Sudah Ada Fitur Auto Stop, Mitsubishi Xpander Lebih Menarik Dibanding Suzuki Ertiga Hybrid 2022
Prasetyo · 18 Mei, 2022 10:09
0
0
Harga Suzuki Ertiga 2022 lebih murah dari Mitsubishi Xpander.
Keduanya punya tenaga mesin serupa, tapi torsi Xpander lebih tinggi.
Fitur Mitsubishi Xpander lebih banyak dari Ertiga.
Suzuki Ertiga 2022 merayu calon pembelinya dengan teknologi Smart Hybrid. Sayangnya "hybrid" yang dimaksud bukan seperti mobil hybrid pada umumnya. Namun lebih sistem mekanis untuk membuat mesin bensin berhenti bekerja sesaat dan peranannya digantikan baterai.
Suzuki bahkan menyebut fitur ini sebagai Auto Stop yang sebenarnya bukan teknologi baru di otomotif Indonesia. Rivalnya seperti New Mitsubishi Xpander pun telah mempunyai teknologi tersebut.
Melalui tombol di sebelah kanan ruang kemudi, fitur Auto Stop & Go membuat mesin mobil ini dapat non-aktif secara otomatis saat berhenti sejenak di lampu merah atau dalam kemacetan jika pedal rem diinjak penuh beberapa saat.
Bedanya, pada pada Suzuki Ertiga 2022 menggunakan tiga komponen utama yakni ISG (Integrated Stater Generator), Lithium-Ion Battery 6 Ah 12V, dan Regenerative Breaking. Klaimnya sistem ini membuat restart yang halus dan senyap setelah auto-stop aktif, bantuan tenaga untuk akselerasi yang lebih ringan, serta kemudahan regenerasi daya baterai selama pengurangan laju kendaraan.
Jadi pada saat fitur Auto-Stop aktif, mesin bensin akan berhenti bekerja sejenak. Tugasnya kemudian digantikan bateria lithium untuk menjadi sumber utama kelistrikan mobil. Pada saat pedal gas diinjak kembali, maka Auto-Stop akan non aktif, dan ketika terjadi deselerasi, daya listrik baterai tersebut akan terisi otomatis.
Harga Mitsubishi Xpander Masih Lebih Mahal dari Suzuki Ertiga 2022
Nah karena sejatinya punya mekanisme yang mirip, mari kita lihat lebih dulu dari sisi harga. Harus diakui, harga Suzuki Ertiga 2022 lebih murah yakni mulai dari Rp225 jutaan sampai Rp259 jutaan. Sementara yang sudah pakai teknologi Smart Hybrid harganya Rp270 jutaan - Rp292 jutaan.
Banderol ini masih lebih murah dibanding harga Mitsubishi Xpander 2022. Sebab LSUV andalan Mitsubishi itu dibanderol Rp253 jutaan hingga Rp307 jutaan. Untuk lebih lengkapnya lihat rincian harga di tabel berikut ini.
Perbandingan Harga Suzuki Ertiga 2022 vs Mitsubishi Xpander
Suzuki Ertiga
Mitsubishi Xpander
Tipe
Harga
Tipe
Harga
GA MT
Rp225.100.000
GLS MT
Rp253.400.000
GL MT
Rp248.500.000
GLS CVT
Rp262.600.000
GL AT
Rp259.500.000
Exceed MT
Rp266.700.000
Smart Hybrid GX MT
Rp270.300.000
Exceed CVT
Rp275.900.000
Smart Hybrid GX AT
Rp281.300.000
Sport MT
Rp290.050.000
Smart Hybrid Suzuki Sport MT
Rp281.300.000
Sport CVT
Rp304.700.000
Smart Hybrid Suzuki Sport AT
Rp292.300.000
Ultimate CVT
Rp307.100.000
Mesin Suzuki Ertiga 2022 Setara Mitsubishi Xpander
Kini kita coba bandingkan dari sisi spesifikasi mesin. Tidak seperti Ertiga 2022 di India yang menggunakan mesin berkode K15C, untuk versi Indonesia tetap pakai mesin K15B. Mesin yang terpasang juga di Ertiga saat ini tersebut berkapasitas 1.462 cc dengan daya 105 PS di 4.400 rpm dan torsi 138 Nm di 4.400 rpm.
Sementara kalau melihta spesifikasi Mitsubishi Xpander 2022, versi facelift ini juga masih sama pakai mesin 1.5L MIVEC DOHC seperti Xpander sebelumnya. Mesin 4 silinder berkapasitas 1.499 cc ini menghasilkan tenaga juga 105 PS di 6.000 rpm. Sementara torsinya mencapai 141 Nm di 4.000 rpm atau 3 Nm lebih tinggi dari Ertiga.
Selain itu Xpander juga sudah menggunakan gearbox CVT untuk varian transmisi otomatis. Sementara Ertiga 2022 masih mempertahankan transmisi otomatis 4AT sebelumnya.
Terakhir kita bandingkan dari segi kelengkapan fiturnya. Suzuki Ertiga 2022 kabarnya akan menggunakan desain MID baru, kemudian ada Hill Hold Control, Electronic Stability Program, Cruise Control, dan Gear Shift Indicator.
Sementara di Xpander Mitsubishi memberikan lebih lengkap. Mulai dari ukuran velg 16 dan 17 inci sementara Ertiga hanya 15 inci. Lantas di tipe tertinggi lampu utama pakai LED Projector dan di belakang juga LED.
Interiornya sudah menggunakan setir yang dilapis kulit dan ada Tilt and Telescopic. Lalu ada Electric Parking Brake with Auto Hold, AC model digital, headunit monitor 8 inci (di Ertiga 7 inci), dan Rear View Camera.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.