Suzuki Ertiga dan XL7 2022 di Indonesia Akan Berubah jadi Diesel Hybrid
Prasetyo · 16 Jul, 2021 17:05
0
0
Selain Toyota Kijang Innova Hybrid dan Mitsubishi Xpander Hybrid, model lainnya yang akan hadir dalam varian hybrid adalah Suzuki Ertiga dan Suzuki XL7. Demikian dipaparkan oeh Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian Republik Indonesia (Menperin RI).
Menurut Agus, Suzuki merupakan slaah satu prinsipal otomotif dari Jepang yang sudah berkomitmen untuk menanamkan investasi baru ke Indonesia. Selain Suzuki, ia juga mengatakan kalau Toyota, Mitsubishi dan Honda juga akan melakukan langkah serupa.
Untuk Suzuki Motor corporation, kata Menperin, sudah berniat menggelontorkan dana investasi hingga Rp1,2 triliun. Sementara Honda Motor Company akan berinvestasi Rp5,2 tiriliun.
Tapi tidak seperti Suzuki yang sudah memaparkan sejumlah produk barunya termasuk Suzuki Ertiga Hybrid 2022 dan Suzuki XL7 Hybrid 2022, Honda masih enggan menjelaskan model hybrid apa untuk pasar dalam negeri.
Suzuki Ertiga Hybrid dan XL7 hybrid Buatan Indonesia Melantai Mulai Tahun Depan
Dalam presentasinya di acara Investor Daily Summit 2021, Agus memaparkan akan rencana Suzuki menghadirkan dua model hybrid. Yakni Suzuki Ertiga Hybrid yang akan diluncurkan tahun 2022, dan Suzuki XL7 Hybrid di tahun 2023.
Kedua model hybrid ini juga akan diproduksi di salah satu pabrik perakitan Suzuki yang ada di Tambun atau Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Karenanya, kapasitas pabrik ini pun akan dikembangkan oleh Suzuki.
Sebelumnya Maruti Suzuki juga sudah mengumumkan jika XL6 2022 akan mendapatkan mesin diesel hybrid. Seperti kita ketahui, XL6 punya nama XL7 di Indonesia. Dan mobil ini akan mendapatkan mesin diesel terbaru yang lebih bertenaga.
Suzuki Ertiga Bakal Pakai Teknologi Diesel Mild Hybrid?
Meskipun sama-sama model hybrid, namun teknologi yang akan ditanamkan pada Suzuki Ertiga Hybrid maupun Suzuki XL7 Hybrid sedikti berbeda dengan kendaraan hybrid lainnya. Sebab Suzuki mengembangkan sistem Mild Hybrid.
Teknologi ini menggunakan mekanisme Integrated Starter Generator (ISG). Teknologi ini sebenarnya pernah dipakai pada Ertiga Diesel Hybrid yang sempat hadir di Indonesia pada 2017-2018.
Sata itu Ertiga mengkombinasikan mesin diesel dengan Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Mobil ini tidak menggunakan baterai lithium-ion sebagaimana mobil hybrid lain, tapi menggantinya dengan aki berkapasitas 70 Ah.
Saat mobil melakukan deselerasi, maka akan mengisi daya listrik ke aki. Sementara ketika pengemudi hendak berakselerasi, daya listrik dari aki akan menambah power mobil. Kemudian mobil ini juga punya fitur idling stop system. Dimana mesin bisa berhenti bekerja sejenak sementara kinerja kelistrikan diganti dari sumber listrik dari aki.
Kami prediksi Ertiga Hybrid merupakan reborn dari Ertiga diesel hybrid generasi sebelumnya. Sebab ini akan lebih menghemat biaya produksi akrena cukup mentransfer teknologi yang sudah dikembangkan Maruti Suzuki di India.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.