Menguak Fakta Unik Otomotif di Dunia (Part 2), Orang Pertama yang Mengemudi Adalah Wanita
Herdi · 19 Okt, 2023 11:08
0
0
Fakta-fakta unik di dunia otomotif, khususnya mobil memang patut disimak agar pengetahuan kita menjadi bertambah.
Nah, setelah mengetahui beberapa fakta seperti wujud mobil pertama, kemunculan mobil listrik hingga awal mula kenapa ada lampu rem telah kita dibahas di artikel sebelumnya.
Tapi tunggu, Autofun akan kembali mengulas beberapa fakta unik otomotif lainnya yang tak kalah seru dan menarik.
Pertama kali mobil bisa melakukan perjalan jarak jauh
Pertama kalinya mobil dibuat pada tahun 1769 oleh, Nicolas Joseph Cugnot, namun ini belum sempurna karena bukan untuk penumpang.
Hingga akhirnya pada tahun 1886, Karl Benz menciptakan mobil berbahan bakar bensin. Meski belum sempurna, mobil ini terus dilakukan penyempurnaan.
Namun orang pertama yang mengemudikan mobil buatan Karl Benz dengan jarak cukup jauh atau hingga 60 mil atau sekitar 96 km adalah seorang wanita, yaitu Bertha Benz pada tahun 1888.
Jika Anda menyebut perjalanan 96 km sangat dekat tidak, maka masalah. Tapi kala itu kondisi jalan tidak aspal mulus seperti sekarang.
Bertha yang juga istri dari Karl Benz sejatinya ikut andil dalam mengembangkan mobil bersama sang suami, namun saat uji coba mobil yang disebut Patent Motorwagen. Namun berkali-kali hilang kendali.
Hingga akhirnya, Karl Benz terus memperbaiki hasil karyanya, lalu diam-diam dan tanpa izin suami, anak-anaknya, Bertha mengendarai Patent Motorwagen dari Mannheim sampai Pforzheim.
Selama perjalan jarak jauh pertamanya itu, alkohol jadi bahan bakar utamanya. Alhasil, Bertha kerap berhenti di apotek untuk membeli alkohol. Hal inilah yang membuat Bertha jadi orang pertama mengemudi mobil jarak jauh.
Sama seperti mobil listrik, teknologi hybrid juga kini semakin banyak dibuat pabrikan otomotif di dunia.
Namun yang perlu Anda ketahui, mobil hybrid ternyata sudah ada lebih dari 100 tahun lalu, dimana istilah hybrid ini menggabungkan dua mesin.
Adalah Ferdinand Porsche, seorang insinyur yang berasal dari Austria ini berhasil menggunakan mesin bensin untuk menyuplai tenaga ke motor listrik agar dapat menggerak roda depan. Mobil ini dikenal dengan sebutan Porsche Lohner.
Mobil hybrid karya Ferdinand Porsche ini cukup viral di masanya, apalagi mobil ini sempat dipamerkan di Paris World Exhibition pada tahun 1900.
Akan tetapi perkembangan mobil hybrid meredup, setelah pada tahun 1904, Henry Ford menciptakan mobil berbahan bakar bensin dan menjualnya secara masal.
Untuk mengembalikan mobil hybrid, pada tahun 1910 ditemukan teknologi Mixte. Meski ada hal baru, namu mobil hybrid dengan teknologi ini tidak terlalu laku karena harganya mahal.
Lain halnya dengan mesin bensin yang semakin meningkat permintaannya, selain lebih terjangkau, pada saat itu telah ditemukan sumber minyak baru yang bisa digunakan sebagai bahan bakar.
Mobil hybrid sendiri tidak langsung menghilang, pasalnya pada tahun 60-an, kongres Amerika Serikat mendorong penggunaan kendaraan elektrik yang dipercaya mengurangi polusi udara.
Hal ini pula membuat sejumlah pabrikan berupaya menciptakan mobil hybrid yang lebih ramah lingkungan.
Alhasil, pada tahun 1990-an, General Motor (GM) membuat prototype GM 512. Namun pamor mobil hybrid bukan karena GM, melainkan Toyota yang berhasil membuat Prius dan diproduksi secara massal pada tahun 1997.
Balapan mobil pertama di dunia
Anda yang menyukai balapan mobil Formula One (F1), harus tau, kalau dunia otomotif sudah ada di abad-19, dimana mobil-mobil pertama kali dibuat.
Hanya saja, kecepatan mobil untuk diajak balapan tidak seperti sekarang yang tembus di atas 200 km per jam.
Seperti halnya pada tahun 1890-an, berbagai cara agar alat transportasi sejenis mobil dibuat, hingga akhirnya mobil bisa dipacu dengan kecepatan lebih dari 15 mph atau 24 km per jam.
Nah, pada tahun 1894, kompetisi mobil dibuat pertama kali di Prancis, dimana balapan dilakukan dari Paris ke Rouen, dengan jarak 80 km. Menariknya, saat itu kecepatan mobil rata-rata 16,4 km per jam.
Setahun kemudian, atau pada tahun 1895 balapan mobil digelar, dari Paris ke Bordeaux, Prancis dengan jarak lebih jauh yaitu 1.178 km. Saat itu pemenangnya mampu melaju dengan kecepatan 24,15 km per jam.
Balapan mobil akhirnya juga masuk ke Amerika Serikat, namun jarak tempuhnya dibuat lebih pendek, yaitu hanya 87 km, atau dari Chicago ke Evanston.
Kemudian balapan juga dibuat di sirkuit pada tahun 1898, di Course de Perigueux, dengan jarak tempuh 145 km. Kala itu balapan diatur oleh Automobile Club de France, yang diikuti beberapa negara Eropa, kecuali Inggris, Wales dan Skotlandia.
Kemudian pada tahun 1900, mobil-mobil balapan mampu melaju dengan kecepatan lebih tinggi lagi, yaitu 80,46 km per jam.
Hingga akhirnya muncul balapan bergengsi lainnya, dan regulasinya berubah-ubah, hingga sampai sekarang terdapat F1.
Kemudi pada pertama bentuknya bukan melingkar
Anda beruntung memiliki mobil dengan lingkar kemudi untuk mengendalikan arah, karena sangat mempermudah pengemudi.
Akan tetapi perlu digaris bawahi, saat awal kemunculan mobil, tidak ada lingkar kemudi atau stir. Sebab, kala itu masih menggunakan sejenis tuas untuk menentukan arah laju mobil.
Hingga akhirnya pada tahun 1890-an, metode ini dianggap tidak efektif. Penggunaan lingkar kemudi sendiri terinspirasi dari roda kapal, namun bentuknya lebih kecil.
Adapun penggunaan stir pertama kali dilihat pada tahun 1895 saat ajang balapan Paris-Rouen, dimana kala itu Alfred Vacheron menggunakan mobil dari Panhard.
Karena sangat mudah digunakan, pada tahun 1898, semua mobil Panhard et Levassor dilengkapi roda kemudi melingkar sebagai standar.
Di Inggris, Charles Stewart Rolls membeli Panhard dari Perancis dan menerapkan ide tersebut ke dalam desainnya. Pada tahun 1899, demam roda kemudi meluas ke AS, di mana Packard memperkenalkannya pada salah satu modelnya.
Namun begitu, ada juga yang menyebutkan, penemu setir pada mobil adalah Alexander Winton, pada tahun 1896 di Cleveland, Ohio.
Truk Pertama di dunia untuk angkut mobil
Jauh sebelum kendaraan bermesin dibuat, alat angkut biasanya menggunakan gerobak yang ditarik sapi, kuda, kerbau, atau orang.
Akan tetapi, kendaraan angkut pertama yang menggunakan mesin disebut dibuat oleh Alexander Winton.
Ya, Winton merupakan seorang penemu yang memiliki kala itu dikenal juga dengan produsen mobil.
Nah, untuk mengantarkan mobil yang dijualnya ke konsumen, Winton berinovasi untuk membuat mobilnya jadi lebih panjang sebagai kendaraan angkut.
Disebutkan, kala itu mobilnya dilengkapi 18 rida, menggunakan tiga as, dimana posisi depan untuk mengarahkan, sedangkan poros belakang untuk mendorongnya.
Seiring berjalannya waktu, Gottlieb Daimler disebut-sebut sebagai pelopor truk pertama, yang dikenal dengan truk Daimler.
Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.