Pemilik Mitsubishi Pajero Sport Kini Wajib Isi BBM Sesuai Standar Emisi Euro 4, Biar Garansi Gak Hangus
Prasetyo · 5 Apr, 2022 14:07
0
0
Pemilik Mitsubishi Pajero Sport sudah wajib isi BBM yang standar emisi Euro 4.
Jangan lagi diisi Solar biasa lagi karena akan hangus garansi pabrikan.
Mulai April 2022, seluruh kendaraan bermotor yang menggunakan mesin diesel wajib menerapkan spesifikasi standar emisi Euro 4. Ketetapan ini sudah ditegaskan oleh pemerintah, dan wajib dilaksanakan oleh para produsen otomotif, termasuk juga masyarakat sebagai pengguna kendaraan itu sendiri.
Menyikapi kebijakan tersebut, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan jika semua produknya yang bermesin diesel sudah sesuai standar emisi Euro 4. Yaitu untuk Mitsubishi Pajero Sport di kelas kendaraan penumpang, dan Mitsubishi Triton serta L300 untuk segmen kendaraan komersial.
L300 juga akan berstandar emisi Euro 4
"Kami mendukung dan mematuhi regulasi pemerintah Indonesia terkait pemberlakuan standar emisi Euro-4 untuk mobil dengan mesin diesel. Saat ini model yang sudah berstandar emisi Euro 4 adalah Pajero Sport, lalu segera menyusul Triton dan L300," kata Naoya Nakamura, President Director MMKSI melalui keterangan tertulisnya.
Pemilik Wajib Isi BBM yang Sesuai Buat Jamin Garansi
Gak boleh lagi pakai Solar subsidi
Bagi para pemilik Mitsubishi Pajero Sport, MMKSI sangat merekomendasikan penggunaan bahan bakar berspesifikasi Euro-4. Yakni bahan bakar diesel berlabel diesel EN590, atau yang memiliki kandungan angka Cetane Number (CN) 51 atau yang lebih tinggi, serta punya kandungan sulfur kurang dari 50 ppm (part per million).
Adapun jenis BBM diesel yang punya CN di atas 51 antara lain Pertamina Dex, Shell V Power Diesel atau BP Diesel. Untuk Pertamina Dex, harga per April 2022 Rp13.700 per liter. Untuk harga Shell V Power Diesel terbaru Rp18.100 per liter. Dan untuk harga BP Diesel Rp14.990 per liternya.
Spesifikasi Mesin Mitsubishi Pajero Sport Sudah Standar Emisi Euro 4
Mesinnya sudah siap hadapi emisi Euro 4
Lebih lanjut Nakamura juga menjelaskan kalau Mitsubishi Pajero Sport yang saat ini dipasarkan di Indonesia, dilengkapi dengan mesin diesel 4N15 (2.4L) MIVEC, dan 4D56 (2.5L) yang sudah standar emisi Euro-4.
Kedua mesin ini dilengkapi dengan fitur Intercooled Turbocharged Direct Injection Diesel, yang menghasilkan tenaga besar yang dapat diandalkan. Mesin diesel 4N15 dapat menghasilkan tenaga maksimum hingga 181 PS pada 3.500 RPM, serta torsi maksimum 430 Nm di 2.500 RPM.
Seluruh mobil diesel kini wajib standar Euro 4
Sementara mmesin 4D56 berkapasias 2.477 cc mampu memproduksi daya puncak 136 PS di 4.000 rpm dengan torsi 324 Nm pada 2.000 rpm. Bedanya, untuk mesin ini hadir dengan pilihan transmisi otomatis 5 percepatan atau manual 5-speed
"Model Mitsubishi Triton dan L300 juga mendapatkan update dengan spesifikasi mesin berstandar Euro-4," tukas Nakamura.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.