window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Melihat Sejarah dan Teknologi VinFast Langsung ke Markasnya, Pabrikan Otomotif Vietnam yang Mulai Mendunia

Prasetyo · 17 Mei, 2024 18:02

sejarah vinfast

Yuk kita lihat sedikit mengenai sejarah VinFast, satu pabrikan otomotif asal Vietnam yang sedang bersiap memasuki pasar Indonesia

VinFast pertama kali hadir di Indonesia saat gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Februari lalu.

Padahal kalau melihat sejarah VinFast, pabrikan otomotif asal Vietnam ini sudah berdiri sejak tahun 2017 yang kantor pusatnya ada di Dinh Vu Industrial Park, Hai Phong.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

sejarah vinfast

Autofun diundang datang ke markas VinFast di Vietnam

Autofun pun menjadi satu dari beberapa media asal Indonesia yang diberi kesempatan untuk melihat langsung bagaimana kerajaan bisnis group perusahaan VinFast.

Perlu kalian ketahui, VinFast merupakan bagian dari Vingroup yang sudah berdiri sejak tahun 1993 dan kini menjadi konglomerat swasta terbesar di Vietnam.

Vingroup berfokus pada tiga pilar inti, yakni Teknologi dan Industri, Perdagangan dan Jasa, serta Amal Sosial, perusahaan ini pun memiliki misi "Menuju kehidupan yang lebih baik untuk semua orang".

sejarah vinfast

Melihat langsung akifitas produksi pabrik VinFast

Setidaknya ada 18 perusahaan yang bernaung di bawah payung Vingroup, yakni:

  1. VinFast
  2. VinAi
  3. VinBigdata
  4. VinBrain
  5. VinCSS
  6. VinHMS
  7. VinITIS
  8. Vinhomes
  9. Vinpearl
  10. Vincom
  11. Vinmec
  12. Vinschool
  13. VinUni
  14. VinBus
  15. For a Green Future Foundation
  16. VinFuture Global Science and Technology Prize Foundation
  17. VinIF
  18. Thien Tam Charity Fund

Perusahaan-perusahaan tersebut bergerak pada bidang industri yang berbeda-beda, mulai dari manufaktur otomotif, perusahaan teknologi informasi, perusahaan teknologi AI, hingga perusahaan di bidang perumahan dan perhotelan, rumah sakit, sekolah, sampai pusat perbelanjaan. 

Baca juga: 5 Alasan VinFast Terapkan Sewa Baterai di Indonesia

Sejarah VinFast Dikenal Sebagai Mobil Nasional Vietnam

sejarah vinfast

Sejak 2022, VinFast terus memperkenalkan mobil listrik

Awalnya VinFast memproduksi skuter elektrik dan motor listrik diantaranya Klara, Ludo, dan Impes, kemudian perusahaan ini berekspansi dengan memproduksi bus listrik.

Seiring berkembangnya pabrikan tersebut maka mereka mulai memproduksi mobil yang masih menggunakan mesin berbahan bakar fosil (ICE/Internal Combustion Engine).

Beberapa mobil ICE VinFast yang pernah muncul hingga tahun 2020 antara lain VinFast Fadil yang berjenis city car hatchback, VinFast Lux SA2.0 yang bertipe SUV, lalu VinFast Lux 2.0 sedan, dan VinFast President V8 yang wujudnya berupa Premium Big SUV.

sejarah vinfast

Bus listrik VinFast

Sejumlah produk kendaraan ini pun membuat nama VinFast terus berkibar.

Meski belum genap berusia satu dekade, namun kesuksesan sejarah VinFast dengan total penjualan hingga hampir 100.000 kendaraan mencatat rekor baru di Vietnam.

Mellaui Fadil, Lux A 2.0 dan Lux SA 2.0, dalam 3 tahun pertama ketiga model tersebut terus menduduki peringkat terlaris di segmennya.

sejarah vinfast

VinFast dikenal sebagai Mobil Nasional Vietnam

Kondisi tersebut membuat VinFast dengan cepat menjadi merek paling populer di Vietnam dan mendapat sebutan "mobil nasional" di mata masyarakat negara tersebut.

Namun pencapaian ini tidak membuat pabrikan hanya berfokus pada kendaraan ICE, sebab mulai tahun 2021, VinFast pertama kali meluncurkan dan memproduksi kendaraan listrik berbasis baterai (BEV) melalui VF e34 yang masuk ke kelas SUV C-segment.

Di satu sisi, produsen ini juga tetap memproduksi skuter dan motor listrik berbagai model, seperti Theon, Feliz, VEnto, Klara-A2, Tempest, dan Evo.

sejarah vinfast

Aktifitas produksi di pabrik VinFast di Hai Phong

VinFast juga tetap memproduksi bus listrik yang dinamai VinBus.

Pada Januari 2022, VinFast memutuskan untuk mempercepat peta jalan "penghijauan" dengan mengumumkan strategi bisnisnya untuk beralih dari produsen kendaraan ICE ke kendaraan serba listrik.

Ini adalah keputusan yang menjadi titik balik bagi VinFast, menjadikannya salah satu produsen mobil pertama di dunia yang beralih ke kendaraan serba listrik sekaligus menegaskan semangat kepeloporannya dan sangat mempromosikan revolusi kendaraan listrik global.

Baca juga: VinFast Siapkan Dealer Resmi di Sejumlah Wilayah di Indonsia, Depok dan Medan Jadi Pertama

Berbagai Mobil Listrik VinFast Terus Bermunculan

sejarah vinfast

VinFast saat pertama kali memperkenalkan diri di IIMS 2024

Mulai akhir 2022 hingga memasuki awal 2023, VinFast terus menggenjot penelitian dan pengembangan kendaraan listrik, serta memproduksi dan memasarkannya.

Berbagai mobil listrik VinFast di era ini pun bermunculan, seperti VF 5 yang masuk kategori SUV A-Segment), VF 6 di kelas SUV B-Segment, dan VF 7 untuk kelas SUV C-segment.

Lantas yang belum lama diperkenalkan ada VF 3 sebagai model Mini SUV listrik pertama VinFast, dan juga VF Wild Concept yang merupakan mobil konsep listrik berjenis pick up double cabin.

sejarah vinfast

VF e34

Sampai Mei 2024, di Vietnam, VinFast telah meluncurkan tujuh model mobil listrik termasuk VF 3, VF 5 Plus, VF 6, VF e34, VF 7, VF 8 dan VF 9.

Adapun MiniSUV VF 3 diharapkan dapat diluncurkan secara publik mulai Agustus 2024 dan akan dikirim ke konsumen di akhir tahun ini.

Pada tanggal 9 Januari 2024, di CES 2024, VinFast meluncurkan mobil konsep baru VF Wild. 

sejarah vinfast

VinFast Wild Concept

VF Wild merupakan truk pickup pertama yang diumumkan oleh VinFast, menegaskan kreativitas terobosan VinFast dalam menciptakan truk pickup listrik yang modern dan dinamis, solusi mobilitas berkelanjutan dengan kinerja bertenaga untuk pengguna generasi baru.

Sejauh ini VinFast telah berhasil membangun ekosistem mobilitas ramah lingkungan yang komprehensif, antara lain:

  1. Produk: Kendaraan serba listrik pintar (mobil listrik - mencakup semua segmen dari mobil mini hingga A, B, C, D, E; sepeda motor listrik; bus listrik; sepeda listrik).
  2. Sistem infrastruktur stasiun pengisian daya: Skala 150.000 port pengisian daya di seluruh Vietnam, dengan kepadatan tertinggi di dunia.
  3. Solusi energi ramah lingkungan yang komprehensif: Swasembada dalam penelitian, pengembangan, dan produksi baterai lithium-ion berkualitas tinggi untuk kendaraan listrik dan sistem penyimpanan energi.
  4. Sistem layanan pelanggan: Skala 89 showroom, bengkel servis di 63 provinsi dan kota; Layanan Emergency 24 jam 7 hari sepekan, perbaikan ponsel, pengisian daya ponsel yang pertama dan satu-satunya di pasar Vietnam.

Baca juga: 5 Keunggulan VinFast VF e34, Mobil Listrik Rp300 Jutaan yang Menyita Perhatian

Punya Pabrik Terbesar dan Kemudahan Ekspor

sejarah vinfast

Lokasi pabrik berdekatan dengan pelabuhan

Seluruh kendaraan VinFast diproduksi di fasilitas manufaktur yang ada di Hai Phong, Vietnam. Ini merupakan kota terbesar ketiga di Vietnam dan terletak sekitar 60 mil (96 km) dari Hanoi.

Pabrik VinFast tersebut dibuka sejak tahun 2019 dengan tingkat kapasitas produksi per tahun sanggup merakit 300.000 kendaraan yang semuanya berjenis BEV.

Berdiri di atas lahan seluas 348 hektar, fasilitas ini merupakan manufaktur paling otomatis dan modern di Asia Tenggara, karena memiliki jalur produksi otomatis dengan tingkat otomatisasi mencapai 90%.

sejarah vinfast

Fasilitas manufaktur terbesar di Vietnam

Pencapaian itu berasal dari penggunaan lebih dari 1.400 unit robot pada seluruh aktivitas pabrik, termasuk proses press bodi dan juga pengecatan.

Berbagai teknologi di fasilitas perakitan ini bersumber dari penyedia produksi otomatis seperti KUKA, ABBm Siemens, dan Durr.

"Kami yakin dengan otomatisasi ini menjadi ciri khas dari seluruh kemampuan VinFast. Fasilitas ini dulunya digunakan untuk memproduksi kendaraan ICE dan sekarang secara eksklusif memproduksi mobil listrik VinFast, skuter listrik, serta bus VinFast," tulis keterangan resmi VinFast.

sejarah vinfast

Lebih dari 90% kegiatan pabrik menggunakan robot otomatis

Fasilitas pabrik VinFast yang bersebelahan dnegan pelabuhan Lach Huyen di Vietnam juga memungkinkan kemudahan untuk pengiriman hasil produksi dari pabrik Hai Phong ke global.

Pelabuhan Lach Huyen sendiri sudah dibuka sejak tahun 2018 dengan kapasitas 100.000 deadweight ton serta bermitra dengan berbagai perusahaan kargo di dunia yang menjadikannya sebagai pelabuhan terbesar di negara tersebut.

Melalui pelabuhan itu pula, hingga tahun 2024, selain pasar utama seperti Amerika, Kanada, dan Eropa, VinFast secara agresif melakukan ekspansi ke negara-negara di kawasan Asia seperti India, Thailand, Filipina, serta Timur Tengah, Afrika, dan tentunya Indonesia.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Vinfast VF5

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil