Sangarnya Modifikasi Toyota Hilux Full Carbon, Diklaim Jadi Lebih Ringan dan Kuat
Herdi · 6 Okt, 2024 12:01
0
0
Melihat mobil supercar dengan body menggunakan serat karbon (carbon fiber) jadi hal biasa, namun di ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2024 hadir sebuah modifikasi Toyota Hilux full carbon.
Ya, tampilan Hilux full carbon buatan Jogja ini membuat mobil double cabin tersebut jadi sangat berbeda, karena seluruh body mulai dari bagian depan hingga belakang yang awalnya bermaterial logam baja dilepas, dan diganti serat karbon.
Menariknya, tampilan mobil ini juga sesuai dengan tema acara IMX 2024 Road to the World, karena wujudnya memang keren, dimana tidak hanya menghiasai desain eksterior, tapi juga bagian interior hingga mesin sudah di upgrade.
Usut punya usut, modifikasi Toyota Hilux full carbon ini dirombak oleh SeaTeam 59 X MCI Carbon by Karyatama Garage ini membuat wujud asli mobil yang kerap dipakai dipertamabangan dan perkebunan jadi lebih sangar.
Menurut Marketing Creative MCI Carbon, Pangga, tampilan Hilux full carbon ini sudah diubah karena sebagai contoh untuk siap beradu cepat diajang drag race.
"Untuk pembuatan semua kita ganti dengan serat karbon, mulai dari bamper, kap mesin, pintu, hingga bak belakang, menyisakan bagian dek lantai, engine dan sasis,” ungkap Pangga kepada Autofun di IMX 2024.
Pangga percaya penggunaan serat karbon jadi lebih ringan, karena per bagiannya bisa lebih enteng 20 persen sampai 40 persen.
Untuk pengerjaannya memang cukup rumit hingga 2-3 bulan, karena semua bagian material yang berbahan logam diganti dengan serat karbon.
Dia juga menuturkan, yang membuat serat karbon jadi lama pengerjaannya biasanya karenakan beberapa bagian harus custom, agar sesuai dengan keinginan konsumen.
"Karena kita membuatnya dari desain, molding, sampai cetak full carbon sendiri, sehingga kalau custom bisa 1-2 bulan, kalau memang stok masih ada bisa langsung, tapi untuk PO bisa 7-14 hari,” ujarnya.
Material karbon memang tidak sama dengan logam, hal inilah yang membuat pemasangan panel-panel karbon menjadi rumit. Hal ini juga disampaikan langsung Project Leader Andre Riski Gunawan.
"Tantangan dari mobil ini adalah pelepasan semua body panel yang ada di kabin membutuhkan waktu yang sangat lama, dan mempersatukannya lagi (dengan part sudah karbon) juga lama," ujar Andre.
Beberapa bagian yang diubah pada mobil Toyota Hilux Carbon garapan MCI Carbon yaitu, Engine Hood, Bumper, Fender, Passenger Door, Cartub, Pilar, Truk Door, X Bar dari Interior dan juga PPF.
Pada bagian interior, mobil ini lebih beraura mobil balap, karena sejumlah sektornya diganti, termasuk sudah menggunakan roll bar pada kabin.
Selain itu, beberapa penambahan part pada kabin diantaranya Bracket Defi A1 Iron Bar, Speedometer (by SPD), Iron bar grip handlebar Titanium, MS Shift Knob Titanium, AIM Race Dash, NRG Quick Release+Boss Kit, dan beberapa aksen lainnya seperti doortrim dan konsol tengah sudah menggunakan serat karbon.
Masuk ke bagian jantun pacu, karena akan digunakan untuk balapan drag race, maka beberapa bagian mesin yang ada di depan ikut diubah, beberapa bagiannya seperti berikut:
Wire Tuck
MS Power Steering Tank
MS Break Fluid Tank
MS Coolant Water Tank
MS EGR Block Plat
MS Oil Cap Engine
MS Cover Engine Head Titanium Bolt
Turbo Holset 08H
Turbo Greddy F55
MS Pully Vigo
Deep Stick
MS Intake Manifold 2KD
MS Paiping Set Titanium
MS Surge Tank + Rotax
MS Biled Cover Engine Head
AN Radiator Hose
FLEX Silicon House Prodrag
Radiator Aluminium
Small Intercooler
Kondensor Clamp House
Iron Bar Nos Bracket 2 Tabung
WMI +Bracket CNC
AN Fitting Full Set
Bracket Accu CNC
Electric Water Pump
Namun sayang, tidak disebutkan berapa tenaga maupun torsi setelah selesai dirombak seperti sekarang.
Akan tetapi, untuk memberikan ayunan yang lebih enak, beberapa bagian pada kaki-kaki juga diubah, mulai dari Velg D2 Thailand, dibalut ban Landsail berukuran 295/60.
Lalu mobil ini juga menggunakan air suspension ART Thailand, dan ditambah sistem pengereman Calipers BBK Brembo 4 Port+1 Port Handbrake.
Lantas berapa harga untuk membuat Hilux Full carbon ini? "Sekitar Rp500 jutaan," ucap Andre.
Harga Part Carbon
Perlu diketahui, MCI Carbon ini juga memiliki sejumlah produk serat karbon yang siap memanjakan bagi para pecinta otomotif, mulai dari engine hood, trunk door, rear door, spoiler, cover side mirror, interior, dan sebagainya.
Untuk harga yang ditawarkan, MCI Carbon dibedakan dari dua tipe, yaitu Skinning Carbon dan Vacuum Infusion.
Untuk Skinning Carbon, biasanya part yang tergolong kecil yang dibanderol mulai dari Rp1,8 jutaan. Sedangkan Vacuum Infusion yang partnya lebih besar dijual mulai dari Rp5 jutaan
Sedangkan untuk Hood Carbon dengan desain dan bentuk standar harganya bisa di atas Rp5 jutaan.
Kenapa Serat Karbon Jadi Kuat
Jika Anda merasa baja, besi atau material logam terasa kuat, maka itu tidak ada yang salah. Hanya saja, material serat karbon juga memiliki kekuatan dan juga ringan.
Lantas mengapa serat karbon bisa sangat kuat? Menurut Karyatama Carbon, serat karbon memiliki struktur kristal mikroskopis yang unik. Sebagian besar terdiri dari atom karbon yang terikat bersama dalam kristal mikroskopis yang sejajar secara linier dan sejajar dengan sumbu panjang serat.
Satu helai serat karbon bisa lebih tipis dari rambut manusia. Sebagai gambaran, satu helai serat karbon berdiameter 0,005-0,010 mm.
Meski sangat tipis, tapi saat ribuan serat karbon dipilin menjadi seperti benang, kemudian dijalin membentuk kain, serat karbon memiliki kekuatan yang luar biasa. Bentuk serat yang tipis tersebut juga membuatnya sangat ringan, tapi tetap kaku.
Serat karbon menjadi material penguat (reinforcement) pada teknologi komposit. Serat ini bisa dikombinasikan dengan hampir semua jenis matriks, seperti resin, plastik, semen, logam, dan sebagainya.
Untuk mendapat sifat mekanik yang sangat baik, serat karbon bisa dikombinasikan dengan resin sebagai matriksnya. Bahkan, sifat mekaniknya lebih unggul dibanding dengan bahan logam atau komposit serat lainnya
Keunggulan Menggunakan Serat karbon
Penggunaan serat karbon memang saat ini banyak diterapkan pada mobil-mobil modifikasi. Bahkan menurut sejumlah sumber, serat karbon dianggap lebih kuat dari baja, namun beratnya justru lebih ringan dibandingkan alumunium.
Maka nggak heran, dengan struktur yang seperti itu, serat karbon lebih banyak dipakai untuk pesawat hingga kapal.
Menurut MCI Carbon, ada sejumlah keunggulan dari penggunaan material ini yaitu:
Memiliki kekakuan yang tinggi
Memiliki kekuatan luar biasa, termasuk daya tahan tarikan yang tinggi
Beratnya sangat ringan dibanding serat lain
Memiliki ketahanan kimia yang tinggi
Ekspansi termal yang rendah daripada bahan baja dan alumunium
Tahan korosi dan cuaca ekstrem
Toleran terhadap suhu tinggi
Tahan radiasi, bahkan tidak terlihat pada sinar X
Manfaat serat karbon inilah yang semakin banyak diterapkan di otomotif, khususnya di dunia motorsport atau balapan, dan juga modifikasi. Pasalnya, dengan bobot yang ringan, maka hal tersebut bisa mengurangi gesekan, meningkatkan kecepatan, dan mengurangi konsumsi bahan bakar.
Mengawali karir sebagai jurnalis sejak tahun 2011 di salah satu media massa Nasional Tanah Air. Memiliki ketertarikan untuk membahas bidang otomotif, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk.