Tak banyak pikap dengan tenaga besar namun tetap menawarkan kemewahan dengan harga yang terjangkau. Toyota Hilux adalah salah satunya. Toyota Hilux terbaru memiliki dua pilihan model, yaitu kabin tunggal dengan kabin ganda. Harga Toyota Hilux baru untuk model kabin tunggal Toyota Hilux 4x2 M/T dimulai dari Rp283 jutaan. Sedang Toyota Hilux 2.4V (4x4) A/T berbodi kabin ganda merupakan varian tertinggi yang bisa didapatkan dengan harga Rp532,7 jutaan.
Generasi Toyota Hilux terbaru selaku pikap menengah meluncur di Indonesia pada 2 Oktober 2017 dengan desain yang lebih mewah. Pikap Segmen D Toyota Hilux merupakan satu diantara mobil Toyota yang diproduksi di pabrik Toyota di Thailand dan diimpor ke Indonesia. Ada berbagai versi mesin yang digunakan, seperti mesin bensin 1TR-FE 2.0L 4-silinder serta 2GD-FTV 2.4L 4-silinder dan 2KD-FTV 2.5T 4-silinder bahan bakar diesel.
Toyota Hilux terbaru merupakan truk pick-up yang awalnya dirancang secara spesifik untuk pasar Amerika Serikat. Namun seiring berjalannya waktu, banyak permintaan dari konsumen membuat mobil ini hadir di berbagai negara. Toyota Hilux baru memiliki reputasi yang cukup besar karena dia kokoh, praktis dan dibekali dengan mesin yang kuat. Beberapa hal ini merupakan elemen penting truk pick-up.
Toyota Hilux terbaru sangat dipercaya sebagai unit terbaik untuk digunakan di medan berat. Kondisi jalan berlubang atau berlumpur, Toyota Hilux tetap oke dalam beroperasional. Dilengkapi dengan mesin yang memiliki tenaga berlimpah, mobil ini tentu akan memberikan kepuasan bagi pengendara. Tentunya mobil ini juga dilengkapi dengan desain elegan serta fitur yang tak kalah canggih.
Pada tahun 1968 generasi pertama dari Toyota Hilux sudah diluncurkan. Peluncuran pertama ini mendapat sambutan yang baik dari para konsumen. Hingga saat ini, Toyota Hilux sudah mencapai pada generasi ke delapan yang dikembangkan oleh Toyota guna untuk menyiapkan varian Pick-Up yang multifungsi.
Sepanjang tahun lalu kemarin, Toyota Hilux baru menjadi model terlaris dengan penjualan 3.404 unit. Namun, pada bulan Juni terakhir ini dimana pasar mulai melambat, penjualan Toyota Hilux pada skala nasional terdapat pada angka 1.695 unit. Begitu juga dengan penjualan di luar negeri, kondisi pasar produk masih sangat lesu.
Daftar Harga Toyota Hilux D-Cab Terbaru
Di segmen awal ini, akan dibahas lebih lanjut soal daftar harga Toyota Hilux D-Cab terbaru yang dijual di Indonesia.
Varian | Harga |
---|---|
Double Cab 2.4 L E 4x4 MT Diesel | Rp448,6 juta |
Double Cab 2.4 L G 4x4 MT Diesel | Rp481,8 juta |
Double Cab 2.4 L V 4x4 AT Diesel | Rp532,75 juta |
Spesifikasi Toyota Hilux D Cab Terbaru :
Untuk lebih tahu spesifikasi detail di tiap tipenya, akan dibahas lebih lanjut tentang spesifikasi Toyota Hilux D-Cab terbaru.
Kategori Toyota Hilux D Cab 2015 | |||||
---|---|---|---|---|---|
Kategori | 2.4 L E 4x4 MT DIESEL | 2.4 L G 4x4 MT DIESEL | 2.4 L V 4x4 AT DIESEL |
Mesin Toyota Hilux D Cab 2015 | |||||
---|---|---|---|---|---|
Tipe Mesin | 2GD-FTV, 4 Cylinders, In Line 16-Valve DOHC with VNT Intercooler | 2GD-FTV, 4 Cylinders, In Line 16-Valve DOHC with VNT Intercooler | 2GD-FTV, 4 Cylinders, In Line 16-Valve DOHC with VNT Intercooler | ||
Kapasitas Silinder | 2.393 cc | 2.393 cc | 2.393 cc | ||
Tenaga Maksimal | 149,6 PS @ 3.400 Rpm | 149,6 PS @ 3.400 Rpm | 149,6 PS @ 3.400 Rpm | ||
Torsi Maksimal | 40,8 Kg.m @ 1.400 - 2.000 Rpm | 40,8 Kg.m @ 1.400 - 2.000 Rpm | 40,8 Kg.m @ 1.400 - 2.000 Rpm | ||
Sistem Penggerak | Fuel Injection w/ Common Rail | Fuel Injection w/ Common Rail | Fuel Injection w/ Common Rail | ||
Bahan Bakar | Diesel | Diesel | Diesel |
Dimensi Toyota Hilux D Cab2015 | |||||
---|---|---|---|---|---|
PxLxT | 5.285 mm x 1.855 mm x 1,815 mm | 5.330 mm x 1.855 mm x 1.815 mm | 5.330 mm x 1.855 mm x 1.815 mm | ||
Wheelbase | 3.085 mm | 3.085 mm | 3.085 mm | ||
Ground Clearance | 279 mm | 279 mm | 279 mm | ||
Kapasitas Tangki | 80 L | 80 L | 80 L |
Kaki-Kaki dan Suspensi Toyota Hilux D Cab 2015 | |||||
---|---|---|---|---|---|
Suspensi Depan/Belakang | Double Wishbone/ Leaf Spring Rigid Axle | Double Wishbone/ Leaf Spring Rigid Axle | Double Wishbone/ Leaf Spring Rigid Axle | ||
Rem Depan/Belakang | 16/Leading Trailing Drum | 16/Leading Trailing Drum | 16 Ventilated Disc/Leading Trailing Drum | ||
Pelek/Ukuran Ban | 265/65 R17 Steel | 265/65 R17 Steel Alloy | 265/65 R17 Steel Alloy |
Sejarah Toyota Hilux
Mobil pick-up legendaris ini diluncurkan pertama kali pada tahun 1968 sekaligus sebagai generasi pertama Toyota Hilux luncuran Toyota. Sampai saat ini, Toyota Hilux sudah memiliki 8 generasi. Perkembangan di setiap generasinya pun sudah dirancang sangat bagus demi meluncurkan pick-up yang multiguna.
Generasi Ke-1 Toyota Hilux (1968-1972)
Toyota Hilux D-Cab generasi pertama diberi kode RN10-D. Dari perspektif dimensi, Toyota Hilux D-Cab generasi pertama memiliki panjang 4.215 mm, lebar 1.580 mm, tinggi 1.570 mm dan Wheelbase 2.540 mm. Sedangkan untuk mesin, dibekali dengan mesin 4-silinder OHV dengan kode 2R yang memiliki kapasitas 1.490 cc bertenaga 70 Dk/5.000 rpm.
Generasi Ke-2 Toyota Hilux (1972-1978)
Pada generasi kedua ini ada tiga model yang ditawarkan, yaitu Deluxe (RN20-JD), Long Body Deluxe (RN25-JD), dan Highway (RN22-JD). Mobil ini dibekali dengan mesin berkode 12R dengan konfigurasi 4 silinder OHV 1.587 cc (RN20 dan RN25) dan 4-silinder berkode 18R 1.968 cc (RN22). Selain itu, Toyota Hilux D-Cab pada tipe Highway dilengkapi dengan transmisi yang tersedia 4-Speed manual dan 3-Speed otomatis.
Generasi Ke-3 Toyota Hilux (1978-1983)
Generasi ini merupakan pertama kalinya memperkenalkan versi 4x4 tepatnya pada Oktober 1979. RN30 merupakan kode untuk Toyota Hilux generasi ketiga. Spesifikasi disediakan untuk mobil penumpang, tipe ini jadi lebih nyaman dikendarai. Perubahannya ada pada suspensi belakang yang kini memakai torsion bar.
Generasi Ke-4 Toyota Hilux (1983-1988)
Toyota Hilux generasi 4 memiliki kode RN45. Perkembangannya banyak pada interior dan eksteriornya. Ada beberapa pilihan mesin yang disediakan, antara lain 1.600 cc (12R-J), 1.800 cc (2Y), diesel 2.200 cc (L) dan 2.400 cc (2L). Tepat pada 1984 Toyota luncurkan Hilux Surf atau Toyota 4Runner. Hilux Surf merupakan versi Station Wagon dari Toyota Hilux 4x4, saat ini disebut sebagai SUV.
Generasi Ke-5 Toyota Hilux (1988-1997)
Generasi kelima diberi kode berbeda dengan generasi sebelumnya, yaitu kode bodi VN105/LN106/YN100. Pengembangannya berfokus menjadikan Toyota Hilux sebagai kendaraan Recreational Vehicle (RV). Hilux D-Cab generasi kelima pada bagian mesin menggunakan mesin bensin 1.800 cc (2Y) dan diesel 2.400 cc (2L). Untuk versi 4WD menggunakan mesin bensin 2.000 cc (3Y) dan diesel 2.800 cc.
Generasi Ke-6 Toyota Hilux (1997-2004)
Pada generasi ini lebih ditawarkan untuk bisnis dan personal. Kode bodi untuk generasi keenam adalah RZN147/LN147/LN167. Mesin pada generasi keenam tersedia dalam pilihan 2WD dan 4WD serta 3 pilihan mesin (Bensin: 2.000 cc dan 2.700 cc; Diesel: 2.400 cc dan 3.000 cc).
Generasi Ke-7 Toyota Hilux (2004-2015)
Pada generasi ketujuh Toyota Hilux sudah menjadi bagian dari proyek IMV (International Multi-purpose Vehicle). IMV sendiri merupakan sebuah platform global yang melahirkan 5 jenis mobil, yaitu 3 model pick-up (Toyota Hilux), 1 MPV (Toyota Kijang Innova), dan 1 SUV (Toyota Fortuner). Generasi Toyota Hilux ketujuh merupakan pertama kalinya produksi tidak dilakukan di Jepang dan merupakan generasi pertama Toyota Hilux yang dijual resmi oleh PT Toyota Astra Motor di Indonesia.
Generasi Ke-8 Toyota Hilux (2015-Saat ini)
Pada tahun 2015 di Thailand, generasi terakhir ini diluncurkan. Mobil ini dilengkapi mesin diesel 2.755 cc (1GD). Generasi terbaru dari Hilux D-Cab inilah yang akan kita review disini.