Transmisi CVT Dianggap Lebih Ringkih Oleh Orang India, Nissan Magnite Beralih Menggunakan AMT
Enda · 17 Sep, 2023 16:00
0
0
Berbanding terbalik dengan di Indonesia, Nissan Magnite (Spesifikasi | Berita) cukup laris di India. Sebagai SUB sub-kompak, Magnite di Negeri Hindustan hadir dengan pilihan mesin 1.0 Turbo dan 1.0 NA.
Sedangkan di Tanah Air, mobil ini hanya memiliki satu pilihan mesin yakni 1.0 Turbo berkodekan HRAO dengan kapasitas 999 cc yang dapat melecutkan tenaga hingga 100 PS di 5.000 rpm, serta torsi maksimum mencapai 152 Nm pada 2.200-4.400 rpm (CVT) dan 160 Nm di 2.800-3.600 rpm (MT).
Kembali ke Magnite, baru-baru ini dikabarkan bahwa Nissan India akan melakukan improvement terhadap mobil ini. Dikutip dari Rushlane.com, Nissan Magnite 1.0 NA bakal mendapatkan pilihan transmisi AMT kepunyaan Renault Kiger (Spesifikasi | Berita) dari sebelumnya yang hanya memiliki opsi manual 5-percepatan.
AMT sendiri merupakan transmisi semi otomatis yang dibuat dari transmisi manual dengan tetap mempertahankan kopling dan gigi. Namun untuk perpindahan tingkat percepatannya, AMT sudah diatur menggunakan modul atau komputer yang dapat melakukan perpindahan gig secara otomatis menyesuaikan putaran mesin.
Maginte 1.0 NA AMT sendiri diklaim dapat menempuh jarak 18,75 km/liter. Sedangkan untuk 1.0 Turbo CVT sendiri lebih irit dengan penggunan BBM jenis bensin mencapai 20 km/liter.
Punya empat varian, yakni Upper 1.0 Turbo MT, Upper 1.0 Turbo CVT, Premium 1.0 Turbo MT dan Premium 1.0 Turbo CVT, untuk harganya saat ini Magnite dibandrol mulai dari Rp277 juta sampai dengan Rp308 juta.
Pada varian teratas, mobil ini dilengkapi sistem infotainment berupa head unit layar sentuh 8 inci dengan Apple CarPlay nirkabel dan Android Auto.
Selain itu ada layar TFT 7 inci untuk instrument cluster, yang juga dapat memberikan informasi Tire Pressure Monitoring System (TPMS), teknologi pengenalan suara, kamera mundur dan tombol start/stop.
Tidak ketinggalan, mobil ini pun dilengkapi kamera 360 derajat dapat memantau objek sekitaran mobil, serta fitur keselamatan berupa Hill Start Assist, Cruise Control, Dual Airbags, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD).
Tidak berhenti sampai di situ, pabrikan juga melengkapinya dengan Traction Control System (TCS), Hydraulic Brake Assist (HBA), Electronic Stability Control (ESC), Vehicle Dynamic Control (VDC) dan juga Anti Roll Bar.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.