window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Siap-siap Juru Parkir Liar di Jakarta Bakal Ditangkap Polisi

Herdi · 10 Mei, 2024 11:01

juru parkir liar

Parkir liar di wilayah Jakarta kini semakin menjadi sorotan, karena banyak laporan dari masyarakat yang dianggap cukup meresahkan.

Hal ini pula membuat Dinas Perhubungan DKI Jakarta berencana menerbitkan peraturan larangan terhadap juru parkir liar di Jakarta, terlebih yang beroperasi di minimarket, pada pekan depan.  

Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, lahan parkir di minimarket merupakan area yang termasuk dalam fasilitas umum yang disediakan bagi pelanggan dan tidak dipungut biaya alias gratis. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Jangan Sampai Viral Akibat Parkir Sembarangan Mirip Pegawai Pertamina, Begini Aturan yang Benar

Siap-siap Juru Parkir Liar di Jakarta Bakal Ditangkap Polisi 01

Sejumlah minimarket sejatinya kerap memasang pengumuman parkir gratis

"Tapi ada oknum yang memanfaatkan meski oleh pengelolanya disebut gratis. Mereka mengatur, kemudian memaksa masyarakat membayar parkir dan ini yang akan kami tindak," ungkap Syafrin, dalam keterangannya, Rabu (08/05/2024)

Karena itu Syafrin menegaskan, siapa pun yang memanfaatkan dan memicu keresahan masyarakat akan dilakukan tindakan tegas.

Syafrin sendiri tak menampik, jika saat ini ada sejumlah pengelola minimarket yang telah memasang pengumuman parkir gratis, namun prakteknya masih ada oknum yang memungut biaya.

Baca juga: Ada Parkir Liar Bisa Diancam Pemerasan dengan Sanksi 9 Tahun Penjara

Sanksi untuk Juru Parkir Liar di Jakarta

 

juru parkir liar

Ada sanksi pidana untuk para juru parkir liar kalau tetap menjalankan aksinya

Oleh karena ini, Syafrin menegaskan, akan menerapkan sanksi tindak pidana ringan (Tipiring) terhadap oknum juru parkir liar yang masih berani beroperasi saat pihaknya sudah menjadwalkan penertiban.

"Saat ini kita masih dalam tahap diskusi dan koordinasi. Pekan depan, kami harap sudah ada jadwal kapan turun ke lapangan," ujarnya.

Syafrin menyebutkan, saat ini Dishub berkoordinasi dengan jajaran kepolisian dan kejaksaan, sedang menyiapkan penerapan sanksi yang akan diterima kepada para pelaku. 

Baca juga: 5 Risiko Parkir Mobil di Luar Rumah Beserta Cara Pencegahannya

Siap-siap Juru Parkir Liar di Jakarta Bakal Ditangkap Polisi 03

Parkiran motor di salah satu ruko yang diawasi petugas tidak resmi

Hal ini juga dibantu oleh aksi yang melibatkan jajaran Satpol Pamong Praja alias PP. 

Syafrin menghimbau, bagi masyarakat yang menemukan adanya praktik oknum juru parkir liar di mini market, untuk melapor melalui aplikasi Jaki atau CRM. 

Dia juga menegaskan, setiap laporan akan ditindaklanjuti oleh tim yang telah dibentuk.

Polisi Siap Membantu

Siap-siap Juru Parkir Liar di Jakarta Bakal Ditangkap Polisi 04

Parkir resmi bisanya menggunakan mesin parkir

Rencana Dishub untuk menindak juru parkir liar di Jakarta rupanya diamini Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Poli Latif Usman.

Dia mengatakan, tidak sulit memberantas parkir liar yang meresahkan masyarakat dan kepolisian siap membantu Pemprov DKI Jakarta menertibkan tukang parkir liar, termasuk di minimarket. 

"Ini kan tanggung jawab kita bersama untuk melakukan itu. Siapapun, masyarakat bisa melakukan pengawasan kalau memang merasa dirugikan laporkan kepada pihak Kepolisian," ujar Latif.

Bagi Latif, masalah parkir liar, sejatinya bagian dari ketertiban umum dan menjadi tugas serta tanggung jawab Bersama. 

Oleh karena itu, Latif mengajak, agar masyarakat ikut membantu mengawasi, sehingga jika diberikan parkir gratis, berarti tak ada biaya yang dikeluarkan konsumen.

"Masalah ketertiban ini akan kita laksanakan dan ini untuk mem-backup, kita akan lakukan backup terkait kegiatan tersebut," jelasnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil