada putaran gas yang lebih tinggi dibanding mesin teknologi lain.

Selain kuat di putaran mesin tinggi, membuat mesin ini juga punya transfer tenaga yang juga stabil karena efek tugas noken as yang fokus pada satu pekerjaan. Karena kerja mesin bisa lebih ringan maka membuat limit rpm bisa lebih tinggi. 

Secara sederhana, mesin SOHC ini unggul dari sisi akselerasi yang lebih spontan dan responsif. Sementara itu, mesin DOHC mampu menghasilkan top speed lebih baik. Tenaga yang keluar dari crankshaft tidak terbuang banyak untuk menggerakkan camshaft. 

Kelemahan Mesin Mobil Berteknologi DOHC, Teknologi yang Cukup Rumit

Kelebihan dan Kelemahan Mesin Mobil Berteknologi DOHC, Janjikan Performa Lebih Baik? 05

Meskipun punya berbagai keunggulan, namun mesin DOHC juga memiliki kelemahan. Paling terlihat yaitu dari konstruksi noken asnya yang cukup rumit. Banyaknya komponen yang diperlukan pada mesin DOHC membuat biaya perawatan dan penggantian suku cadangnya menjadi mahal. 

Tidak semua mekanik bisa menyetel ulang mesin DOHC dengan baik. Untungnya, mesin DOHC tidak perlu terlalu sering disetel ulang klepnya. Shim ini cukup kuat menahan putaran noken as sehingga tak lekas aus. 

Hal terakhir yang kadang menjadi kelemahan dari mesin DOHC ialah konsumsi bahan bakarnya yang dianggap lebih boros. Dengar kata lain, DOHC lebih boros bahan bakar karena kinerja pembakaran yang maksimal. 

Asumsi ini muncul karena sistem penghisapan bahan bakar yang lebih cepat dan banyak. Namun, borosnya bahan bakar sebenarnya diimbangi dengan performa yang lebih baik. 

 

 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil