Test Drive Singkat Wuling Almaz RS, Bisa Bikin Malu Merek Jepang
Budi · 20 Mar, 2021 17:00
0
0
Meski hanya mendapatkan kesempatan sekejap, hal ini sudah lebih dari cukup untuk memutuskan bahwa SUV unggulan terbaru dari Wuling Motors ini, Wuling Almaz RS punya potensi untuk membuat malu SUV lain bermerek Jepang. Ya, seperti yang pernah kami paparkan sebelumnya, Wuling Almaz RS ini dijejali oleh teknologi modern terbaru milik Wuling, yaitu WISE atau Wuling Interconnected Smart Ecosystem.
Kami pernah test drive Wuling Almaz RS pada 18 Maret 2021 di kawasan Ancol, Jakarta Utara, terbukti jika SUV medium jenama China ini memang mengejutkan. Saat fitur ADAS atau Advanced Driving Assistant System mulai diperkenalkan pada mobil-mobil segmen premium dengan banderol harga di atas setengah milyar, Wuling Almaz RS menjejali fitur WISE yang tak sekadar memiliki ADAS, namun juga Internet Car.
Sebelumnya, Wuling Almaz telah memiliki fitur Wuling Indonesian Command (WIND) yang membuatnya unik di antara rival sekelasnya. Hanya dengan mengucapkan kalimat “Halo Wuling”, pengendara Almaz dapat mengoperasikan berbagai fitur yang ada pada Wuling Almaz. Kini, dipadukan dengan WISE, fungsi fitur ini semakin berkembang.
Meski begitu, hal paling berkesan pada Wuling Almaz RS ini hadir dari fungsi ADAS yang ada pada WISE. Fungsi yang tersedia adalah Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Control (BCC), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Departure Warning (LDW), Traffic Jam Assistance (TJA), sampai dengan Intelligent Cruise Assistance (ICA). Seperti apa pengalaman mencobanya secara singkat?
Begitu duduk di kursi pengemudi, nyaris tak ada perbedaan dengan Almaz yang sudah hadir sebelumnya. Kesan mewah dan modern tetap kental, apalagi dengan layar monitor 10,4 inci yang tampak massif di bagian tengah. Tapi bukan soal perubahan eksterior atau interior Wuling Almaz RS yang kali ini ingin saya bahas, tapi aplikasi fitur ADAS pada WISE yang memang mengubah mobil ini secara signifikan.
Untuk mengaktivasi fitur modern ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengaktivasi Adaptive Cruise Control (ACC) dan Lane Keeping Assist (LKA). Tombol aktivasi Cruise Control ada di palang kiri setir, lalu atur batas kecepatan berkendara yang diinginkan. Di dalam kota, fitur ini sudah dapat diaktifkan pada kecepatan 30 km/jam. Untuk mengaktifkan LKA, ada tombol di bagian paling kanan dashboard, dekat dengan pintu. Tekan dan pastikan logo LKA telah menyala di panel instrument.
Setelah kedua fitur tersebut aktif, jalankan mobil seperti biasa, tanpa perlu menginjak pedal gas maka fitur ACC akan menjaga jarak aman dengan mobil di depannya. Bahkan dengan kehadiran TJA dan ICA mobil ini dapat melakukan pengereman sendiri saat mobil di depan kita berhenti akibat adanya hambatan atau kemacetan. Saat cruise control aktif, fitur BCC juga secara pintar dapat mengurangi kecepatan saat menghadapi belokan, sehingga pengendaraan semakin aman.
Yang juga impresif adalah aplikasi fitur LKA yang dapat membaca marka jalan. Alhasil, selain tak perlu menginjak pedal gas dan rem karena diambil alih oleh ACC, pengendara juga tak perlu memegang lingkar kemudi. Ya, seakan sebuah mobil otonom, LKA akan menjaga mobil tetap berada dalam lajur jalan yang dibatasi oleh marka jalan. Jadi selama marka jalan terbaca jelas oleh kamera stereo yang digunakan pada Almaz RS, maka pengendalian kemudi dapat dilakukan mandiri oleh mobil ini.
Meski begitu, untuk memastikan keselamatan, mobil akan memberi peringatan jika setir terlalu lama dilepaskan dan meminta pengemudi untuk kembali mengambil kendali di lingkar kemudi.
Masih menjadi bagian dari WISE, pada Wuling Almaz RS ini juga terdapat fitur Internet Car atau oleh Wuling disebut sebagai Internet of Vehicle (IoV). Fitur ini terdiri dari Vehicle Remote Control, Bluetooth Key, Vehicle Positioning, dan Geo-fencing Security dimana semua dapat dioperasikan melalui ponsel pintar sang pemilik Almaz RS. Beberapa fungsi IoV lainnya pada mobil ini juga tersedia Online Navigation, Online Music, serta Internet Messaging App yang semuanya dapat diakses pada head unit Almaz RS dan dioperasikan menggunakan WIND.
Melalui aplikasi My Wuling+ pada ponsel, pemilik mobil dapat menyalakan mesin dan menghidupkan AC dari mana pun ia berada. Bahkan fungsi keyless key, dapat digantikan oleh ponsel pemiliknya karena terkoneksi melalui Bluetooth. Untuk menunjang keselamatan, mobil dapat dengan mudah dilacak keberadaannya, bahkan dapat dibatasi pergerakannya melalui fitur Geo-fencing Security. Pemilik dapat mengetahui jika Wuling Almaz RS miliknya telah keluar dari wilayah yang telah ditentukan.
Sementara untuk fungsi IoV melalui head unit, hanya dengan perintah suara berbahas Indonesia yang mudah pada WIND, pengguna Almaz RS dapat menggunakan sistem navigasi, membaca dan membalas pesan WhatssApp dengan teknologi speech-to-text, serta memutar music favorit via aplikasi Joox yang terinstal di fitur ini.
Memang kesempatan mencoba semua fitur WISE pada Wuling Almaz RS ini hanya dilakukan singkat, namun semua fungsi yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya dapat dirasakan dalam simulasi yang dibuat oleh Wuling Motors. Mobil ini kami yakini bisa menjadi pembeda di kelasnya, dan menjadi pintu bagi dimulainya era mobil otonom di Indonesia.
Yang perlu diperhatikan, sejak pertama kali hadir di Indonesia Wuling Almaz telah menjadi fenomena di kelas medium SUV. Seakan menantang langsung kemapanan Honda CR-V yang bertahun-tahun menikmati singgasananya sebagai penguasa pasar. Apalagi Honda CR-V facelift terbaru yang diluncurkan Februari lalu, juga mengusung fitur Honda SENSING yang serupa dengan fitur ADAS pada WISE.
Namun ingat, selama ini Wuling Almaz telah menggoda tak hanya dengan fitur dan teknologi, namun juga dengan banderol harga yang lebih terjangkau. Memang Wuling Almaz RS belum mengumumkan harga jual resminya, tapi dari beberapa bocoran yang hadir di dunia maya, banderol harganya bahkan tak menyentuh Rp400 juta! Coba lihat apa yang ditawarkan oleh Honda, yang membanderol harga Honda CR-V 1.5 Turbo Prestige berfitur Honda SENSING dengan harga Rp577juta!
Dan jangan lupa juga, di kelas ini masih ada Mazda CX-5 dan Toyota Corolla Cross yang bahkan belum menawarkan fitur ADAS selengkap Honda CR-V atau Wuling Almaz RS, dengan harga yang juga jauh lebih mahal. Aduh.. Wuling Almaz RS benar-benar bisa bikin malu merek Jepang nih!
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, agency dan media, baik cetak maupun online. Kegemarannya berkendara membawa Ia mencoba berbagai jenis mobil, mulai single seater di lintasan sirkuit hingga off-road di lintasan salju bersuhu -15 derajat Celsius.
Facebook: budityas
Instagram: budityasbebe