window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Modifikasi Suzuki Esteem Jadul Ala Mobil Sport, Curi Perhatian di Suzuki Day 2022

Herdi · 12 Des, 2022 16:01

Modifikasi Suzuki Esteem Jadul Ala Mobil Sport, Curi Perhatian di Suzuki Day 2022 01

Panas terik di hari Minggu pada pekan lalu, terlihat sebuah mobil mengusung model pintu gunting atau scissor doors ditambah body dibalut warna hijau tosca, sehingga menyita perhatian diantara ratusan mobil yang terparkir di sebuah tanah lapang. Ternyata, itu Suzuki Esteem yang turut andil dalam ajang Jambore Suzuki Club 2022.

Bagaimana tidak, sejatinya Suzuki Esteem merupakan mobil bermesin 1,6 liter 4 silinder yang sudah tak lagi diproduksi beberapa tahun lalu. Namun ditangan Abdulah atau yang akrab disapa Om Dul, Suzuki Esteem miliknya memberikan kenangan tersendiri bagi mereka yang ingin mengenang kejayaan sebuah mobil sedan tangguh di era 90’an.

Baca juga: Tiruan Suzuki Carry 1.0 Asal China, Changan SC 1011 CG Pernah Dijual di Indonesia

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Suzuki  Esteem

Om Dul dan Suzuki Esteem kesayangannya hadir di Jambore Suzuki Club 2022.

Ya, sejatinya mobil yang digunakan Om Dul, bisa disebut jadul karena masa-masa kejayaan mobil tersebut tersebut sudah lewat. Hanya saja, agar tampak beda dan tetap menjadi pusat perhatian di jalanan, dia melakukan ubahan minor khususnya pada bagian pintu ala-ala mobil sport.

Kepada AutoFun Om Dul bercerita, untuk membuat modifikasi Suzuki Esteem dengan pintu gunting tidaklah semahal yang dipikirkan banyak orang. Bahkan harganya cukup terjangkau.

"Karena sesama member di Suzuki Esteem Club Indonesia (SECI), jadi bisa dinego dengan biaya Rp2,5 juta, dan pengerjaan satu minggu," ungkap Om Dul, Sabtu (10/12/2022).

Baca juga: Hitung Cicilan Suzuki Carry Pick Up 2021, Cocok Buat yang Lagi Merintis Usaha

Modifikasi Suzuki Esteem Jadul Ala Mobil Sport, Curi Perhatian di Suzuki Day 2022 02

Suzuki Esteem dengan pintu gunting jadi icon di komunitas SECI tampil di Jambore Suzuki Club 2022.

Lucunya, meski desain pintu tampak garang, namun interior mobil Om Dul cenderung imut. Ini tak lain karena balutan warna pink dan juga bergambar Hello Kitty menempel di dashboard serta jok. Tak heran, mobil tersebut kerap disebut rekan-rekan di SECI sebagai 'Kitty Boys'.

Kata Om Dul, alasan penyematan warna pink dan gambar Hello Kitty, tak lain karena terinspirasi dari sang anak perempuannya kesayangannya, yang sangat menyukai anime asal Jepang tersebut.

Modifikasi Suzuki Esteem Jadul Ala Mobil Sport, Curi Perhatian di Suzuki Day 2022 03

Bagian belakang Suzuki Esteem juga ditambah spoiler

"Gapapa pink juga, yang penting saya suka sama mobil ini, nggak akan saya jual, tapi kalau nambah bolehlah. Soalnya walau sudah tua saya nggak pernah menemukan kendala, performa mesinnya juga bagus,” kata Om Dul.

Nah, Om Dul yang berdomisili di Bekasi juga menambahkan list putih  atau white wall disekeliling ban mobilnya. Menurut dia, ini untuk mempertahankan citra old school yang tetap sporty meski sudah dimakan zaman.   

Kendati begitu, Om Dul rupanya sudah membayangkan jika nantinya musim mobil listrik, Suzuki Esteem lansiran 1994 tetap tidak dijual, namun diirnya rela melakukan konversi mesin bensin jadi listrik.

"Yang penting saya masih pakai Suzuki Esteem," ucapnya

Baca juga:  Harga Suzuki SX4 2008 Mulai Rp80 Jutaan, Perhatikan Kelemahannya Sebelum Beli

Jambore Suzuki Club 2022

Sejumlah member dari Club Suzuki kumpul di Jambore Suzuki Club 2022

Sejumlah pemilik mobil Suzuki di Jambore Suzuki Club 2022

Sekadar informasi, selain Suzuki Esteem, mobil Suzuki dengan desain unik lainnya hadir di gelaran Jambore Suzuki Club 2022 dengan tema Suzuki Day - Urban Picnic. Acara ini digelar PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Museum Purna Bhakti Pertiwi, Jakarta Timur.

Acara tahunan yang sempat terhenti di 2020-2021 karena pendemi Covid-19 ini, dihadiri 14 club resmi Suzuki, seperti Acara ini berhasil terselenggara berkat kebersamaan dari 14 club resmi Suzuki, seperti Suzuki SX4 Club Indonesia (SXCI), Indonesia APV Club (IAC), Suzuki Esteem Club Indonesia (SECI), Suzuki Splash Club Indonesia (SSCI), Baleno Club Indonesia (BCI), Indonesia Grand Vitara (IDGV), hingga Indonesia Ignis Community (IGNITY).

Selain itu, ada juga Suzuki Jip Indonesia (SJI), Swift Club Indonesia (SCI), Ertiga Club Indonesia (ERCI), Karimun Club Indonesia (KCI), Ertiga Mania Indonesia (ERMAN), Aerio Indonesia Club (AIC), dan juga Suzuki Carry Club Indonesia (SCCI).

Indonesia APV Club (IAC)

Indonesia APV Club (IAC) juga turut hadir di Jambore Suzuki Club 2022.

Menurut Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, digelarnya Suzuki Day - Urban Picnic sebagai wadah untuk mengapresiasi setiap anggota club serta pelanggan setia Suzuki di seluruh wilayah Indonesia.

"Semoga kekompakan ini bisa terus terjalin dan club Suzuki di Indonesia semakin bermanfaat bagi masyarakat," jelas Donny.

Suzuki Carry Club Indonesia (SCCI)

Suzuki Carry Club Indonesia (SCCI) juga turut hadir di Jambore Suzuki Club 2022.

Tak hanya kumpul-kumpul, di acara Suzuki Day - Urban Picnic banyak kegiatan menarik seperti Eco-Driving Education, Car Contest, Fashion Week Parade, Kids Playground, Food Bazaar, Music, dan Entertainment serta Fun Games.

Tak sampai disitu, di acara tersebut juga terdapat aktivitas SIS seperti program penjualan dan juga service untuk para member pemilik Suzuki.

Tempat service di acara Jambore Suzuki Club

Tempat service di acara Jambore Suzuki Club 2022

Acara ini juga berkolaborasi dengan komunitas rescue Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC), dimana anggota member ini kerap jadi terdepan dalam melakukan aksi sosial dan tanggap darurat, khususnya saat melakukan pendistribusian dan donasi kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Hal tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian kami, club resmi Suzuki, serta Suzuki kepada masyarakat Indonesia. Kami berharap, kegiatan yang telah kami laksanakan dan kegiatan kami kedepannya dapat memberikan dampak positif untuk masyarakat," ucap Ketua Umum SCRC, Rachmat Pangestu.

Karimun Club Indonesia (KCI)

Karimun Club Indonesia (KCI) juga turut hadir di Jambore Suzuki Club 2022.

Suzuki SX4 Club Indonesia (SXCI)

Suzuki SX4 Club Indonesia (SXCI) juga turut hadir di Jambore Suzuki Club 2022.

Indonesia Ignis Community (IGNITY)

Indonesia Ignis Community (IGNITY) juga turut hadir di Jambore Suzuki Club 2022.

 

Herdi

Senior Writer

Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil