Kulik Interior Wuling Air EV, Gak Terlihat Seperti Mobil Listrik Murah!
Prasetyo · 15 Jul, 2022 12:03
0
0
Interior Wuling Air ev akhirnya terungkap.
Desainnya futuristik mirip mobil-mobil listrik dengan harga di atasnya.
Posisi duduk pengemudi dan penumpang belakang juga cukup nyaman.
Wuling Air ev dalam beberapa bulan belakangan kerap viral dibicarakan banyak orang. Pasalnya mobil listrik Wuling ini memang menarik untuk diamati dan dinantikan kehadirannya.
Setelah awal Juni 2022 lalu Wuling menampilkan wujud utuh eksterior dari mobil listrik murah tersebut, maka kini giliran ruang kabinnya yang diungkap. Yap, kalau Anda sempat datang ke Central Park, Jakarta ketika Air ev pertama kali diperkenalkan dengan nama Wuling EV, maka saat itu mobil tersebut tertutup rapat dan tak dapat diketahui seperti apa bagian interiornya.
Tapi rasa penasaran itu pun akhirnya terpuaskan manakala pabrikan berlogo W ini mengumumkan seperti apa interior Wuling Air ev. Bertepatan dengan Ulang Tahun ke-5 Wuling Motors di Indonesia, tim Autofun kemudian diberi kesempatan mengeksplorasi lebih dalam, ruang kabin dari mobil yang kabarnya bakal dilepas kisaran Rp250 juta - Rp300 juta itu.
Mengusung bahasa desain future-tech, tampilan interior Wuling Air ev mendeskripsikan tampilan kendaraan dari masa depan. Pertama-tama terlihat dari penggunaan Intelligent Tech Dashboard. Bentuk dasbornya simple, tak banyak lekuk-lekuk layaknya mobil lain, namun tetap disediakan dua cup holder pada sudut kiri dan kanan.
Yang menjadi pusat perhatian ketika pertama kali masuk ke kabin Wuling Air ev adalah keberadaan monitor dengan lebar 10,25 inci yang terpasang tegak. Layar yang membentang dari sisi pengemudi hingga ke area tengah dashboard ini terbagi atas dua sistem. Yaitu sebagai instrument panel untuk pengemudi, dan sarana hiburan.
Perlu diketahui juga, monitor ini sudah dibekali akses internet serta terkoneksi dengan fitur IoV (Internet of Vehicles). Seperti IoV yang terdapat pada Wuling Almaz RS dan Wuling Cortez, fitur ini memungkinkan beberapa fitur mobil bisa dikontrol dari jarak jauh melalui aplikasi ponsel. Selain itu IoV juga memiliki sistem untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan berkendara.
Beralih ke hal lain di seputaran interior Wuling Air ev kami juga cukup terkesan dengan bagian joknya. Jok pengemudi dan penumpang depan menggunakan busa tebal sehingga nyaman saat diduduki. Sayangnya jok ini pakai model headrest yang menyatu dengan sandaran punggung. Miriplah dengan jok-jok mobil LCGC seperti Toyota Calya, Daihatsu Sigra, atau Honda Brio Satya.
Lingkar kemudinya juga cukup nyaman digenggam dengan permukaan yang tidak licin. Menariknya seluruh jok mobil ini dilapis material Synthetic Leather dengan pola jahitan warna biru. Hal kecil yang cukup diperhatikan oleh Wuling.
Berada di kabin Wuling Air ev juga tidak terasa sempit. Walau mobil ini punya panjang hanya 2.974 mm dengan lebar 1.505 mm, tinggi 1.631, serta jarak sumbu roda 2.010 mm. Ruang kaki dan ruang kepala baik saat di posisi pengemudi atau pun penumpang depan dan belakang masih cukup lebar.
Sepertinya demi membuat ruang penumpang tetap lapang, Wuling harus mengorbankan bagian belakang mobil ini. Saat pintu bagasi dibuka terlihat mobil cuma menyisakan sedikit space yang bahkan mungkin tak cukup untuk meletakkan tas atau koper ukuran sedang.
Wajar memang, Wuling Air ev bukan didesain sebagai mobil adventure keluarga yang butuh kargo luas demi menyimpan barnag bawaan. Meski begitu, kalau Anda tetap perlu ruang untuk penyimpanan beberapa barang belanjaan, jok belakang bisa dilipat dengan konfigurasi 50:50.
Nah kan... interior Wuling Air ev gak terlihat seperti mobil murah...
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.