Street Model | 155.1 cc Kapasitas | - hp Tenaga Maksimal | Listrik Opsi start |
Model | Street |
Kapasitas | 155.1 cc |
Tenaga Maksimal | - hp |
Opsi start | Listrik |
Panel Instrumen | Y |
ABS | N |
Headlamp sudah menggunakan lampu LED
Menggunakan jenis kerangka yang sama yaitu Deltabox Frame yang tampil kokoh dan kuat menjadikan motor
Yamaha vixion R terbaru ini akan lebih stabil ketika dikendarai
Speedometer yang sudah tampil dengan teknologi Full Digital lengkap dengan adanya shift timing light
Memiliki tampilan desain body tampak sporty dan kekar
Dilengkapi dengan sejumlah fitur baru
Kopling terasa ingan dan perpindahan gigi gigi juga cukup mudah
Irit bahan bakar
Harga belinya tergolong cukup tinggi dikelasnya
Perawatannya tergolong sulit
Tidak ada fitur anti-lock braking system (ABS)
Joknya cukup tinggi (795 mm). Bagi kalian yang memiliki postur badan 168 cm, tentu kaki tidak bisa menapak sempurna ke aspal
Bantingan suspensinya tidak terasa lembut terutama bagian belakang jika dipakai berkendara sendirian
Pertama, Yamaha Vixion adalah motor sport injeksi pertama yang dijual resmi di Indonesia. Kemudian teknologi mesin berkubikasi 150 cc miliknya, disokong empat buah katup dan andalkan pendingin cairan.
Hingga tahun 2021 ini, Yamaha Vixion masih jadi andalan Yamaha untuk segmen motor sport 150 cc. Terlebih mereka juga memiliki varian baru yakni Yamaha Vixion R 2021.
Yamaha Vixion R 2021 ibarat serigala berbulu domba. Penampilannya terlihat elegan, kalem dan juga sporty. Namun motor ini ibarat serigala kala melihat spesifikasi mesin yang digunakan.
Yup, sebuah jantung mekanis yang sama dengan milik Yamaha R15. Tampang lembutnya menipu mata karena ini adalah sebuah motor sport tulen dengan balitan baju berbeda.
Sosok Yamaha Vixion R sejatinya merupakan pengembangan dari generasi kelima Yamaha Vixion. Pihak PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, ingin memberikan sesuatu yang berbeda untuk konsumen lewat sosok Yamaha Vixion R ini.
Maka jika dilihat, memang tak ada beda fisik dari Yamaha Vixion tanpa R. Sosoknya terlihat elegan dan modern. Garis cover bodi samping sampai tangki bahan bakarnya yang seperti anak panah menjadi ciri khas.
Buritan yang menekuk manis dan tipis memanjakan mata. Tapi saat melihat emblem jelas ini adalah motor yang berbeda, terlebih melihat sektor kaki-kaki yang lebih gagah dengan lengan ayun alumunium serta pelek multi spoke.
Yamaha Vixion R 2021 dilepas dengan harga Rp 31,63 juta on the road Jakarta. Pilihan warnanya tak terlalu banyak, cukup dua saja yakni matter red dan matte grey.
Spesifikasi Yamaha Vixion R 2021 | ||
---|---|---|
Dimensi (PxLxT) | 1.990 x 725 x 1.135 mm | |
Sumbu Roda | 1.325 mm | |
Jarak Terendah | 155 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 815 mm | |
Berat Isi | 137 kg | |
Kapasitas Tangki | 11 liter | |
Tipe Rangka | Deltabox | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Monosok | |
Ban Depan | 100/80-17 | |
Ban Belakang | 140/70-17 | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Cakram |
Berbeda jauh dengan generasi sebelum 2021, Yamaha Vixion R yang masuk generasi kelima ini membawa desain yang lebih elegan dan nampak lembut. Bukan lagi dengan garis agresif dengan banyak lekuk tajam nan gagah.
Siluet bodi menekuk lembut dan nampak jinak, seperti seekor domba. Kesan modern ditonjolkan lewat penggunaan lampu depan yang sudah LED, dengan shape batok lampu yang keren.
Tangki bahan bakar tampak besar dengan shroud tangki serta cover bodi samping yang seolah menjadi satu kesatuan. Jangan lupakan rangka jenis deltabox yang ditonjolkan ikut memberi kesan kokoh.
Mengarah menuju buritan, bagian ini dibuat menekuk naik tanpa ada patahan garis bodi. Paduan cover bodi halus dan bodi kasar menghiasi buritan motor, dengan kawalan lampu belakang LED yang ramping.
Motor ini sudah memiliki panel instrumen digital yang identik dengan Yamaha R15 dengan beragam informasi lengkap, termasuk sapaan 'Hi Bro' saat kunci kontak diputar ke posisi ON. Jangan lupakan shift light untuk pengingat menaikkan gigi transmisi.
Kunci kontak masih mengandalkan pengaman magnet dan tak ada opsi dengan kunci keyless. Di area setang Anda akan menemukan switch untuk lampu hazard. Untuk lampu depan-belakang sudah LED, kecuali lampu sein masih andalkan bohlam.
Penampilan mewah dari Yamaha Vixion R justru berbanding terbalik saat melongok area kaki-kaki. Bagian ini secara gamblang menginformasikan kalau ini bukan Yamaha Vixion biasa.
Kinerja mesin optimal bisa dirasakan pengguna Yamaha Vixion R berkat mesin 155 cc, SOHC 4 katup VVA, pendingin cairan. Jantung mekanis ini mengandalan forged piston dan diasil cylinder yang lebih awet, kuat dan ringan.
Jantung pacu ini andalkan piston ukuran 58 mm dan langlah piston 58,7 mm. Karakter mesin ini square yang memiliki output tenaga dan torsi rata dari putaran rendah, tengah sampai tinggi.
Keluaran tenaganya diangka 19,3 PS @ 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm @ 8.500 rpm. Katup VVA (variable valve actuation) akan menjaga performa mesin tetap stabil disetiap putaran mesin.
Tidak ada pengurangan tenaga dan torsi mesin untuk Yamaha Vixion R dari Yamaha R15. Jangan lupakan juga paduan transmisi enam percepatan dan sematan Assist & Slipper Clutch yang memudahkan pengendara mengendalikan motor.
Atas dasar itulah kenapa kami menyebutkan Yamaha Vixion R ini serigala berbulu domba, karena dibalik sosoknya yang elegan terdapat performa luar biasa. Untuk penggunaan harian dan touring, tentu akan sangat menyenangkan.
Mesin Yamaha Vixion R 2021 | ||
---|---|---|
Mesin | 4-tak, SOHC 4 katup VVA, pendingin cairan | |
Jumlah Silinder | 1 | |
Kapasitas Mesin | 155,1 cc | |
Diameter x Langkah | 58 x 58,7 mm | |
Rasio Kompresi | 11,6 : 1 | |
Tenaga Maksimal | 19,3 PS @ 10.000 rpm | |
Torsi Maksimal | 14,7 Nm @ 8.500 rpm | |
Transmisi | Manual, 6 speed |
Pada bagian sistem pengeremannya, motor ini masih menggunakan dua buah rem cakram yang terpasang pada roda depan dan juga roda belakangnya yang otomatis membuat sistem pengereman motor ini semakin optimal. Sayangnya sampai saat ini belum tersedia fitur anti-lock braking system (ABS). Yamaha Vixion R juga menggunaka ban berukuran besar 90/80-17M/C 46P untuk ban depan dan 30/70-17M/C 62P untuk ban belakangnya yang membuat tampilan Vixion R semakin agresif. Dengan adanya ini kemampuan manuver Vixion R menjadi semakin maksimal dan mampu berakselerasi dengan lebih stabil.
Menawarkan performa mesin lebih baik dan responsif yang didukung sistem transmisi 6 percepatan dan dilengkapi berbagai fitur unggulan yang membuat performa motor ini menjadi semakin unggul dengan tampilan desain yang menggusung kesan aerodinamis dan agresif dan rangka yang kokoh, tidak ada salahnya motor ini menjadi pilihan alternatif bagi para konsumen untuk tampil beda.
Metallic Blue
Ya, Yamaha Vixion R dilengkapi Jenis Ban, varian yang dilengkapi adalah Yamaha Vixion R Standard.
Inilah Jenis Kopling yang dilengkapi di Yamaha Vixion R. varian yang memiliki adalan:
Varian | Yamaha Vixion R Standard |
Jenis Kopling | Wet, Multi-Plate |
Tidak, Yamaha Vixion R tidak tersedia Tachometer.