![Mitsubishi Fuso Goprak, Legenda Truk yang Masih Perkasa dengan Napas Tua 01]()
Nama Mitsubishi Fuso menjadi salah satu dari sekian banyak truk legendaris yang sudah mengaspal cukup lama di Indonesia. Generasi awal Mitsubishi Fuso ini bahkan telah hadir sejak dekade 1970-an, atau masih satu angkatan dengan Mercedes-Benz LP911 alias Mercy Bagong. Meskipun kini Fuso telah melahirkan banyak produk baru, namun sosok Fuso Goprak atau Fuso Doyok masih perkasa meniti tiap jengkal aspal dengan napas tuanya.
Pada dekade 1970-an, PT Krama Yudha Ratu Motor (KRM) didirikan di Jakarta pada 1 Juni 1973. Dan bersamaan juga dengan pergantian nama PT New Marwa Motor menjadi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB). Kiprah Truk Fuso berawal dari seri T 653 E yang membuka jalan kesuksesan KTB dalam segmen pasar medium duty truck di Indonesia.
![Mitsubishi Fuso Goprak, Legenda Truk yang Masih Perkasa dengan Napas Tua 02]()
Tidak cuma digunakan sebagai truk angkutan barang, Fuso T653 E juga digunakan sebagai bus antar kota. Ciri khas Mitsubishi Fuso T653 E adalah kabin yang membulat dan warna biru telur asin.
Pada tahun 1977, KTB memperkenalkan truk Mitsubishi Fuso FM 215 F yang melanjutkan seri T653 E dalam segmen pasar medium duty truck (MDT). Dibanding Fuso T653 E, sosok Fuso FM215 F muncul dengan kabin berwarna coklat muda dan menganut desain mengotak. Ciri khas lainnya yaitu empat buah lampu bulat.
Sebagian kalangan menyebut Fuso FM215 F dengan julukan Fuso Doyok atau Fuso Goprak. Mesin 6D14-OA pada Fuso FM215F menghasilkan tenaga maksimum 160 ps, Truk ini memiliki kemampuan angkutan barang kelas 6,5 ton – 12 ton.
Kini, populasi Fuso Goprak semakin tersisih karena alasan usia. Mitsubishi Fuso Goprak yang tersisa terus bertahan dengan kemampuannya yang terbatas dibanding truk keluaran baru.
Truk Mitsubishi Fuso Goprak, Pencetus Ciri Khas Warna Coklat
![Mitsubishi Fuso Goprak, Legenda Truk yang Masih Perkasa dengan Napas Tua 01]()
Truk ini bisa dibilang generasi awal Fuso, yang diproduksi oleh perusahaan asal Jepang yakni Mitsubishi. Seperti biasa, masyarakat kita pasti sulit menyebut atau menghafal nama resminya yaitu Fuso FM 215 F, hingga akhirnya truk ini dijuluki sebagai Doyok atau Goprak.
Kemampuan Fuso Goprak ini lebih perkasa bila rekan senegaranya Toyota Buaya. Sama-sama bermesin diesel, tapi si Fuso lebih diminati dari Si Buaya. Tahun 1984 merupakan puncak kejayaan Si Doyok, karena pada tahun itu unitnya terjual mencapai lebih dari 3.000 unit di seluruh Indonesia.
Desainnya sederhana dan mudah dikenali dengan ciri headlamp bulat empat buah. Sementara lampu seinnya ditaruh diatas dekat dengan wiper, berbentuk kotak dengan warna kuning. Lampu senja di bumper bawah juga ciri khas yang dibawa Fuso sampai sekarang.
Produksi terakhir Fuso Goprak adalah tahun 1985, dimana muncul Fuso FM 516 sebagai penerusnya. Pada Fuso Goprak ini memiliki dimensi kabin yang lebih lega untuk tiga orang. Desain kabinnya cukup luas dan bukan seperti daycab pada Mercy Bagong. Terdapat ruang untuk istirahat atau tidur sopir dan kernet di belakang bangku sopir saat melakukan perjalanan jauh.
Mitsubishi Fuso Goprak, Kuat Disiksa Dengan Muatan Overload
![Mitsubishi Fuso Goprak, Legenda Truk yang Masih Perkasa dengan Napas Tua 02]()
Truk ini juga terkenal tangguh melewati berbagai medan, seperti turunan curam, maupun tanjakan, jalan tanah, serta tikungan patah. Kemampuan tersebut mirip seperti iklannya di era 80-an yang tertulis perkasa di segala cuaca.
Di atas kertas, Fuso Goprak mampu mengangkut beban mencapai 4,4 ton namun fakta di lapangan memang berlawanan. Truk ini kerap memikul beban yang jauh lebih dari 4 ton selagi bisa dibawanya. Hal ini sejalan dengan motto orang Indonesia, "kalau muatannya bisa diangkut sekali jalan, kenapa harus dilakukan dua kali jalan?"
Menurut desas-desus yang muncul, truk di Indonesia memang dirancang untuk disiksa, konon katanya chasis dan ban truk di Indonesia dirancang lebih kuat daripada truk lain di seluruh dunia. Di Jawa dan Sumatera nafas tuanya masih jadi andalan mencari rezeki. Kita bisa menjumpai truk ini membawa muatan yang ditumpuk banyak ke atas dan ditutup terpal yang rapat.
Fuso Goprak masih digunakan untuk membawa logistik berupa sembako dan kebutuhan pokok lainnya. Fisiknya tak lagi jumawa, rata-rata body luarnya tidak meyakinkan karena mulai mengelupas catnya. Tak jarang bumper depan mulai lepas, dan body banyak yang keropos. Tapi soal tenaga jangan diragukan, masih mampu dan kuat.