MG ZS ditargetkan untuk para generasi muda yang kerap diberi label Generasi Z atau Sandwitch Generation. Target pasar ini lantaran pihak Morris Garrage (MG) sudah menyiapkan sejumlah poin penting yang akan mengakomodir kebutuhan para geneasi muda.
Demikian dituturkan Arief Syarifudin, Marketing and PR Director MG Motor Indonesia. Bahkan menurutnya, hasil studi internal MG mengungkap fakta kalau selama ini konsumen MG ZS kebanyakan dari kalangan Generasi Z.
"Percaya atau tidak, setelah kami lakukan studi internal, 59 persen dari pembeli ZS adalah generasi muda. Kemudian dari semua itu, 53 persennya adalah wanita," kata Arief ketika ditemui di booth MG di IIMS 2023, Rabu (22/02/2023).
Masih menurut Arief, ZS memiliki beberapa kelebihan yang ternyata disukai kaula muda, terutama wanita. Mobil ini punya nilai lebih bagi konsumen-konsumennya dari kaum hawa.
"Kalau pria itu pilih mobil hanya berdasarkan rasional. Sementara pembeli wanita itu tetap pakai resional tapi emosionalnya lebih tinggi. Disinilah ZS ternyata disukai oleh para wanita," telang dia.
Sementara itu, offroader Julian Johan mengungkapkan sejumlah rahasia daya tarik ZS untuk menyasar kalangan generasi muda. "Fiturnya banyak yang manjakan anak muda, terutama buat mereka yang baru bisa nyetir mobil, atau para cewek," terang dia.
Fitur-fitur yang dimaksud pria yang kerap disapa Jeje itu antara lain Electric Parking Brake. Teknologi ini memungkinkan pengemudi tak lagi menarik tuas handbrake namun cuma dengan cara tekan tombol. Lantas ada pula fitur Auto Hold yang membantu saat pengemudi berhenti di tanjakan untuk kemudian berakselerasi kembali.
Fitur Panoramic Sunroof dinilai Jeje juga punya poin penting bagi ZS menyasar kalangan muda. "Ini jadi nilai tersendiri ketika anak muda punya mobil yang ada sunroof atau panoramic roof. Untuk mereka bisa tampil dan fofo-foto di dalam mobil mereka kemudian di upload di media sosial. Mungkin bagi sebagain orang sepele, tapi bagi anak muda, bisa meningkatkan kepercayaan diri mereka," terang Jeje.
MG ZS Dipakai Keliling Indonesia untuk Kopi
Target young generation bagi ZS juga ternyata mendasari terciptanya kegiatan #DiscoverIndonesia In a Cup of Coffee yang dilakukan MG. Menggunakan unit New ZS, mobil ini diajak berkeliling ke berbagai wilayah di Tanah Air untuk mencari budaya hayati dan kopi yang kini juga tengah digandrungi generasi millenial.
"Melalui program #DiscoverIndonesia In a Cup of Coffee kami mengajak anak muda untuk explore keindahan Indonesia dan mengetahui lebih jauh keunikan ragam hayati Tanah Air dengan menggunakan New ZS," jelas Arief.
Satu daerah yang sudah dikunjungi adalah wilayah Sumatera Utara di kota Berastagi. Disana petualangan dilakukan untuk mengetahui lebih dalam mengenai kopi Mandailing. Dengan rasa dan aroma yang khas, saat ini kopi tersebut sudah di gemari bukan hanya oleh masyarakat Indonesia bahkan sudah mendunia di kancah internasional.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.