window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbedaan BYD Seal Premium dan Performance, Bukan Cuma di Motor Listrik!

Enda · 5 Jul, 2024 19:01

Perbedaan BYD Seal Premium dan Performance

Bagi yang penasaran, perbedaan BYD Seal Premium dan Performance ternyata bukan cuma di motor listrik yang digunakan, karena itulah akan kami ulas secara tuntas kali ini.

BYD Seal sendiri merupakan mobil listrik jenis Medium Sedan High Performance. Di Indonesia, harga BYD Seal ditawarkan Rp629.000.000 untuk varian Premium Extanded Range dan Rp719.000.000 pada tipe teratasnya Performance.

Memiliki selisih harga baru mencapai Rp90 juta, berikut ini perbedaan keduanya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Mau Kredit BYD Seal? Segini DP dan Cicilan Bulanannya

Perbedaan BYD Seal Premium dan Performance

Eksterior

Perbedaan BYD Seal Premium dan Performance

Eskterior BYD Seal

BYD Seal Premium dan Performance mengusung desain futuristik, aerodinamis sekaligus sporty dengan mengusung konsep desain X.

Sebagai sedan medium listrik, mobil ini memiliki garis pinggang yang mengesankan dan dinamis bertema “Ocean Aesthetics” yang sepenuhnya menggambarkan kombinasi performa dan gaya.

Secara tampilan eksterior kedua varian ini sama. Dimana pada fascia untuk sistem pencahayaan mobil ini disematkan lampu utama LED Double-U Floating yang didesain tipis dan rampng, serta dapat mengurangi hambatan udara dari depan.

Di bagian samping, keduanya juga berhasil memadukan desain sporty dan juga futuristik berkat diaplikasikannya velg 19 inci two-tone model kipas.

Melihat ke bagian atap, Premium dan Performance disematkan panoramic sunroof dengan ukuran besar yang dapat meningkatkan visibilitas sekaligus gaya berkendara.

Menilik ke sisi buritan, mobil ini berhasil disematkan stoplamp LED yang dibuat menyatu antara sisi kanan dan kiri dengan garnish di tengah.

Mobil ini juga memiliki bentuk tajam dan tegas pada bumper yang dapat lebih mempertegas kesan sporty. Bentuk yang diaplikasikan pada keduanya membuat BYD Seal tampak begitu sporty sekaligus proposional.

Interior

Perbedaan BYD Seal Premium dan Performance

Interior Seal

Jika dilihat interior antara BYD Seal Premium dan Performance tidak memiliki perbedaan yang berarti.

Dengan mengusung konsep “Ocean Smart Comfy Cabin” serta memanfaatkan BYD e-Platform 3.0 yang dirancang khusus untuk kendaraan listrik murni, nuansa kabinnya menyuguhkan nuansa mewah, sporty dan juga lapang.

Mengenai fitur, keduanya dilengkapi head unit layar sentuh multimedia 15,6 inci dengan fungsi rotasi, yang terasa begitu ergonomis menyesuaikan kebutuhan. Menariknya lagi, head unit yang digunakan mendukung resolusi tinggi serta konektivitas CarPlay serta Android Auto10.

Tak hanya itu, guna menjalankan fitur pada sistem hiburannya, Seal Premium dan Performance juga bisa dilakukan melalui perintah suara.

Oh iya, sistem infotaiment yang digunakan berhasil dipadukan speaker HIFI Dynaudio sebanyak 12 audio speakers yang menghasilkan kualitas suara tingkat atas.

Untuk menampilkan beragam informasi seputar kendaraan, Seal disematkan meter cluster TFT LCD 10,25 inci yang dipadukan Windshield Head-Up Display (W-HUD), yang memproyeksikan informasi langsung ke kaca depan.

Sebagai bentuk kenyamanan berekendara bagi pengemudi dan penumpang depan, untuk jok bagian pengemudi sudah dibekali pengaturan elektrik ke 8 arah, sedangkan kursi penumpang dapat diatur secara elektrik ke 6 arah, serta memiliki sistem ventilasi. 

Menariknya, Seal turut ditawarkan sistem pemanas kursi dengan jok yang sudah dilapisi kulit Courtesy, pada sisi pengemudi juga mendapatkan penyangga pinggang 4 arah dan memory seat yang dapat menyesuaikan posisi duduk ideal.

Mobil ini juga telah tersematkan 2 wireless phone charging holders serta PM2.5 filter system, yang dapat menjaga kualitas udara di dalam kabin agar tetap segar.

Pada baris keduanya untuk jok sudah menganut pelipatan kursi 60:40, yang dapat memaksimalkan ruang ketika membawa barang dengan jumlah banyak.

BYD Seal Performance Lebih Rigid

Perbedaan BYD Seal Premium dan Performance

BYD Seal sedang tes akselerasi

BYD Seal Premium dan performance menggunakan suspensi depan berjeniskan Double Wishbone dan Multi-link pada roda belakang.

Namun pada Performance, pabrikan menyematkan teknologi Frequency Selective Damping (FSD) untuk sistem peredam kejutnya.

Fungsi dari teknologi FSD sendiri bertujuan untuk mengatasi konflik pada suspensi, yang bertujuan untuk menghasilkan kenyamanan lebih baik, handling lebih stabil, serta daya rigid lebih baik ketika bermanuver dalam kecepatan tinggi.

Baca juga: BYD Seal U SUV 2024 Bakal Rubuhkan Dominasi Tesla di Eropa

Fitur Keselamatan Varian Atas Lebih Komplit

Perbedaan BYD Seal Premium dan Performance

BYD Seal mendapatkan ADAS

Bicara fitur keselamatan, varian Premium dan Performance dilengkapi sebuah sistem keamanan baterai, blade battery, airbag, ADAS, dan kamera 360.

Mengenai kantung udara, keduanya memiliki 9 buah airbags, sistem pengingat sabuk pengaman depan dan belakang, Traction Control System (TCS), Anti-lock Braking System (ABS), Brake Force Distribution Control System (EBD), Hill Hold Control (HHC) dan Automatic Vehicle Holding (AVH).

Selain itu pula terdapat dua buah sensor parkir di depan, dan empat lainnya di belakang. Oh iya, keduanya turut dilengkapi fitur keselamatan pintas berupa Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang mencakup:

  • Predictive collision warning system (PCW)
  • Automatic emergency braking system (AEB)
  • Blind spot warning system (BSD)
  • System to warn of objects moving when opening the door (DOW)
  • System to assist when cars pass in blind spots while reversing (RCTA-B)
  • Front Crossing Assistance (FCTA) system.
  • Traffic Sign Recognition (TSR)
  • Adaptive cruise control (ACC),
  • Intelligent Cruise Control (ICC)
  • Intelligent Speed Limit Information (ISLI)
  • Intelligent Speed Limit Control (ISLC)
  • Automatic high beam assist (HMA)
  • Fatigue driving warning system (DAW)

Namun pada varian Performance, pabrikan melengkapinya dengan Intelligence Torque Adaption Control (ITAC). ITAC berfungsi untuk mengatur torsi yang diperoleh supaya tidak membahayakan bagi penggunanya.

Selain itu pula tipe teratasnya juga mendapat tambahan fitur keselamatan berupa Electronic Child Lock, yang dapat mengunci pintu secara otomatis dari luar.

Andalkan Penggerak AWD, BYD Seal Performance Punya Tenaga Lebih Besar

Perbedaan BYD Seal Premium dan Performance

BYD Seal dipakai drift

BYD Seal Premium mengandalkan motor listrik tunggal berjeniskan Permanent Magnet Synchronous Motor yang diletakan di belakang.

Menurut data yang tercantum pada brosur, varian Premium memiliki tenaga sebesar 230 kW (312 PS) serta torsi 360 Nm.

Bicara varian teratasnya, Performance, mobil ini dipadukan motor listrik Squirrel Cage Induction Asynchronous Motor di depan dan Permanent Magnet Synchronous Motor pada roda belakang.

Alhasil penggabungan antara kedua motor listriknya tersebut menghasilkan tenaga sebesar 390 kW (530 PS) dengan torsi puncak sebesar 670 Nm.

Oh iya, untuk kecepatan waktu yang diperoleh pada tipe Premium, 0-100 km/jam memerlukan 5,9 detik, sedangkan tipe Performance hanya 3,8 detik.

Kapasitas Baterai Sama, BYD Seal Pemium Punya Jarak Tempuh Lebih Jauh

Perbedaan BYD Seal Premium dan Performance

BYD Seal dapat menempuh jarak sejauh 650 kilometer

BYD Seal Premium dan Performance menggunakan struktur BYD e-Platform 3.0 yang dirancang khusus untuk kendaraan listrik murni. Penggunaan e-Platform 3.0 sendiri dapat meningkatkan efisiensi penggunaan baterai.

Mobil listrik ini menggunakan tempat penyimpanan daya yang dinamai Blade Battery LFP (Lithium Ferro Phosphate). Pada varian Premium dan Performance, keduanya sama-sama memakai baterai dengan kapasitas 82,56 kWh.

Berdasarkan pengetesan yang dilakukan menurut NEDC, untuk jarak tempuh tipe Premium dalam kondisi baterai terisi penuh dapat menempuh jarak sejauh 650 kilometer. Kemudian pada varian Performance, jarak yang diperoleh mencapai 580 kilometer.

Sebagai informasi, semua varian BYD Seal mendukung pengisian daya cepat DC bertegangan 150 kW, serta 11 kW AC (3 phase). Dengan memanfaatkan pengisian daya cepat DC, untuk mendapatkan kondisi baterai dari 30% hingga 80% memerlukan 26 menit.

BYD Seal juga didukung sistem V2L yan berfngsi untuk menghidupkan berbagai perangkat elektronik saat melakukan aktifitas di luar rumah.

Performa BYD Seal
Keterangan Premium RWD Performance AWD
Sistem penggerak RWD AWD
Tenaga (PS) 312 530
Torsi (Nm) 360 670
Daya baterai (kW) 82,56 82,56
Jarak tempuh (kilometer) 650 580
0-100 Km (detik)  5,9 3,8

Baca juga: Adu Spesifikasi BYD Seal Vs Hyundai Ioniq 6, Pemain Baru Bisa Lebih Unggul 

@autofun.indonesia Tonton sampe abis biar ketahuan plus dan minusnya BYD Seal Performance! #tipsmobil #mobillistrik #mobilbaru #reviewmobil #byd #ioniq ♬ Astringent and nimble electric piano jazz (1017112) - Doggie Jazz

Enda

Senior Writer

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Seal Dynamic 510 km

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia