Daihatsu menutup penjualan kendaraan di 2022 dengan Sigra sebagai model terlaris. Melihat penjualan yang ada, model SUV Daihatsu kurang populer di pasar domestik. Namun demikian, SUV yang diproduksi oleh Daihatsu malah mendapat sambutan baik di pasar ekspor.
Selain memproduksi serta mengekspor mobil-mobil bermerek Daihatsu, PT Astra Daihatsu Motor juga merek-merek lain yaitu Toyota serta Mazda untuk ekspor.
Baca juga:
Crossover Harga Rp200 Jutaan, Pilih Daihatsu Rocky 1.2 X atau Nissan Juke 2018?
Perbandingan Daihatsu Rocky 1.2 X CVT vs Toyota Raize 1.2 G CVT, Toyota Jual Kemahalan?
Harga Mirip, Pilih Toyota Harrier 2.4 L Premium 2010 Bekas atau Daihatsu Rocky 1.2 X CVT Baru?
"Daihatsu menutup tahun 2022 dengan total produksi 562 ribuan unit. Angkanya sangat fantastis karena jadi satu-satunya manufaktur yang menggunakan fasilitas produksi di atas kapasitas yang ada hingga 530ribuan unit," ujar ujar Sri Agung Handayani, Marketing Director, dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).
Sebagai informasi, model-model merek Toyota yang dirakit dan diekspor oleh pabrik Daihatsu Indonesia antara lain Avanza, Rush, Wigo (Agya untuk pasar luar negeri), Raize, Town/Lite Ace. Kemudian untuk ADM juga memproduksi untuk Mazda, dalam model Bongo. Mobil ini merupakan versi ganti logo dari kendaran niaga Daihatsu yaitu Gran Max.
"Dari angka ini alhamdulillah ekspor kita naik. Domestik ada 398 ribu, naik 19% dr taun lalu dan ekspor melejit di 154 ribuan unit, naik 34% dibandingkan tahun lalu," jelas Agung.
SUV Garapan Daihatsu Diminati Konsumen Mancanegara
Tak cuma angka ekspor yang meningkat secara signifikan di 2022 lalu, permintaan di segmen SUV untuk pasar global juga turut naik. Adapun negara utama tujuan ekspor Daihatsu yaitu ke Filipina, Jepang dan Saudi Arabia.
"Ekspor ada 84 negara, 54% ke Filipina, Jepang dan Saudi Arabia. Sisanya ke 81 negara lain. Kalau di luar perkembangannya yang order sama dengan yang di market kita yaitu SUV medium dan low. Jadi, tren global SUV yang diekspor Daihatsu naik antara 25-26%," jelasnya.
Sebagai informasi, penjualan SUV Daihatsu di pasar domestik masih kalah laris dengan model MPV dan LCGC. Untuk Daihatsu Terios duduk di posisi kelima model terlaris sepanjang 2022 dengan penjualan wholesales 24.824 unit dan Rocky berada di posisi ketujuh model terlaris Daihatsu dengan penjualan wholesales 8.336 unit.
Rebranding dalam wujud Toyota Rush dan Raize sukses meningkatkan pamor SUV garapan Daihatsu di mancanegara.