Wuling New Almaz RS Bersolek di GIIAS 2023, Bawa Sederet Pembaruan
Prasetyo · 14 Agu, 2023 19:10
0
0
New Almaz RS menjadi kejutan dari Wuling di GIIAS 2023, mengingat sampai H-1 pameran otomotif tersebut tak ada satu pun yang memprediksi kehadirannya.
Apalagi sosok Almaz dalam beberapa bulan terakhir seakan tenggelam oleh karir adik kandungnya sendiri, Air ev yang begitu fenomenal di pasar otomotif Tanah Air.
Perdana New Almaz RS di GIIAS 2023
Ditambah tren elektrifikasi di Indonesia yang juga lagi naik daun sementara Air ev jadi solusi mobilitas tanpa timbal dengan harga yang terjangkau, membuat mobil mungil ini makin menjadi primadona.
Namun tentu saja Wuling Motors (Wuling) tidak mau melupakan Almaz, sebuah model ini yang jadi lini produk perdana untuk diterapkan teknologi terbaru dari Wuling.
Bisa dibilang Almaz adalah lini produk "jagoan" dari Wuling, sehingga beberapa penerapan inovasi terbarunya kerap dimulai dari model bergenre SUV medium tersebut.
Misalnya Almaz merupakan produk pertama Wuling di Indonesia yang pakai fitur WIND (Wuling Indonesia Command), kemudian Almaz juga yang perdana pakai mesin 1.5-liter turbo, serta yang pertama kali pula hadir dengan mesin hybrid.
Jadi rasanya tidak salah kalau Almaz kemudian dipoles dengan sentuhan istimewa ketika jadi tamu kehormatan di booth Wuling selama GIIAS 2023 berlangsung di ICE BSD City, Tangerang.
Tampilan belakang New Almaz Hybrid
"Perjalanan seri Almaz yang dimulai sejak bulan Februari 2019 di Indonesia diwarnai dengan sambutan hangat dari konsumen, penjualan yang baik, dan banyaknya penghargaan bergengsi. Melanjutkan komitmen Wuling, kami mengaplikasikan sentuhan baru terhadap medium SUV yang memiliki inovasi lengkap dalam rangka menjawab kebutuhan konsumen akan mobilitas modern dan mampu memberikan pengalaman berkendara tanpa batas," jelas Dian Asmahani, Brand and Marketing Director Wuling Motors di GIIAS 2023.
New Almaz RS memang bukan hadir sebagai generasi baru, namun beberapa revisi desain memang membuat tampilan mobil ini berbeda dibanding model pendahulunya.
Fascia depan model sebelumnya
Dari depan paling terasa dengan aplikasi gril baru dengan aksen diamond serta logo RS yang tak lagi semuanya merah, dan posisinya naik ke tepi garis kap mesin.
Desain velg New Almaz RS
Kemudian bentuk bemper depan juga baru, tak ada lagi aksen garis merah seperti sebelumnya, namun di varian hybrid tetap diberi nuansa biru.
Desain velg Almaz segelumnya
Sektor luar yang ikut berubah adalah desain velg dengan ukuran 18 inci dengan ban 215/55/R18 dimanda sebelumnya pakai velg ring 17 inci di tipe RS dengan balutan ban 215/60/R17.
Ada tulisan WULING di garnish belakang
Dibagian belakang kalau diperhatikan juga ada berubahnya, antara lain emblem cuma bertuliskan "ALMAZ" atau "HYBRID" tanpa imbuhan emblem Turbo, lalu ada tulisan WULING di garnish lampu rem, serta aksen bemper juga sedikit direvisi.
Beralih ke bagian kabin, kalau melihat motif jok, komposisi kursi dan fleksibilitas serta ruang bagasi, terlihat masih sama dengan Almaz RS sebelumnya.
Tampilan dasbor Almaz RS sebelumnya
Tetapi untuk tema warna ternyata ada yang berubah, sebab di dasbor dan trim pintu Wuling Almaz RS 2023 semuanya sudah berubah jadi hitam, sementara pada tipe hybrid untuk tuas transmisinya dibubuhi aksen biru.
Tipe Almaz hybrid RS di tuas transmisi ada aksen biru
Kemudian untuk model baru Almaz RS ini juga sudah menggunakan fitur tilt and telescopic steering wheel yang memungkinkan pengemudi mengatur posisi setir sesuai keinginan, dan ditambahkan Multicolor Ambience Light.
Motif jok New Almaz RS
Sejumlah fitur unggulan di Almaz RS juga masih tetap dipertahankan, seperti headunit 10,4 inci yang juga sudah dilengkapi IoV dan WIND, meter cluster digital 7 inci, dan panoramic sunroof.
Spesifikasi Tak Berubah
Dimensinya tak berubah
Karena bukan ganti generasi, maka tak ada rombakan spesifikas teknis di Wuling Almaz RS 2023.
Panjang tubuhnya tetap 4.675 mm, lebar 1.835 mm, tinggi 1.760 mm, serta jarak sumbu roda 2.750 mm.
Ada dua varian mesin pada New Almaz RS, pertama mesin bensin turbo 1.5L 4 silinder dengan teknologi DOHC DVVT yang mampu memproduksi daya puncak 142 PS di 5.200 rpm dengan torsi 250 Nm pada 1.600-3.600 rpm dengan dipadankan transmisi otomatis CVT.
Tetap ada opsi mesin hybrid
Yang kedua ada mesin 2.0-liter 4 silinder dengan Atkinson Cycle dan Permanent Magnet Synchronous Motor seperti yang dipasang pada Almaz Hybrid sebelumnya serta pakai Dedicated Hybrid Transmission (DHT).
Mesin bensinnya mampu menghasilkan tenaga 124 PS di 5.600 rpm dengan torsi 169 Nm di 4.000-4.400 rpm, sementara motor lisktriknya menyumbang tenaga 176 PS dengan torsi 320 Nm.
Harga Dijanjikan Kompetitif
Harga New Almaz RS masih dirahasiakan
Walau sudah dipajang dan bisa dipesan di booth Wuling selama GIIAS 2023 berlangsung dari 10-20 Agustus, namun Dian Asmahani belum mau menyebut berapa harga Wuling Almaz terbaru ini.
"Mengenai rentang harga New Almaz RS ini tidak lebih dari harga OTR Almaz RS dan Almaz Hybrid yang ada saat ini," ucapnya singkat.
Sebagai bahan perbandingan, berikut harga Almaz per Agustus 2023 seperti dikutip dari situs resmi Wuling:
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.