Walau tak lagi diproduksi tapi peminat Mitsubishi Kuda tetap tinggi.
Mitsubishi Kuda diesel lebih banyak dipilih daripada yang bensin.
Mitsubishi Kuda dengan mesin diesel menjadi satu mobil bekas yang masih banyak diminati. Mobil keluarga ini memiliki reputasi yang bagus. Sebab, Mitsubishi Kuda diesel terkenal juga dengan mesinnya yang bandel dan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang irit.
Persaingan di kelas Multi Purpose Vehicle (MPV) pada era 90-an cukup panas. Kelas ini diisi oleh Toyota Kijang dan Isuzu Panther. Dengan banyaknya konsumen di Indonesia, tapi hanya sedikit pemainnya, Mitsubishi akhirnya pun melihat peluang yang besar. Akhirnya, pada tahun 1999 lalu, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) memperkenalkan Mitsubishi Kuda untuk pertama kalinya.
Pada awal kemunculannya, Mitsubishi Kuda tersedia pilihan mesin bensin 1.6 L yang masih menggunakan karburator dan mesin diesel 2.5 L. Setelah itu, pada tahun 2002 lahir generasi kedua yang terkenal dengan Kuda lampu kristal. Tahun 2004, KTB kembali menyempurnakan Mitsubishi Kuda dengan melahirkan generasi ketiga.
Menjadi rival Toyota Kijang Kapsul dan Isuzu Panther
Mitsubishi Kuda diesel generasi pertama memiliki perbedaan dengan versi bensinnya dari segi desain eksterior serta dimensi. Mobil ini menggunakan sasis yang lebih panjang dan atap yang lebih tinggi. Pada generasi kedua, Mitsubishi Kuda diesel masih menggunakan sasis yang lebih panjang, namun semua tipe sudah dibekali dengan atap yang meninggi.
Generasi ketiga menjadi penutup dari perjalanan Mitsubishi Kuda, karena pada tahun 2005 mobil ini akhirnya dihentikan produksinya. Tidak ada lagi generasi penerus Mitsubishi Kuda diesel. Sebab, Mitsubishi Xpander yang digadang-gadang sebagai penerus Mitsubisi Kuda, hanya tersedia dengan mesin bensin saja.
Seain Indonesia, Mitsubishi Kuda juga dipasarkan di banyak negara lainnya. Penamaannya juga berbeda-beda, mulai dari Mitsubishi Adventure, Mitsubishi Freeca, Mitsubishi Furika, Mitsubishi Jolie, dan lainnya. Sebab, mobil ini tak hanya dirakit di Indonesia saja. Tapi, ada juga pabrik perakitan lainnya, seperti Yang Mei - Taiwan, Cainta Rizal - Filipina, Qing Koi, China, dan Cape Town - Afrika Selatan.
Mitsubishi Kuda Bekas Masih Diburu Sampai Sekarang
Setelah berhenti diproduksi pun masih cukup banyak yang memburu Mitsubishi Kuda dalam kondisi bekasnya. Sebab, ada sejumlah kelebihan yang ditawarkan oleh Mitsubishi Kuda diesel.
Saat ini, mobil bekas Mitsubishi Kuda diesel harga pasaranya ada di kisaran Rp55 jutaan hingga Rp80 jutaan. Tentunya, tergantung dari kondisi dan tahun pembuatannya. Untuk Mitsubishi Kuda diesel produksi tahun 2004 atau 2005, harganya ada di kisaran Rp80 jutaan.
Selain harga yang terjangkau, banyak juga yang tertarik oleh Mitsubishi Kuda diesel karena performa mesinnya. Mesin diesel yang dipakai diklaim sangat baik saat digunakan berkendara di jalanan yang datar atau di jalan perkotaan maupun trek luar kota melalui jalan tol. Untuk melewati tanjakan, mesinnya cukup mumpuni. Tapi, masih lebih kalah dari kompetitornya, seperti Isuzu Panther.
Mitsubishi Kuda diesel terkenal bandel mesinnya
Terkait interior dan kenyamanan kabin, Mitsubishi Kuda diesel memiliki desain yang lebih mewah dibanding kompetitornya. Busa joknya terasa lebih tebal dan lebih empuk, sehingga memberikan kenyamanan saat perjalanan jarak jauh. Lalu, disematkan juga beberapa aksen kayu pada bagian dasbor dan trim pintu, sehingga tampilannya terkesan elegan.
Mitsubishi juga melengkapi Kuda diesel dengan konsol tengah. Jadi, antara pengemudi dan penumpang di baris depan tidak ada ruang yang kosong. Sehingga, terlihat lebih proporsional interiornya.
Mitsubishi Kuda diesel dibekali mesin berkode 4D56 2.5 L non turbo. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 75 PS pada putaran mesin 4.200 rpm dan torsi puncaknya mencapai 143 Nm di 2.500 rpm. Tenaga disalurkan ke roda belakang melalui sistem transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.
Berbagi mesin dengan Mitsubishi L300
Basis mesin yang dipakai sama seperti yang disematkan Mitsubishi pada L300. Tapi, dengan beberapa pembaharuan dan peningkatan. Sebab, tenaga yang dihasilkan juga lebih besar dari L300. Selain bertenaga, soal durabilitas juga mesin ini sudah teruji.
Salah satu pertimbangan orang tertarik dengan Mitsubishi Kuda diesel adalah perawatannya yang cukup sederhana. Paling penting adalah memperhatikan kondisi filter solar. Komponen tersebut harus rajin diganti.
Kualitas bahan bakar yang rendah juga jadi alasan utama untuk menguras tangki secara rutin. Sekalipun ada filter bahan bakar yang memiliki tugas ntuk menyaring kotoran, tapi kotoran yang mengendap terlalu lama di dalam tangki biasanya akan membentuk sesuatu yang tidak lolos saringan kasar.
Konsumsi BBM Mitsubishi Kuda diesel tak kalah irit dari para pesaingnya
Konsumsi BBM Mitsubishi Kuda Diesel
Untuk konsumsi BBM, Mitsubishi Kuda diesel masih terhitung baik. Apalagi, jika melihat mesinnya yang cukup bertenaga. Biasanya, mesin yang bertenaga akan mengorbankan efisiensi BBM. Tapi, pada Mitsubishi Kuda diesel, hal tersebut bisa dijaga.
Menurut beberapa pengguna mobil ini, untuk pemakaian dalam kota Mitsubishi Kuda diesel hanya membutuhkan 1 liter bahan bakar untuk menempuh jarak sekitar 12 km. Sementara untuk pemakaian ke luar kota atau melelalui jalan tol, konsumsi BBM yang dihasilkan lebih baik lagi, yakni 1 liter bisa untuk menempuh jarak hingga 15-16 km/liter.
Namun, perlu diingat, konsumsi BBM tiap kendaraan bisa berbeda-beda. Sebab, ada banyak faktor yang bisa menjadi penentunya, mulai dari cara berkendara, kondisi lalu lintas, kondisi mesin, tekanan udara pada ban, bobot yang dibawa, dan lainnya.
Jika ingin konsumsi BBM tetap irit, penting untuk melakukan perawatan mesin secara rutin atau melakukan tune up. Sehingga, tak hanya performanya yang terjaga, tapi emisi yang dihasilkan juga akan lebih baik.