Neta X Vs Chery Omoda E5, Harga Mirip Pilih Performa atau Jarak Tempuh?
Enda · 1 Agu, 2024 19:10
0
0
Neta X vs Chery Omoda E5 terkadang menjadi pilihan sulit bagi sebagian orang yang sedang mencari SUV listrik Rp400 jutaan. Mengingat keduanya sama-sama menawarkan kecanggihan serta kenyamanan berkendara.
Mengenai harga, Omoda E5 saat ini ditawarkan Rp488,8 juta OTR Jakarta, sedangkan rivalnya Neta X dengan harga spesial pre-book dibandrol Rp460-Rp490 juta.
Sama-sama dapat menampung 5 orang dengan harga baru yang hampir-hampir mirip, dari keduanya pilih yang mana? Namun daripada bingung simak perbandingan Neta X vs Chery Omoda E5 melalui ulasan berikut.
Melihat spesifikasi di atas kertas, Neta X memiliki panjang keseluruhan mencapai 4.619 mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.628 mm dan wheelbase 2.770 mm. Bicara pesaingnya, Chery Omoda E5 untuk panjang bodi-nya di angka 4.424 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.588 mm dengan wheelbase 2.630 mm.
Sedikit menarik kesimpulan, secara dimensi Neta X lebih besar ketimbang Chery Omoda E5 baik panjang, lebar, tinggi maupun wheelbase. Mempunyai dimensi lebih besar, tentunya Neta X menyuguhkan ruang kabin lebih luas yang berdampak pada kenyamanan berkendara.
Dimensi
Keterangan
Neta X
Chery Omoda E5
Panjang
4.619 mm
4.424 mm
Lebar
1.860 mm
1.830 mm
mTinggi
1.628 mm
1.588 mm
Wheelbase
2.770 mm
2.630 mm
Adu Fitur Neta X Vs Chery Omoda E5
Neta X
Diperkenalkan pertama kali di GIIAS 2024, Neta X hadir dengan mengedepankan “High Technology Vibes” untuk mencerminkan teknologi terdepan dalam berbagai feature keselamatan, serta “Confidence & Presence” untuk menunjukan rasa kepercayaan diri.
Kehadian line up terbaru Neta di Tanah Air ini merupakan salah satu jawaban bagi para konsumen yang menginginkan mobil listrik dengan mengususng teknologi tinggi serta kenyamanan maksimal untuk perjalanan sehari-hari.
Pada bagian luarnya, mobil ini hadir mengusung gaya bahasa desain avant garde design dengan membawa tampilan futuristik dan teknologi tinggi.
Mengenai fitur unggulannya, pada area fascia mobil ini terdapat L-Shape LED DRL yang dipadukan lampu utama full LED headlights dengan Intelligent High Beam serta Follow Me Home Function.
Kehadiran lampu dengan teknologi ini dapat membantu meningkatkan pandangan mengemudi khususnya ketika berkendara di malam hari dalam kondisi minim pencahayaan sekaligus memudahkan penggunanya di beberapa kondisi.
Tak hanya itu pada bagian luar mobil ini juga dilengkapi kamera 360 yang memudahkan pengemudi ketika ingin melihat kondisi disekitaran mobil, yang ditampilkan melalui head unit.
Pada bagian samping spionya memiliki pengaturan lengkap mulai dari electric mirror dan auto folding. Ada pula panoramic sunroof yang berfungsi untuk memberikan kesan ruang kabin lebih luas serta meningkatkan gaya berkendara.
Di sisi buritan, untuk fitur unggulan lainnya mobil ini memperoleh continuous tail light, stoplamp LED, serta electric power tailgate yang dapat membuka dan menutup pintu bagasi menjadi lebih praktis.
Untuk interiornya Neta X punya fitur yang juga tak kalah menarik. Terlihat untuk area kokpitnya mobil ini tersematkan head unit layar sentuh 15,6 inci model floating yang mendukung konektivitas fitur Apple CarPlay maupun Android Auto dengan 8 speakers, yang tampilannya dapat diatur menjadi split-screen design, dan floating D-shaped Steering Wheel.
Sedangkan di sisi pengemudi terdapat panel instrumen full digital berukuran 8,9 inci dengan menampilkan berbagai informasi seputar kendaraan.
Pada aera konsol tengah terdapat fitur wireless charging, cup holder, laci penyimpanan terbuka, port USB, dan armrest dengan desain mengambang, dan terdapat pula AC dengan sistem filtrasi HEPA N95.
Bicara fitur unggulan lainnya mobil ini memperoleh jok dengan pengaturan elektrik untuk pengemudi dan penumpang depan, kemudian wireless phone charging, sejumlah cup holder, laci penyimpanan terbuka, port USB, dan armrest dengan desain mengambang.
Sedangkan pada jok baris keduanya terdapat armrest di tengah serta tambahan ventilasi AC yang dapat memberikan kenyamanan penumpang belakang selama perjalanan.
Oh iya, mobil ini turut dilengkapi fitur Vehicle to Load (V2L) yang dapat dimanfaatkan untuk menghidupkan beberapa perangkat elektronik ketika melakukan beragam aktifitas bersama keluarga maupun kerabat terdekat.
Sebagai SUV kompak listrik, Omoda E5 menawarkan desain futuristik yang diambil dari DNA desain Omoda 5, dengan menyuguhkan tampilan atraktif, sporty, dan stylish.
Eksteriornya mobil ini memiliki bentuk lebih lancip yang diklaim mampu meningkatkan aerodinamika berkendara yang disebut X Future Technology Front Face.
Inovasi futuristik yang ditampilkan, mobil ini dibekali 540 derajat Panoramic Camera yang memberikan visibilitas menyeluruh, membantu pengemudi saat parkir, bermanuver di ruang sempit, bahkan meningkatkan keselamatan di jalan.
Di dalam, Omoda E5 dibekali head unit 24,6 inci Snapdragon Cockpit Platform Gen 3, SA 8155, perangkat yang akan memfasilitasi perluasan fungsi kendali dengan kecerdasan dan kenyamanan tinggi yang juga berfungsi pada entertainment system dan kelancaran dalam mengoperasikan navigasi, multimedia player, dan konektivitas smartphone dengan Android Auto dan Apple Carplay.
Bicara sistem hiburannya, mobil ini memiliki kualitas suara tingkat atas berkat dipadukannya audio atau speaker garapan Sony.
Tak hanya itu, Omoda E5 juga mendapatkan ambient lighting 64 warna yang sekaligus mampu merefleksikan setiap pengguna, serta beberapa fitur penunjang lainnya.
Terasa ergonomis, pada jok pengemudi mendapatkan pengaturan elektrik 6 arah, dan pengaturan elektrik 4 arah untuk penumpang depan.
Omoda E5 pun mampu meningkatkan gara berkendara sekaligus memberikan nuansa kabin lebih luas berkat adanya panoramic sunroof. Memberikan kemudahan kepada penggunanya, mobil ini mendapatkan fitur Car Link O.
Dengan hadirnya fitur ini memungkinkan pengguna dengan menggunakan smartphone untuk mengontrol berbagai aspek kendaraan. Fitur yang ditawarkan pada Car Link O memudahkan pengguna untuk mengakses informasi mulai dari Battery Health Care, Chery Safety Care, Smart Charging, Climate Control, dan Driving Behavior Report.
Seperti pesaingnya, Omoda E5 dilengkapi Vehicle to Load (V2L), yang mana dapat menjadi sumber energi portabel untuk menyalakan beragam perangkat elektronik saat berada di luar rumah atau sedang berpergian.
Keduanya Mendapatkan ADAS
Dari segi keselamatan berkendara, Neta X diaplikasikan ABS, EBD, Brake Assist (BA), Electronic Stability Control (ESC), Traction Control (TC), Hill Hold Control (HHC), Hill Descent Control (HDC), 6 airbags, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Rear Parking Radar dan Reverse Camera with Auxiliary Guidelines.
Guna memberikan kenyamanan dan keamanan selama berkenara, Neta X telah dipersenjatai fitur keselamatan ADAS yang mencakup:
Forward Collision Warning (FCW)
Automatic Emergency Braking (AEB)
Lane Departure Warning (LDW)
Lane Changing Assist with BSD
Door Opening Warning (DOW)
Rear Cross-Traffic Alert (RCTA)
Full-Speed Adaptive Cruise Control (ACC)
Lane Keep Assist (LKA)
Traffic Jam Assist (TJA)
Intelligent Cruise Assist (ICA)
Traffic Sign Recognition (TSR)
High Beam Assist (HBA)
Emergency Lane Keep System (ELKS)
Lantas bagaimana dengan Omoda E5? Seperti diketahui untuk fitur keselamatan mobil ini pabrikan melengkapinya dengan 6 airbags yang dapat meminimalisir cedera ketika mengalami benturan cukup keras.
Fitur keselamatan lainnya yakni ABS, EBD, Brake Assist System (BAS), Brake Override System (BOS), Electronic Stability Program (ESP), Traction Control System (TCS), Hill-start Assist Control (HAC), Hill Descent Control (HDC), Tyre Pressure Monitioring System (TPMS), Car Lead Departure Sign (CLDS) dan parking sensor.
Seperti pesaingnya, mobil ini juga diaplikasikan fitur ADAS yang antara lain:
Drive Monitor System (DMS)
Lane Keep Assist (LKA)
Adaptive Cruise Control (ACC)
Automatic Emergency Braking (AEB)
Blind Spot Detection (BSD)
Emergency Lane Keep (ELK)
Forward Collision Warning (FCW)
Lane Departure Warning (LDW)
Traffic Jam Assist (TJA)
Integrated Cruise Assist (ICA)
Intelligent Energy System (IES)
Door Opening Warning (DOW)
Rear Collision Warning (RCW)
Drive Away Information (DAI)
Intelligent Headlamp Control (IHC)
Rear Cross-Traffic Alert (RCTA)
Rear Cross-Traffic Braking (RCTB)
Kalah Tenaga, Neta X Punya jarak Tempuh Lebih Jauh
Bicara akan performa, Neta X dibekali motor listrik tunggal Permanent Magnet Synchronous Motor yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 120 kW (163 PS) dengan torsi 210 Nm.
Memiliki kecepatan maksimum di angka 150 km/jam, mobil listrik ini dibekali baterai Lithium Iron Phosphate (LFP) berkapasitas hingga 63,56 kWh yang mampu menempuh jarak sampai 480 kilometer dalam sekali pengisian daya.
Guna menyesuaikan kebutuhan dan keinginan pengendara, mobil ini dilengkapi dengan 3 mode berkendara, Eco,Sport dan Comfort.
Dari segi performa, Omoda E5 dibekali motor listrik dengan daya 150 kW (204 PS) dan torsi 340 Nm. Memiliki kecepatan maksimal 172 km/jam, motor listrik yang digunakan memperoleh daya dari baterai berjeniskan Lithium Iron Phosphate Battery dengan kapasitas 61 kWh.
Dalam kondisi terisi penuh, baterainya diklaim sanggup menggerakan mobil sejauh 430 kilometer. Tidak kalah menarik, mobil ini turut dilengkapi 3 mode berkendara, yakni Eco, Sport dan Normal.
Performa
Keterangan
Neta X
Chery Omoda E5Wuling Alvez
Motor
Permanent Magnet Synchronous Motor
Permanent Magnet Synchronous Motor
Tenaga
120 kW (163 PS)
150 kW (204 PS)
Torsi
210 Nm
340 Nm
Baterai
LFP
LFP
Kapasitas
63,56 kWh
61 kWh
Jarak Tempuh
480 Km
430 Km
Kecepatan maksimum
150 Km/jam
172 Km/jam
Kesimpulan
Bermain di segmen yang sama dengan harga bersaing, secara dimensi Neta X lebih besar dibandingkan Chery Omoda E5.
Memiliki dimensi lebih besar tentunya Neta X sanggup memberikan kenyamanan berkendara lebih baik ketimbang pesaingnya tersebut.
Namun bicara fitur unggulan dan keselamatan berkendara, setelah melakukan komparasi antar keduanya dapat disimpulkan bahwa Omoda E5 jauh lebih unggul.
Begitupun pari segi performa, Omoda E5 juga memiliki tenaga dan torsi lebih besar.
Meski begitu, Neta X mempunyai jarak tempuh lebih jauh, sehingga terasa nyaman apabila digunakan berpergian ke luar kota di akhir pekan.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.