Sebagai varian flagship, sebelumnya Xpander Ultimate hanya menggunakan transmisi CVT untuk transmisi yang digunakannyanya.
Kehadiran New Xpander Ultimate transmisi manual (MT) bukanlah tanpa alasan. Seperti yang pernah disampaikan Amiruddin, General Manager Sales and Marketing Division PT MMKSI, dihadirkannya New Xpander Ultimate MT untuk menyasar konsumen di daerah.
"Distribusi kita sangat luas, seluruh Indonesia. Kita tidak bisa mendifinisikan transmisi automatic cocok untuk semua masyarakat di seluruh Indonesia. Ada beberapa orang yang fanatik dengan transmisi manual, itu nggak berubah. Karena kebutuhannya (transmisi manual) banyak, makannya kita menyesuaikan spesifikasi yang dibutuhkan market," ucapnya.
Sekedar informasi, harga New Mitsubishi Xpander Ultimate 2024 terbaru menurut situs resminya dibandrol mulai dari Rp307,8 juta OTR Jakarta.
Ultimate MT: Rp307.800.000
Ultimate CVT: Rp322.900.000
Demi mengetahui lebih detail apa saja perbedaan keduanya, simak ulasan berikut.
Perbedaan Tampilan New Mitsubishi Xpander Ultimate 2024 Tipe CVT dan MT
Eksterior
Untuk tampilan luar, New Xpander Ultimate CVT dan MT terlihat sama. Menerapkan gaya bahasa desain "Dynamic Shield", keduanya menampilkan kesan gagah, modern dan mewah, sekaligus membawa nuansa futuristik.
Memiliki tampilan atraktif dan berotot, pada fascianya tersematkan lampu utama dengan teknologi LED yang diletakan di bumper, serta positioning lamp dan lampu sein LED tepat di bawah kap mesin dengan bentuk dinamis.
Bumpernya terlihat mengusung gaya add-on yang gagah, serta adanya foglamp halogen yang dapat meningkatkan visibilitas berkendara di malam hari. Bicara bagian bumper depan, PT MMKSI juga menambahkan kamera yang diletakan di kisi-kisi gril.
Kamera yang dimaksudkan bagian dari salah satu fitur keselamatan yang ditampilkan pada head untinya demi menunjang faktor keselamatan berkendara.
Di bagian samping, mobil ini masih terlihat sama dengan model sebelumnya, yang mana sudah dilengkapi side skirt berkelir abu-abu, serta velg 17 inci dual tone model kipas dengan.
Namun pada spionnya sudah mendapatkan tambahan kamera bagian dari fitur kamera 360 derajat yang terhubung dengan kamera di depan dan belakang.
Pada buritan, mobil ini dilengkapi diffuser berwarna gelap, serta stoplamp T-Shape LED dengan bentuk yang sama dengan model sebelumnya.
Tak ketinggalan ada electric switch tailgate pada pintu bagasi, yang memudahkan penggunanya saat membuka pintu.
Melihat ke bagian dalam, selain warna beige untuk interior, varian Ultimate kini mendapat opsi warna gelap yang terlihat sporty.
Namun untuk New Xpander Ultimate dengan transmisi manual, nuansa interior yang ditawarkan hanya berwarna gelap. Sebagai informasi, interior dengan warna gelap sebelumnya hanya disematkan pada varian Sport.
Warna gelap yang digunakan tidak sepenuhnya hitam, karena seperti yang bisa dilihat pada area dashboard serta door trimnya dipadukan dengan warna coklat tua.
Mengenai sistem hiburan, baik transmisi CVT maupun MT kini menggunakan head unit berukuran 9 inci kepunyaan Xpander Cross.
Head unit yang digunakan mendukung konektivitas seperti; AM/FM radio, USB player, serta smartphone connectivity.
Selain itu, pada sistem hiburannya dapat menampilkan kondisi sekitar mobil melalui fitur Multi Arround Monitor atau kamera 360 derajat, yang mendapatkan gambar dari kamera di luar.
Persamaan fitur antara New Xpander Ultimate CVT dan MT yakni pengaturan AC model digital, Mitsubishi Design Meter Cluster with Opening Animation dan Mitsubishi Design Steering Wheel with Audio Steering & Hands Free Switch.
Selain itu, pula terdapat Tilt&telescopic, AC double blower, Instrument Panel & Door Trim with Soft Pad, Mitsubishi 3-Dimension Seat Design, Console Tray & Card Holder, KOS dan Start Stop Button.
Keduanya memiliki 19 kompartemen sebagai tempat penyimapanan barang yang terasa begitu praktis. Kompartemen penyimpanan barangnya meliputi; glove box, instrument panel side pocket, counter box, instrument panel tray, instrument panel lower tray, serta kotak penyimpanan tertutup.
Di bagian samping dan tengah kursi penumpang terdapat cup holder depan, door pocket, dan floor console box.
Pada penumpang tengah terdapat seat back pocket multifungsi, gantungan serba guna, laci bawah kursi, dan side bottle holder kanan-kiri yang secara total bisa digunakan untuk meletakan tiga botol minuman sekaligus.
Penumpang di baris ketiga pun juga dapat merasakan kenyamanan ketika sedang berpergian ke luar kota, berkat adanya laci terbuka yang bisa digunakan untuk menaruh smartphone serta rear bottle holder, dan terdapat power outlet.
Untuk perbedaan keduanya, New Xpander Ultimate CVT dilengkapi cruise control dengan tombol aktif/non aktif yang diletakan sebelah kanan setir.
Selain itu pada console tengahnya varian CVT terdapat arm rest yang dibungkus menggunakan material soft touch, serta Electronic Parking Brake (EPB) with Auto Hold. Berbeda dengan CVT, varian manualnya menggunakan rem tangan konveonsional model tuas tarik.
Selain itu Ultimate CVT di belakang console tengahnya juga terdapat sepasang port USB 12 volt yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pengisian daya pada gawai.
Fitur Keselamatan Sepadan
Dari segi keselamatan berkendara, New Xpander Ultimate CVT dan MT telah dibekali dual SRS airbags, struktur RISE body, dan seatbelt dengan ELR 3 titik dan ISOFIX child seating fixing bar.
Selain itu ada pula ASC, ABS, EBD, BA, ESS, Hill Start Assist (HSA), Speed Sensitive Automatic Door Lock dan kamera 360 derajat.
Varian CVT Terasa Responsif dan Halus
New Mitsubishi Xpander Ultimate 2024 etap dibekali mesin bensin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve Euro 4 berkodekan 4A91.
Mesin dengan 4-silinder segaris yang digunakan ini sanggup memeras tenaga hingga 105 PS di 6.000 rpm dengan torsi mencapai 141 Nm pada 4.000 rpm. Mesinnya dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan serta CVT.
Transmisi CVT yang digunakan mampu memberikan keseimbangan antara akselerasi yang maksimal dan agresif layaknya transmisi AT 8 percepatan.
Dengan kemampuan melakukan perubahan rasio gigi menyesuaikan dengan putaran mesin, transmisi CVT bisa memberikan sensasi berkendara yang lebih halus saat perpindahan kecepatan.
Hal ini sekaligus membuat pengendara Mitsubishi Xpander dengan transmisi CVT tidak merasakan hentakan atau jeda berlebih ketika melakukan perpindahan gigi secara otomatis.
Rentang rasio roda pulley pada transmisi ini juga telah diperpanjang pada posisi rendah dan tinggi, sehingga bisa mentransfer tenaga dari mesin dengan lebih efektif, yang mana di putaran rendah pun bisa mendapatkan tenaga yang cukup besar.
Pada transmisi selain CVT, putaran mesin harus selalu disesuaikan ketika melakukan perpindahan gigi secara otomatis, sedangkan untuk transmisi CVT tidak demikian.
Ketika ingin mendapatkan tarikan yang besar pada mesin, pengemudi tidak diharuskan mendapat RPM yang tinggi karena tidak berpengaruh pada mesin.
Hal ini dikarenakan Power loss yang dimiliki oleh transmisi CVT tergolong kecil sehingga tidak membuang tenaga dan bahan bakar secara berlebih.
Memiliki kemampuan pulley untuk terus menerus mengatur rasionya, maka transmisi CVT pada Mitsubishi Xpander tidak membutuhkan RPM tinggi sama seperti.
Berapa pun putaran mesin baik rendah maupun tinggi, mesin selalu bekerja pada efisiensi puncaknya. Dengan begitu transmisi CVT ini menawarkan penggunaan BBM yang lebih efisien dan lebih ramah lingkungan terutama saat berkendara di dalam kota.
Transmisi CVT pada New Mitsubishi Xpander juga memiliki dimensi yang lebih mungil dibandingkan dengan transmisi otomatis konvensional pada model sebelumnya. Sehingga secara tidak langsung juga memberikan beban yang lebih ringan pada kendaraan.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.