Cari mobil baru yang pas buat kamu dengan tiga langkah muda
Mitsubishi Xpander
4.3
Segmen C Segmen | MPV Tipe Bodi | CVT / AT / MT Jenis Penggerak | 1.5L Kapasitas Mesin |
Mitsubishi Xpander 2025 - 2026 ditawarkan dalam 7 varian - mulai Rp 258,20 Juta hingga Rp 312,90 Juta , varian entry levelnya yaitu Mitsubishi Xpander GLS MT 2023 Rp 258,20 Juta dan varian tertingi Mitsubishi Xpander yaitu Mitsubishi Xpander Ultimate CVT 2023 ditawarkan dengan harga Rp 312,90 Juta.
Mitsubishi Xpander 2025 memiliki 354 gambar dan foto, termasuk 191 gambar & foto interior, 144 gambar & foto eksterior, 19 gambar & foto mesin Mitsubishi Xpander dan lain-lain. Cek tampilan depan, tampilan belakang, tampilan samping dan tampilan atas Mitsubishi Xpander 2025 baru di sini.
Bisa dibilang sebagai ‘Giant Killer’, kehadiran Mitsubishi Xpander langsung berdampak pada penjualan MPV kompak yang sebelumnya hanya dikuasai Toyota Avanza. Dengan berbagai varian yang ditawarkan, harga Mitsubishi Xpander 2020 dimulai dari Rp217 jutaan untuk Mitsubishi Xpander GLX M/T yang menjadi varian entry level. Banderolnya meningkat menjadi Rp275 jutaan untuk Mitsubishi Xpander Utimate A/T.
Mitsubishi Xpander mendapatkan persaingan sengit di pasar MPV kompak Tanah Air. Diproduksi oleh Mitsubishi di Indonesia dan diekspor ke negara tetangga, Mitsubishi Xpander berada di kategori MPV Segmen C dengan kabin yang lapang dan fitur yang cukup lengkap. Dengan berbagai varian yang ditawarkan, Mitsubishi Xpander hanya mengandalkan mesin 4A91 1.5L MIVEC 4-silinder sejak generasi pertama dipasarkan 17 Juli 2017.
Persaingan pasar LMPV makin seru dengan hadirnya Mitsubishi Xpander yang diperkenalkan pada 24 Juli 2017, dan langsung memberi dimensi lain pada segmen mobil sejuta umat ini.
Berbekal model yang sangat futuristik, Mitsubishi Xpander langsung diterima pasar dan laku keras. Bagaimana tidak, tercatat pada 2019, penjualan mobil ini sudah menyentuh angka 100.000 unit.
Saat ini, Mitsubishi Xpander Hadir dalam lima varian; yakni Mitsubishi Xpander GLX (M/T Only), Mitsubishi Xpander GLS, Mitsubishi Xpander Exceed, Mitsubishi Xpander Sport, dan Mitsubishi Xpander Ultimate (A/T Only). Untuk lebih jelasnya, simak tabel harganya di bawah ini.
Daftar Harga Mitsubishi Xpander | ||
---|---|---|
Harga Mitsubishi Xpander GLX M/T | Rp 215.800.000 | |
Harga Mitsubishi Xpander GLS M/T | Rp 232.300.000 | |
Harga Mitsubishi Xpander GLS A/T | Rp 243.300.000 | |
Harga Mitsubishi Xpander EXCEED M/T | Rp 240.800.000 | |
Harga Mitsubishi Xpander EXCEED A/T | Rp 251.200.000 | |
Harga Mitsubishi Xpander SPORT M/T | Rp 258.400.000 | |
Harga Mitsubishi Xpander SPORT A/T | Rp 268.400.000 | |
Harga Mitsubishi Xpander ULTIMATE A/T | Rp 272.100.000 |
Mesin Mitsubishi Xpander | ||
---|---|---|
Tipe Mesin | 4A91, MIVEC, DOHC 16 Valve | |
Kapasitas Silinder | 1.499 cc | |
Tenaga Maksimum | 103 HP @ 6.000 rpm | |
Torsi Maksimum | 141 Nm @ 4.000 rpm | |
Akselerasi 0-100 km/jam | 13,4 detik | |
Konsumsi Bahan Bakar | 12 km/l (dalam kota), 20,2 km/l (luar kota) | |
Transmisi | Otomatis 4-Percepatan & Manual 5-Percepatan | |
Sistem Penggerek | Front-wheel-drive |
Dimensi Mitsubishi Xpander | ||
---|---|---|
P x L x T | 4.475 mm X 1.750 mm X 1.700 mm | |
Wheelbase | 2.775 mm | |
Ground Clearence | 205 mm | |
Radius Putar | 5,2 m |
Kaki-Kaki dan Suspensi Mitsubishi Xpander | ||
---|---|---|
Suspensi Depan/Belakang | MacPherson Strut with Coil Spring & Torsion Beam | |
Pelek | Two-tone Alloy 16 inch | |
Rem Depan/Belakang | Disc Brake & Drum Brake | |
Ukuran Ban | 205/55 R16 |
Mitsubishi Xpander pertama kali diperkenalkan satu tahun sebelumnya lewat XM Concept yang dipamerkan di GIIAS 2016. Versi produksinya debut di GIIAS 2017, dan resmi dijual pada 3 Oktober 2017.
Tidak hanya di Indonesia,Mitsubishi Xpander juga hadir di Filipina, Thailand, Vietnam, Myanmar, Brunei, sampi negara Amerika selatan seperti Bolivia dan Peru.
Sebagai rekanan satu aliansi, Nissan rebadge Mitsubishi Xpander menjadi Livina generasi kedua yang debut pada bulan Februari 2019.
Selain LMPV, Mitsubishi Xpander juga dijual dengan format LSUV, yang diperkenalkan pertengahan 2019 dengan nama Mitsubishi Xpander Cross.
Dan untuk merayakan 100.000 unit yang telah terjual, Mitsubishi Xpander hadirkan varian Limited Edition yang berbasis dari trim Ultimate dengan tambahan bodykit. Mobil ini hanya dijual 1.000 unit, dan diperkenalkan di GIIAS 2019.
Mitsubishi Xpander mendapatkan facelift pada awal 2020. Kita mulai dari depan, secara keseluruhan tampilan Mitsubishi Xpander terlihat sangat keren dan futuristis berkat desain Dynamic Shield, yang menjadi identitas line-up terbaru Mitsubishi.
Di bagian atas, kita akan menemukan lampu DRL (Daytime Running Lights) teknologi LED hadir dengan desain menyipit, dan menyatu ke upper grille dengan finishing chrome dan piano black yang memberikan kesan elegan namun tangguh.
Turun sedikit ke bagian tengah, kita akan menemukan lampu utama yang kini sudah mengadopsi teknologi LED. Lampu teknologi ini menghasilkan penerangan lebih baik ketika mengemudi, khususnya di malam hari, daya yang dibutuhkan juga tidak sebesar lampu Halogen.
Di bagian bawah, desain bumper bawahnya terlihat sangat tegas yang merupakan karakteristik desain Dynamic Shield. Kesan macho khas SUV hadir dengan hadirnya guardrail, yang menjadi tempat peletakan foglamp.
Beralih ke samping, kesan macho dihadirkan dengan sedikit lekukan overfender, dan garis tegas yang membentang dari pintu depan menuju lampu mobil, dan dari bumper depan ke bumper belakang. Kesan dinamis semakin ditonjolkan dengan penggunaan pelek 16 inci dual-tone, yang disegarkan untuk model tahun 2020.
Pindah ke belakang, kita masih merasakan aura Dynamic Shield di bagian buritan mobil, yang membuatnya tampak keren dan agresif. Desain lampu belakang tampak seperti huruf L, dan juga hadir dengan teknologi LED. Dan pada akhirnya, desain bumper belakang dengan reflektor dan rear guardrail tampak semacho SUV.
Interior Mitsubishi Xpander
Setelah puas membahas eksterior Mitsubishi Xpander yang sangat impresif, kita beralih ke bagian interior. Berbeda dengan tampilan luar yang sangat agresif dan macho, kabin mobil justru terasa lebih tenang.
Hal ini dikarenakan konsep interior dual-tone, yang mana bagian atas didominasi warna hitam dengan bagian bawah diberi sentuhan beige, dengan sedikit aksen kayu di dashboard. Khusus untuk Mitsubishi Xpander sport, Anda akan menemukan kabin serba hitam.
Desain dashboardnya sendiri terlihat cukup elegan, di mana bagian tengahnya menjadi rumah dari head unit berukuran 7 inci yang sudah mendukung konektivitas smartphone seperti integrasi Apple CarPlay dan Android Auto.
Soal keluaran suaranya juga sudah sangat baik, apalagi dengan enam speaker yang terdiri dari dua tweeter dan empat speaker menjanjikan pengalaman mendengarkan musik yang cukup impresif. Belum lagi hadir pengaturan equalizer yang bisa mengatur keluaran suara sesuai dengan selera kuping Anda.
Di bawahnya, Anda akan menemukan dua buah lubang AC dengan lampu hazard di tengah. Sayang, pengontrol AC Mitsubishi Xpander masih model konvensional, belum digital seperti pesaingnya.
Beralih ke kokpit, Anda akan lebih mudah mendapat posisi mengemudi ideal dengan pengaturan setir tilt dan telescopic.
Di balik setir kita bisa melihat speedometer dan tachometer model analog, yang dipadukan dengan MID digital yang mampu menampilkan berbagai macam info mulai dari konsumsi bbm, trip a-b, dan lainnya.
Dengan panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.750 mm, Mitsubishi Xpander memiliki dimensi paling besar di kelasnya. Hal ini langsung berdampak pada ruang kabin yang sangat luas, yang dapat memberi ruang yang cukup lega untuk 7 orang dewasa.
Luasnya kabin Mitsubushi Xpander juga memberi keleluasaan lebih untuk penghuni baris kedua yang dapat mengatur posisi duduknya dengan fitur sliding dan reclining, dan jika kursi tengah baris kedua tidak dipakai, Anda bisa menurunkan arm rest untuk kenyamanan dalam perjalanan jauh.
Soal kepraktisan, Mitsubishi Xpander juga boleh berbangga hati dengan total 18 slot penyimpanan di ketiga baris mobil. Mulai dari glove box, side pocket, sampai tempat penyimpanan di bawah kursi dan bagasi. Hadir juga tiga buah power socket yang terbagi di tiap baris kursi, memudahkan Anda untuk mengisi daya gadget di manapun Anda duduk.
Mitsubushi Xpander memiliki fitur RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) dan HSA (Hill Start Assist) yang meSelain punya desain body yang sangat keren, Mitsubishi Xpander juga dirancang dengan keamanan sebagai fokus. Mitsubishi mengadopsi teknologi Reinforced Impact Safety Evolution (RISE), konstruksi rangka yang sudah jadi standar di line-up Mitsubishi kekinian.
Untuk fitur keamanan pasif, dual-SRS Airbag sudah menjadi standar di seluruh varian, begitu juga dengan sabuk pengaman tiga titik yang mengakomodir ketujuh penumpang.
Soal fitur keamanan aktif, Mitsubishi Xpander menyematkan Anti-lock Braking System (ABS) sebagai standar di semua fitur, begitu juga dengan Emergency Stop Signal System (ESS), yang secara otomatis menyalakan lampu hazard ketika mengerem dalam kondisi darurat.
Khusus Mitsubishi Xpander Sport dan Ultimate, ABS yang hadir juga sudah dilengkapi Brake Assist (BA), hadir juga fitur bantuan mengemudi lainnya seperti Hill Start Assist (HSA) dan Active Stability Control (ASC).
Mitsubishi Xpander menggunakan mesin inline-4 berkapasitas 1.499 cc dengan kode 4A91 dengan teknologi pengaturan katup variabel MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing and lift Electronic Control). Tenaga yang dihasilkan berkisar 103 HP yang didapat di 6.000 rpm, dengan torsi maksimal 141 Nm yang didapat di 4.000 rpm.
MIVEC sendiri merupakan teknologi yang dikembangkan Mitsubishi untuk menghasilkan tenaga optimum di berbagai kondisi jalan, baik itu perkotaan yang identik dengan kemacetan ataupun jalan tol. Alhasil, performa dan konsumsi BBM dapat dioptimalkan di saat bersamaan.
Sebagai catatan, mesin ini hadir dalam dua pilihan transmisi. Otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan.
Dalam tes ini, kita akan membahas bagaimana performa dan handling Mitsubishi Xpander transmisi otomatis. Secara akselerasi, mobil ini biasa saja, dari 0-100 km/jam menghabiskan waktu 13,8 detik.
Namun, hal tersebut terobati dengan tenaga yang cukup responsif sejak putaran bawah, dengan perpindahan gigi yang terasa lembut, tidak ada yang namanya hentakan khas mobil otomatis terjadi di sini.
Secara handling, Mitsubishi Xpander pun cukup impresif berbekal sistem kemudi Electronic Power Steering (EPS), yang membuat setir terasa ringan namun dengan feedback yang oke.
Sementara itu, pemilihan suspensi MacPherson Strut with Coil Spring & Torsion Beam yang digunakan oleh Mitsubushi Xpander sepertinya disetting lebih soft, hasilnya kabin mobil masih terasa sangat nyaman ketika melintasi jalan yang tidak begitu ideal, bahkan dengan muatan enam orang di dalam mobil.
Konsumsi bahan bakar Mitsubishi Xpander juga termasuk efisien, kami mencoba di jalanan perkotaan dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam, hasilnya 12 km/l tercatat di MID.
Sedangkan untuk perjalanan luar kota dengan kecepatan konstan 80 km/jam, konsumsi bensin bahkan mampu menyentuh 19,8 km/l. Angka yang sangat impresif untuk sebuah LMPV.
Mitsubishi Xpander hadir sebagai game changer dalam persaingan LMPV. Hadir dengan desain yang sangat futuristik dan out-of the box, dipadukan kemewahan interior dan powertrain yang cukup mumpuni, rasanya mobil ini bisa dilirik jika Anda mencari sebuah LMPV baru.
Bukan itu saja, Mitsubishi Xpander juga sudah menggunakan teknologi MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve-timing Electronic Control). Teknologi tersebut efektif membuat mesin mobil menghasilkan tenaga yang lebih besar, tetapi dengan masih menekan konsumsi bahan bakar. Dengan demikian, Mitsubishi Xpander ini bisa lebih hemat konsumsi bahan bakar dan lebih ramah lingkungan.
Konsumsi bahan bakar Mitsubishi Xpander 2025 baru di Indonesia adalah 8.33 liter per 100 km,danpabrikan mengklaim konsumsi bahan bakar Mitsubishi Xpander GLS MT 2023 adalah 8.33 liter per 100 km, pabrikan mengklaim konsumsi bahan bakar Mitsubishi Xpander GLS CVT 2023 adalah 8.33 liter per 100 km, pabrikan mengklaim konsumsi bahan bakar Mitsubishi Xpander Exceed MT 2023 adalah 8.33 liter per 100 km, pabrikan mengklaim konsumsi bahan bakar Mitsubishi Xpander Exceed CVT 2023 adalah 8.33 liter per 100 km, pabrikan mengklaim konsumsi bahan bakar Mitsubishi Xpander Sport MT 2023 adalah 8.33 liter per 100 km, pabrikan mengklaim konsumsi bahan bakar Mitsubishi Xpander Sport CVT 2023 adalah 8.33 liter per 100 km, danpabrikan mengklaim konsumsi bahan bakar Mitsubishi Xpander Ultimate CVT 2023 adalah 8.33 liter per 100 km.
Jenis Bahan Bakar | Transmisi | Konsumsi BBM |
---|---|---|
Petrol(1499cc) | AT | 8.33 L/100km |
Petrol(1499cc) | CVT | 8.33 L/100km |
Petrol(1499cc) | MT | 8.33 L/100km |
Tidak, Mitsubishi Xpander tidak tersedia di Anti-lock Braking System (ABS).
Tidak, Mitsubishi Xpander tidak tersedia di Vehicle Stability Control (VSC).
Berikut adalah Roof Rack dan varian Mitsubishi Xpander:
Varian | Mitsubishi Xpander Cross 2020 MT | Mitsubishi Xpander Cross 2020 AT | Mitsubishi Xpander Cross 2020 Premium Package AT | Mitsubishi Xpander GLX M/T | Mitsubishi Xpander Cross MT | Mitsubishi Xpander Cross AT | Mitsubishi Xpander Cross Premium Package AT | Mitsubishi Xpander Limited Limited A/T | Mitsubishi Xpander GLS M/T | Mitsubishi Xpander Exceed M/T | Mitsubishi Xpander GLS A/T | Mitsubishi Xpander Exceed A/T | Mitsubishi Xpander Sport M/T | Mitsubishi Xpander Sport A/T | Mitsubishi Xpander Ultimate A/T |
Roof Rack | N | N | N | N | N | N | N | N | N | N | N | N | N | N | N |