Perbedaan Spesifikasi Daihatsu Gran Max Minibus 1.5 Vs 1.3, Bukan Cuma di Mesin dan Velg!
Enda · 13 Jul, 2023 09:00
0
0
Daihatsu Gran Max cukup diminati karena memiliki kapasitas daya tampung banyak serta mempunyai ruang kabin yang luas. Ini karena Gran Max menjadi segelintir mobil penumpang dengan bentuk kotak.
Keunggulan yang dimiliki Gran Max bahkan dimanfaatkan pemiliknya sebagai mobil travel bahkan kendaraan niaga guna mendukung kegiatan bisnis sehari-hari.
Bagi kalian yang belum tahu, Daihatsu Gran Max minibus ditawarkan dalam dua varian, 1.5 dan 1.3. Untuk mengetahui perbedaan antara dua tipe yang dijajakan, simak ulasan berikut ini.
Daihatsu Gran Max Minibus 1.5 Gunakan Velg 15 Inci Two-Tone
Melihat secara sekilas antara Daihatsu Gran Max 1.5 dengan 1.3 terlihat sama seperti tidak ada ubahan yang berarti. Di bagian depan keduanya tersematkan aksesoris berupa tanduk pada bumper.
Namun jika dilihat secara lebih dekat, pada varian 1.5 disematkan velg berukuran 14 inci two-tone. Sedangkat model 1.3 diaplikasikan velg alloy 14 inci berkelir silver.
Varian 1.5 Memiliki Laci Penyimpanan Lebih Banyak
Beranjak ke sisi interior, Gran Max minibus 1.5 kini memiliki laci penyimpanan lebih banyak. Dibandingkan dengan varian 1.3, tipe 1.5 mendapatkan cup holder terbuka di ujung dashboardnya.
Selain itu, dashboard penumpang depannya terdapat tambahan laci penyimpanan terbuka yang bisa digunakan untuk menaruh barang bawaan, seperti handphone dan benda kecil lainnya.
Melihat panel instrument daripada keduanya, Gran Max minibus 1.5 memiliki layar TFT lebih besar yang menampilkan beberapa informasi seputar kendaraan seperti, volume bahan bakar dan jarak tempuh.
Oh iya, varian 1.5 memiliki setir dengan desain baru 4-spoke, sedangkan 1.3 masih menggunakan model lama.
Walau Dilengkapi EPS, Radius Putar Gran Max 1.5 Lebih Besar
Perbedaan lainnya antara Gran Max minibus 1.5 dengan 1.3 ada pada sistem kemudi. Seperti yang diketahui varian dengan mesin lebih besar telah dipadukan teknologi EPS (Electronic Power Steering) guna memudahkan penggunanya ketika bermanuver dan memarkirkan kendaraan.
Sekedar informasi, antara tipe 1.5 dan 1.3 juga mempunyai perbedaan pada radius putar. Melihat data spesifikasi yang tercantum di atas kertas, radius putar tipe 1.3 berada di angka 4,7 m dan 4,9 m untuk Gran Max 1.5.
Memiliki radius putar lebih besar 0,2 m, ketika melakukan manuver varian 1.5 tentunya tak seringkas 1.3.
Gran Max 1.3 Andalkan Mesin Lawas
Daihatsu Gran Max minibus 1.5 kini menggunakan mesin 2NR-VE 1.496 cc 4 silinder segaris 16 valve DOHC Dual VVT-i seperti yang disematkan pada Terios dan Xenia. Secara data, jantung mekanisnya sanggup memeras tenaga hingga 99 PS di 6.000 rpm dan serta torsi 134 Nm pada 4.400 rpm.
Pada varian 1.3, mobil ini masih mengandalkan mesin lama K3-DE berkapasitas 1.298 cc. Jantung pacu dengan teknologi DOHC Fuel Injection, 16 Valve 4-silinder segaris nya dapat meletupkan tenaga 88 PS di 6.000 rpm dengan torsi maksimal 114 Nm pada 4.400 rpm.
Untuk menggerak mobil, kedua mesinnya dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan yang selanjutnya diteruskan ke roda belakang.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.