Suzuki New Carry Facelift Vs Daihatsu Gran Max, Mampukah Carry Mempertahankan Posisi ‘Rajanya Pick Up’?
Enda · 21 Jan, 2021 17:00
0
0
Belum genap tiga tahun meramaikan pangsa otomotif nasional dengan model terbarunya, pada hari ini Kamis (21/1) PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara sukses memperkenalkan Suzuki New Carry dengan tampilan teranyar melalui saluran Youtube resmi Suzuki Indonesia.
“Kami akan terus meluncurkan produk, baik baru maupun penyegaran, sehingga bisa selalu sesuai dengan kebutuhan konsumen, termasuk peluncuran tampilan baru New Carry Pick Up ini. Penyegaran ini kami yakini membuat New Carry Pick Up lebih kokoh, tangguh, dan aman,” ujar Hideaki Tokuda, Managing Director 4W Sales & Marketing PT SIS pada hari peluncurannya.
Mobil pick up dengan kapasitas muatan ringan, di Tanah Air saat ini didominasi oleh dua model pabrikan asal Jepang, yakni Suzuki New Carry dan Daihatsu Gran Max. Hal ini terjadi lantaran keduanya terbukti sama-sama menyuguhkan tingkat efisensi serta durabilitas yang baik.
Melihat sosok dari Suzuki New Carry facelift yang baru saja diluncurkan, kendaraan niaga kelas ringan ini terkesan semakin nyaman, aman dan bergaya. Lantas, dengan adanya Suzuki New Carry facelift ini apakah Daihatsu Gran Max semakin ditinggalkan?
Pada artikel ini akan ada berberapa parameter yang mengulas perbandingan antara Suzuki New Carry terbaru dengan Daihatsu Gran Max. Mari disimak.
Tampilan Suzuki New Carry facelift terlihat lebih gahar dari Daihatsu Gran Max
Kehadiran Suzuki New Carry terbaru yang dilakukan SIS mampu memberikan warna di segmen kendaraan pick up dengan kapasitas muatan ringan. Bagaimana tidak, Suzuki New Carry facelift kini berhasil tersematkan desain front grille dan bumper terbaru yang mengadopsi bentuk kapak yang disebut Hatched Axe.
Melihat peluncurannya yang dilakukan secara virtual, Suzuki New Carry facelift ini mendapatkan bentuk grille lebih modern serta bumper yang lebih berotot.
Pengaplikasian garis desain Hatched Axe yang tegas juga memperkuat karakter New Carry Pick Up sebagai kendaraan niaga yang kokoh dan tangguh untuk digunakan di berbagai medan.
Bila dibandingkan dengan rival utamanya, Daihatsu Gran Max masih menampilkan tampilan luar yang terlihat kalem dan terkesan jadul. Wajar saja, desain GranMax ini belum banyak berubah sejak 2007, atau hampir 14 tahun yang lalu.
Padahal varian eksportnya yang dinamai Toyota Town Ace serta Mazda Bongo ini, telah mendapatkan tampilan yang terkesan mewah meski sangat minor. Apabila tampilan rebadgenya diaplikasikan pada Daihatsu Gran Max, setidaknya dapat memperkuat posisinya dalam melawan Suzuki New Carry facelift.
Kapasitas bak Suzuki New Carry facelift ternyata juga lebih besar
Sebagai kendaraan niaga, faktor utama yang menjadi pertimbangan calon konsumen adalah kapasitas muatan. Suzuki New Carry facelift sendiri ditawarkan dengan dua pilihan varian bak, Flat Deck dan Wide Deck.
Begitu juga Daihatsu GranMax. Daihatsu menawarkan bak Standard dan Three Away yang diklaim sebagai bak terluas dijajarannya. Dalam segi kepraktisan penggunaan bak, Keduanya sama-sama bisa dibuka dari tiga sisi dan mampu memuat barang hingga 1 ton.
Namun pada kenyataanya, dimensi bak muat barang yang dimiliki Suzuki New Carry facelift lebih luas dibandingkan bak kepunyaan Daihatsu Gran Max. Berikut tabelnya.
Ukuran bak Suzuki New Carry facelift
Flat Deck
2.505mm x 1.665mm x 360mm
Wide Deck
2.505mm x 1.745mm x 425mm
Ukuran bak Daihatsu Gran Max
Standar
2.350mm x 1.585mm x 300mm
Three Way
2.350mm x 1.585mm x 360mm
Nuansa Kabin Suzuki New Carry facelift lebih luas dibanding Daihatsu Gran Max
Seakan mengerti keinginan konsumen, baik Suzuki New Carry facelift maupun Daihatsu Gran Max, ditawarkan dengan kabin luas yang bisa dimuat hingga tiga orang. Untuk menciptakan gaya gerak yang bebas, keduanya sama-sama meletakan tuas transmisi pada Center Cluster.
Mengetahui jarak sumbu roda, baik Suzuki New Carry facelift maupun Daihatsu Gran Max memiliki jarak wheelbase yang berbeda. Menurut data, Suzuki New Carry memiliki panjang jarak antar roda 2.205 mm, sedangkan Daihatsu Gran Max 2.650 mm.
Hal ini tentunya memberikan dampak ukuran pada ruang kabin. Bicara luas kabin, maka Suzuki New Carry facelift terbilang lebih unggul. Mengingat, roda depannya diletakan berada tepat di bawah jok pengemudi dan penumpang.
Berbeda dengan Daihatsu GranMax, roda depannya diletakan sejajar pilar A. Dengan begitu, liner roda menembus ruang di dalam kabin yang tentunya memperkecil ruang kabin serta mengganggu pijakan pengemudi maupun penumpang.
Mana Pickup dengan Fitur Lebih Lengkap?
Ketika bicara soal fitur, dapat diyakini bahwa Suzuki New Carry facelift lebih unggul dari Daihatsu Gran Max. Pick up ikoniknya Suzuki ini telah mendapatkan Power Steering yang dapat menjadikan stir terasa semakin ringan saat hendak berbelok maupun berputar arah.
Suzuki New Carry juga memiliki radius putar mencapai 4,4 meter yang membuat jangkauan berbelok menjadi lebih luas. Sedangkan Daihatsu Gran Max sendiri belum dilengkapi dengan power steering ini.
Soal keamanan, Suzuki New Carry facelift juga terbilang unggul. Mobi ini dinobatkan sebagai kendaraan niaga yang telah mengadopsi fitur Immobilizer. Pada umumnya fitur ini hanya bisa ditemukan pada Passenger Car saja.
Tidak dengan New Carry, untuk pertama kalinya kendaraan niaga yang menggunakan fitur ini. Dengan adanya Immobilizer, pebisnis tidak perlu khawatir jika mobilnya hilang dengan seketika.
Menyinggung soal kenyamanan, keduanya sama-sama ditawarkan varian yang sudah dilengkapi sistem berpendingin udara. Dengan adanya AC, baik pengemudi dan penumpang dapat lebih berkonsentrasi dalam berkendara serta mengurangi rasa lelah setelah menaikan atau menurunkan barang.
Kompartemen penyimpanan Suzuki New Carry lebih banyak
Sebagai mobil niaga, laci penyimpanan barang sangatlah penting. Baik Suzuki dan Daihatsu sangat memperhatikan hal ini. Gran Max sendiri telah menyematkan dua Glove Box yang bisa digunakan untuk menaruh berbagai alat untuk keperluan bisnis.
Selain itu, Daihatsu juga menyematkan konsol yang diletakan di bawah kisi-kisi lover AC sebelah kanan pengemudi. Tujuannya, memberi kemudahan untuk menaruh uang koin atau benda kecil lainnya.
Suzuki pun tidak ingin kehilangan ide. Bahkan, Suzuki New Carry facelift memiliki tiga buah Glove Box, yang mana dua terletak di dashboard bagian penumpang dengan ukuran lebih besar dibanding glove box Daihatsu Gran Max.
Suzuki tidak memberikan penutup pada glove box rupanya agar penumpang atau pengemudi dengan mudah menaruh alat keperluan bisnis. Selain itu, ada juga glove box kecil di tengah yang berada tepat di bawah knob pengaturan AC, bisa digunakan untuk menaruh Handphone atau E-Toll Card dengan lebih praktis.
Soal laci penyimpanan Suzuki sangat memperhatikan betul kebutuhan para pelaku bisnis. Sehingga dalam hal ini Suzuki New Carry facelift lebih bisa diandalkan.
Adu Performa Mesin, Suzuki New Carry Mana Pickup Paling Bertenaga?
Suzuki menawarkan New Carry facelift dengan jantung pacu berkapasitas 1.500 cc. Sedangkan pesaingnya terdapat dua pilihan mesin, 1.300 cc dan 1.500 cc. Namun, pada komparasi kali agar lebih adil kami ingin melakukan perbandingan terhadap varian 1.500 cc keduanya.
Berikut perbandingan spesifikasi mesin Suzuki New Carry facelift dengan Daihatsu Gran Max.
Spesifikasi mesin Suzuki New Carry facelift vs Daihatsu Gran Max
Keterangan
Suzuki New Carry facelift
Daihatsu Gran Max
Tipe
K15B-C, DOHC 16 Valve
3SZ - VE, DOCH VVTi
Kapsitas
1.462 cc
1.495 cc
Tenaga
97 PS @5.600 Rpm
97 PS @6.000 Rpm
Torsi
135 Nm @4.400 Rpm
134 Nm @4.400 Rpm
Menurut tabel di atas, Suzuki New Carry memiliki torsi yang lebih unggul meskipun keduanya mempunyai jumlah tenaga yang sepadan.
Meski mendapatkan facelift, harga Suzuki New Carry masih tetap sama
Melihat pada tabel di atas, Suzuki New Carry dibandrol lebih mahal dari Daihatsu Gran Max. Meski terbilang lebih mahal, kenyaman dan keamanan yang ditawarkan bisa dikatakan sepadan dengan harga yang ditawarkan.
Oh iya, meski mendapatkan facelift, Suzuki New Carry tidak mengalami perubahan harga dari generasi pra faceliftnya.
Kesimpulan
Suzuki New Carry facelift hadir dengan tampilan yang lebih segar. Pada wajahnya kini terlihat lebih modern dengan adanya grille baru serta bumper yang terkesan lebih berotot.
Tidak hanya itu, demi memenuhi regulasi Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat untuk keselamatan berkendara, Suzuki telah menyediakan APAR (alat pemadam api ringan) pada setiap Suzuki New Carry facelift.
Peraturan soal mobil baru wajib memiliki APAR sudah terbit sejak awal tahun 2020. Kemenhub menetapkan aturan baru itu akan berlaku pada 18 Januari 2020 sesuai Peraturan Direktur Jendral Perhubungan Darat Nomor: KP.972/AJ.502/DRJD/2020.
Mobil baru yang wajib menggunakan APAR diterangkan dalam Pasal 2 Ayat 2:
"Kendaraan bermotor untuk kategori M1, N1, N2, N3, O1, 02, 03, dan 04 untuk mobil penumpang, mobil barang landasan mobil penumpang, dan landasan mobil barang wajib dilengkapi fasilitas tanggap darurat berupa alat pemadam api ringan," demikian bunyi pasal tersebut.
Dengan adanya APAR, setidaknya dapat memberikan keselamatan lebih dalam berkendara. Melihat perbandingan antara Suzuki New Carry facelift dengan Daihatsu Gran Max di atas, dapat disimpulkan bahwa Suzuki New Carry terbaru lebih unggul dari Daihatsu Gran Max ketika bicara soal kenyamanan, keamanan dan faktor keselamatan. Dengan begitu apakah Suzuki New Carry layak mendapatkan predikat ‘Rajanya Pick Up’ di kelas angkutan muatan ringan?
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.