Tahun 2023, Hino Masih Targetkan Jadi Raja Medium Duty Truck Indonesia
Ilham · 19 Jan, 2023 17:30
0
0
Tahun lalu penjualan Hino naik 51 persen dari 2021.
Hino 500 kuasai market leader medium duty truck.
Market share Hino Dutro turut naik.
PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menutup tahun 2022 dengan sangat baik. Pasalnya, dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (GAIKINDO) penjualan Hino melesat dibanding tahun sebelumnya.
Di mana selama periode Januari sampai Desember 2022 tercatat Hino mampu melepas kepasaran sebanyak 29.880 unit. Hasil penjualan tahun 2022 mencatatkan prestasi dibanding tahun sebelumnya yang tercatat sebanyak 19.793 unit atau naik 51 persen.
“Pasar kendaraan komersial recovery dan tumbuh seperti ketika tahun 2019 sebelum pandemi. Untuk itu kami pun cukup puas dengan raihan penjualan di 2022 yang naik tinggi," buka Santiko Wardoyo, COO-Director HMSI pada Rabu (18/1/2023).
Lebih jauh, kategori medium duty truck melalui Hino 500 Series memberikan kontribusi penjualan signifikan sebanyak 16.411 unit tahun lalu. Hal tersebut menjadikan Hino 500 yang sering disebut 'Hino Lohan' market leader di kelasnya.
Di sisi lain, penjualan medium duty truck ini naik 78 persen jika dibanding tahun sebelumnya yang membukukan 9.242 unit.
"Hasil ini juga memantapkan posisi Hino sebagai market leader atau penguasa medium duty truck selama 23 tahun terakhir dengan raihan 59 persen market share,” timpal Santiko.
Sedangkan untuk kategori truk ringan atau light duty truck, Hino Dutro berhasil mencapai penjualan sebanyak 13.122 unit sepanjang 2022. Penjualannya meningkat 26 persen jika dibandingkan dengan penjualan tahun sebelumnya.
Kondisi ini juga berdampak pada market share Hino Dutro yang meningkat dari 18,9 persen menjadi 20,3 persen. Meski demikian, produk ini bukanlah market leader.
"Hino 500 merajai selama 23 tahun karena sudah lebih dulu masuk ke sini, yakni sejak 40 tahun lalu. Sedangkan Dutro baru hadir tahun 2002. Ada selisih 20 tahun bedanya. Sehingga wajar jika belum menjadi market leader," jelas Santiko.
Untuk tahun 2023 ini, Hino Indonesia optimis untuk meningkatkan penjualan mereka, baik di kelas medium duty atau light truck. Di mana total penjualan di kedua segmen ini dipatok mencapai 38.000 unit.
Rinciannya 17.100 unit Hino Dutro atau menguasai 23 persen market share. Serta target sebesar 21.400 unit atau 65 persen market share didapuk oleh Hino 500 atau Ranger.