window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Supercharged Mulai Ditinggalkan, Apa Perbedaan Dari Turbocharged yang Lebih Unggul?

Yongki Sanjaya · 12 Mei, 2021 15:00

Supercharged Mulai Ditinggalkan, Apa Perbedaan Dari Turbocharged yang Lebih Unggul? 01

Mobil-mobil keluaran terbaru sekarang ini telah memakai mesin dengan kapasitas kecil, namun sanggup menghasilkan tenaga yang besar. Rahasia dibalik besarnya tenaga itu berasal dari sistem induksi paksa atau forced induction, yaitu sistem kerja yang memberikan asupan udara ekstra ke dalam ruang pembakaran. 

Dopping tenaga ke mesin ini berasal dari supercharger atau turbocharger. Keduanya dirancang untuk meningkatkan tenaga, dengan peningkatan yang sangat besar. Namun, ada perbedaan mendasar dari karakter dan cara kerja turbocharger dan supercharger.

Nah, masih banyak orang awam yang suka terbalik atau keliru memahami perbedaan supercharger dan turbocharger. Kedua komponen ini dianggap mirip kinerjanya maupun karakteristik tenaga yang dihasilkan. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Supercharged Mulai Ditinggalkan, Apa Perbedaan Dari Turbocharged yang Lebih Unggul? 01

Supercharger mendapatkan aliran tenaga dari crankshaft mesin. Perangkat ini langsung terhubung dengan mesin melalui sebuah belt. Sedangkan turbocharger bekerja memanfaatkan udara sisa pembuangan. 

Bahasa mudahnya, baik turbocharger dan supercharger menambah tenaga dengan memaksa lebih banyak udara ke dalam silinder. Turbocharger memakai exhaust turbine dan intake compressor. Sementara supercharger bergantung pada putaran mesin, sehingga lebih memberikan efek layaknya naturally aspirated.

Kini mobil-mobil keluaran terbaru cenderung memakai turbocharger daripada supercharger. Salah satu mobil yang cukup terkenal di Indonesia dengan supercharger yaitu Mercedes-Benz C230 Kompresor W202. 

Cara Kerja Supercharger, Menginduksi Pembakaran dengan Kompresi Udara 

Supercharged Mulai Ditinggalkan, Apa Perbedaan Dari Turbocharged yang Lebih Unggul? 02

Teknologi supercharger sebenarnya telah terlebih dulu sebelum era turbo. Super charging muncul pertama kali pada akhir tahun 1920 pada mobil grand prix. 

Kompresor supercharging digerakkan secara langsung oleh crankshaft yang di sisi luarnya dikaitkan pada tali kipas. Saat pedal gas diinjak, mesin mendapat dorongan tenaga yang cukup cepat dan tidak terjadi pada pemakaian turbocharger.

Udara akan terkompresi sebelum akhirnya disalurkan ke mesin. Asupan kompresi udara ini menciptakan tenaga hampir 50 persen lebih besar. Dengan peningkatan asupan udara, penggunaan bahan bakar dalam proses pembakaran juga lebih banyak.

Supercharger bekerja lebih spontan karena boost udara terjadi sejak stasioner dan putaran rendah.
Putaran turbin supercharger sangat tergantung dari putaran mesin. Inilah alasan kenapa boost yang dihasilkan bisa didapat mulai putaran bawah.

Rata-rata supercharger mengambil sampai sepertiga daya mesin. Itulah mengapa, banyak yang menyebut kalau supercharger kurang efisien dibanding turbocharger.

Mesin Lebih Bising, Supercharger Tidak Layak di Mobil Mewah 

Supercharged Mulai Ditinggalkan, Apa Perbedaan Dari Turbocharged yang Lebih Unggul? 03

Bunyi bising, gesekan dan getaran yang ditimbulkan oleh supercharger adalah kelemahan mendasar dari komponen ini. Itulah alasan utama supercharged tidak diterapkan pada mobil mewah, dan biasanya dipakai di mobil sport. Sejauh ini, Mercedes-Benz pernah menerapkan sepasang supercharger (kompresor) pada seri C-Class. 

Namun Mercedes-Benz tidak pernah mencoba menerapkan teknologi ini pada model mereka yang lebih mewah. Sejak tahun 2010 mesin kompresor (supercharged) pada C-Class digantikan oleh turbocharger sekaligus menandai akhir penggunaan supercharger secara massal pada kendaraan. 

Perawatan Kompresor, Perhatikan Kondisi Pelumasan 

Untuk perawatannya tidak begitu rumit, cukup dengan melakukan servis berkala dan penggantian oli supercharger secara rutin. Pada bagian supercharger ada oli tersendiri yang berbeda dengan oli mesin. Cukup perhatikan pelumasan supercharger agar tetap bisa bekerja dengan optimal.

Interval ganti olinya adalah 4:1 dengan ganti oli mesin. Setah 4 kali ganti oli, waktunya sekali ganti oli supercharger. Untuk menjaga kompressor tetap prima, harus sering menjaga kebersihan intake system, mulai dari filter udara, MAF, hingga hilir.

Turbocharger Lebih Ramah Lingkungan dan Efisien, Andalan di Daihatsu Rocky

Supercharged Mulai Ditinggalkan, Apa Perbedaan Dari Turbocharged yang Lebih Unggul? 04

Supercharged Mulai Ditinggalkan, Apa Perbedaan Dari Turbocharged yang Lebih Unggul? 05

Seiring dengan perkembangan teknologi otomotif terkini, komponen turbo sudah umum disematkan pada banyak model, termasuk Daihatsu Rocky dari segmen entry level. Turbo menjadikan gas buang sebagai sumber tenaga penggerak kompresor melalui sebuah turbin.

Secara logika, penggunaan perangkat ini jauh lebih efisien karena menggunakan gas buang sebagai sumber tenaga. Mesin turbocharged membangun tenaga secara eksponensial, yang berarti input throttle tidak secara langsung sesuai dengan keluaran mesin.  

Sayangnya, 'boost-effect' yang dihasilkan cenderung lebih kecil dan terdapat jeda waktu antara membuka gas saat akselerasi. Kondisi yang muncul ini kerap disebut sebagai turbo lag.

Supercharged Mulai Ditinggalkan, Apa Perbedaan Dari Turbocharged yang Lebih Unggul? 06

Secara fungsi dan mekanis, komponen turbocharger bekerja dengan cara induksi di dalam mesin mobil dengan memanfaatkan gas buang dari mesin. Udara dalam jumlah besar dialirkan menuju silinder untuk pembakaran. Karena turbocharger ini memanfaatkan aliran udara hasil pembakaran di saluran buang sebagai sumber energi, maka dipastikan kendaraan juga lebih ramah lingkungan.

Pabrikan bisa merancang boost Turbocharger terlebih dahulu, mengikuti karakter mobil. Boost bisa di putaran awal berbarengan dengan torsi, atau di putaran menengah putaran atas untuk top speed lebih baik. Seiring bertambahnya tenaga, pengemudi tidak perlu semakin dalam menginjak pedal gas.

Kelemahan Turbocharger, Butuh Pendingin

Supercharged Mulai Ditinggalkan, Apa Perbedaan Dari Turbocharged yang Lebih Unggul? 07

Turbin turbo yang terkena gas buang menjadi panas dan udara yang masuk pun ikut panas. Nah, untuk mendinginkannya dipakailah intercooler. 

Intercooler adalah sebuah alat atau komponen yang memiliki bentuk mirip dengan radiator mobil, hanya saja memiliki fungsi mendinginkan udara yang dihasilkan oleh turbo sebelum dimasukkan kedalam ruang bakar.

Intercooler ini biasanya ada di atas mesin mobil seperti yang ada pada Toyota Fortuner ataupun Toyota Hilux Double cabin. Posisi di bagian atas mesin lebih mudah dalam hal membersihkannya.

Kesimpulan 

Walaupun menawarkan tenaga yang linier dan perawatan mudah tak membuat supercharger terus eksis digunakan pada mobil keluaran terbaru. Sebab, isu borosnya bahan bakar masih menghantui, seiring bertambahnya tenaga dari mesin yang bekerja berat. 

Sebaliknya, turbo walaupun ada gejala turbo lag dan butuh Intercooler namun kian disukai karena lebih efisien dan ramah lingkungan. Turbo pun bisa diatur menyesuaikan karakter mesin yang digunakan. Jenis turbo untuk mesin kecil di Daihatsu Rocky dan Toyota Fortuner jelas berbeda output boosternya 


 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Calya E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil