window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tesla Model Y Terbakar Tiba-tiba di Jalan, Pengemudi Keluar dari Jendela karena Pintu Tak Bisa Dibuka

Prasetyo · 25 Mei, 2022 10:08

Tesla Model Y Terbakar Tiba-tiba di Jalan, Pengemudi Keluar dari Jendela karena Pintu Tak Bisa Dibuka 01

  • Tesla Model Y tiba-tiba terbakar saat sedang dikendarai pemiliknya.
  • Pengemudi mobil ini harus menyelamatkan diri dengan memecahkan kaca jendela akibat pintu tidak bisa terbuka.
  • Kasus mobil listrik terbakar ini bukan kali pertama terjadi.

Kasus mobil listrik terbakar lagi-lagi terjadi. Walau para produsen mengklaim sudah memberikan proteksi terbaik untuk sistem baterai dan kelistrikan di mobil EV (Electric Vehicle), nyatanya kejadian kebakaran tetap muncul.

Kali ini menimpa pengguna Tesla Model Y. Bahkan si pemilik mengungkapkan, mobil itu baru ia miliki kurang dari setahun. Namun saat sedang digunakan, tiba-tiba mobil mengeluarkan asap.

Baca juga : Diduga Akibat Korsleting Baterai, 300 Mobil Listrik Terbakar di Parkiran!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Diduga dari Konsleting Baterai

Tesla Model Y Terbakar Tiba-tiba di Jalan, Pengemudi Keluar dari Jendela karena Pintu Tak Bisa Dibuka 01

Tesla Model Y juga sudah dijual di Indonesia

Dikutip dari Autohome, Rabu (25/05/2022), satu pengemudi Tesla Model Y di Kanada belum lama ini mengalami kejadian naas. Bagaimana tidak, mobil listrik yang ia miliki terbakar pada saat sedang dikendarai.

Si pemilik mengatakan jika saat itu ia tengah mengemudikan Tesla Model Y 2021. Mobil listrik ini ia beli baru 8 bulan lalu. Namun pada saat ada di perempatan jalan, tiba-tiba muncul notifikasi beberapa kesalahan sistem yang selanjutnya diikuti seluruh sistem kelistrikan mobil mati dan kendaraan itu tidak bisa bergerak.

Tesla Model Y Terbakar Tiba-tiba di Jalan, Pengemudi Keluar dari Jendela karena Pintu Tak Bisa Dibuka 02

Baterai Tesla Model Y ada di bawah lantai kabin

Kejadian selanjutnya bisa ditebak, kepulan asap tiba-tiba muncul dan membuat panik si pengemudi. Pemadam kebakaran setempat tiba di lokasi kejadian sekitar 5 menit setelah mobil mulai mengeluarkan banyak asap. Namun karena kinerja tim penyelamat itu cepat, maka api bisa langsung dipadamkan.

Dilihat dari intensitas api dan kecepatan nyala api, kemungkinan besar sumber kebakaran dari baterai. Namun pihak pemadam kebakaran masih menyelidiki penyebab sebenarnya mobil listrik terbakar ini.

Baca juga : Pertimbangkan Lagi Beli Mobil Listrik, Jika Terbakar Sulit Dipadamkan dan Beracun

Pengemudi Meloloskan Diri Lewat Jendela karena Pintu Terkunci

Tesla Model Y Terbakar Tiba-tiba di Jalan, Pengemudi Keluar dari Jendela karena Pintu Tak Bisa Dibuka 03

Gagang pintu Tesla Model Y menggunakan sistem elektrik

Saat diinterogasi oleh kepolisian setempat, si pemilik kendaraan menyebut jika ia menyelamatkan diri dari kebakaran dengan memecahkan kaca jendela. Menurutnya ketika itu ia tak dapat membuka kunci mobil dari dalam.

Untuk banyak kendaraan listrik termasuk Tesla memang menggunakan metode buka tutup kunci pintu secara elektrik. Jadi ketika sistem kelistrikan di mobil tersebut mati total, maka pintu tidak mampu dibuka normal.

Tesla Model Y Terbakar Tiba-tiba di Jalan, Pengemudi Keluar dari Jendela karena Pintu Tak Bisa Dibuka 04

Tombol pembuka pintu Tesla Model Y dari dalam

Namun sebenarnya dengan alasan keamanan dan situasi darurat, kendaran dengan sistem pintu elektrik ini dirancang dengan sakelar pintu mekanis. Letaknya dekat gagang pintu atau menyatu dengan tombol power windows. Sakelar inilah yang bisa digunakan untuk membuka pintu secara darurat.

Baca juga : Ketahui Beragam Penyebab Mobil Terbakar, Mulai dari Selang Power Steering Sampai Terjang Banjir

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil