Teknologi VVA (Variable Valve Actuation) sudah menjadi hal yang disukai banyak konsumen Indonesia. Tenologi tersebut sudah diterapkan kebanyak model motor Yamaha, diantaranya Yamaha Vixion R 2022 dan Yamaha MT-15 2022.
Kedua motor sport itu juga dibekali dengan mesin yang identik, yang awalnya digunakan oleh Yamaha YZF-R15 V3. Spesifikasinya 155 cc, SOHC 4 katup, injeksi, pendingin cairan.
Dengan keluaran tenaga maksimal mencapai 19,3 PS pada putaran 10.000 rpm serta torsi hingga 14,7 Nm di 8.500 rpm, keduanya merupakan motor sport naked dengan performa terbaik saat ini.
Namun walau menggunakan mesin yang identik, nyatanya ada perbedaan harga yang cukup signifikan diantara keduanya. Yamaha Vixion R 2022 dilepas dengan nominal Rp 31,88 juta sementara Yamaha MT-15 2022 dilabeli harga Rp 37,445 juta on the road Jakarta.
Baca juga : Review Yamaha Vixion R 2021, Motor Sport Serigala Berbulu Domba
Beda nominal Rp 5 jutaan tentu sangat besar dan bisa mempengaruhi keputusan saat hendak membeli salah satunya. Tapi bukan hanya harga saja yang patut jadi pertimbangan, ada beberapa faktor lainnya berikut ini.
Dengan harga lebih tinggi pastilah Yamaha MT-15 punya kelengkapan yang lebih baik dari kompatriotnya. Paling jelas terlihat adalah suspensi depan upside down berbanding teleskopik milik Vixion R. Kesan gagahnya tentu berbeda.
Baca juga : Yamaha MT-15 2021 Tampil Lebih Agresif, Tegaskan Status Penguasa Sport Naked 150 cc?
Kemudian desain pelek yang digunakan juga berbeda. Yamaha MT-15 pakai desain dan ukuran lebar pelek yang sama dengan Yamaha MT-25 dan juga YZF-R25. Yamaha Vixion R harus puas dengan desain pelek multi spoke khas Yamaha YZF-R15.
Lalu sistem penerangan depan, meski keduanya sudah sama-sama pakai LED yang terang dan hemat energi. Yamaha MT-15 lebih unggul karena diberikan lensa projector yang membuat cahayanya lebih fokus.
Sisanya relatif sama, seperti panel meter full digital dengan informasi lengkap, rem cakram pada kedua roda tanpa adanya ABS, pakai ban tubeless, lengan ayun alumunium dengan suspensi monosok, lampu belakang LED serta Assist & Slipper Clutch.
Tampilan boleh gagah Yamaha MT-15 tapi soal kelincahan berkendara Yamaha Vixion R lebih unggul. Ini tak lepas dari dimensinya yang memang lebih ringkas, panjang 1.950 mm, lebar 720 mm dan tinggi 1.025 mm.
Coba bandingkan dengan Yamaha MT-15 yang memiliki ukuran panjang 1.965 mm, lebar 800 mm dan tinggi 1.065 mm. Bobot pun lebih ringan Vixion R dengan 131 kg berbanding 133 kg.
Baca juga : Pilihan Naked Bike Pakai Upside Down, All New Honda CB150R Streetfire 2021 Atau Yamaha MT-15 2021?
Selain bodinya yang ramping, Yamaha Vixion R 2022 juga punya sumbu roda yang lebih pendek. Perbandingannya 1.320 mm dan 1.335 mm, jarak sumbu roda ini sangat berpengaruh terhadap kelincahan bermanuver sepeda motor.
Keduanya sama-sama dibangun menggunakan rangka deltabox yang sudah jadi ciri khas motor sport rakitan Yamaha. Rangka ini selain kuat juga memberikan kesan kokoh pada penampilan motor secara keseluruhan.
Baca juga : Simak 5 Alasan Kenapa All New Honda CB150R Streetfire 2021 Layak Jadi Penghuni Garasi
Tentunya perkara penampilan ini ada kaitannya dengan selera kalian sebagai calon pemilik. Apakah menyukai penampilan yang elegan sporty ala Yamaha Vixion R atau justru agresif dari Yamaha MT-15.
Lekuk bodi Yamaha Vixion R nyaris tak ada beda dengan Yamaha Vixion reguler. Batok lampunya elegan dan berkesan mewah, lantas bentuk tangki bahan bakar terlihat dinamis dengan menyatu pada shroud, dan menyambung hingga bagian bawah jok pengendara seperti membentuk busur.
Bodi belakang dibuat ramping dengan pegangan atau behel yang menyatu dengan bodi. Buritan pun berisikan lampu tipis yang sudah LED, serta sepakbor sporty.
Baca juga : Cara Keren Lindungi Bodi Yamaha MT-15, Bisa Pakai Pelindung Karet Dari Hayaidesu
Sementara Yamaha MT-15 agresif dengan kesan padat pada bagian depan. Lekuk tangkinya besar dan tinggi, dengan shorud besar dengan kisi-kisi sebagai penangkap udara, meski itu hanyalah untuk gaya saja.
Kemudian bodi belakang terlihat pendek dan lebar. Enaknya meski berdesain agresif, Yamaha MT-15 menggunakan jok panjang yang menyatu dengan pembonceng, sehingga akan lebih nyaman untuk dipakai berboncengan.
Dengan mengandalkan mesin yang sama serta output mesin yang identik, nyatanya karakter keduanya bisa berbeda. Ini karena Yamaha memberikan ukuran final gear yang berbeda untuk keduanya.
Baca juga : Spesifikasi Lengkap Yamaha MT-15 2021, Naked Bike Paling Gagah Mantap Untuk Harian
Yamaha MT-15 yang namanya merupakan singkatan dari master of torque, diberikan final gear 14-52. Gear belakang yang lebih besar mampu membuat motor berakselerasi lebih ringan, dan torsi mesinnya lebih kuat terasa.
Karakter berbeda ditunjukkan oleh Yamaha Vixion R karena dibekali final gear lebih berat dengan ukuran 14-47. Otomatis untuk perjalanan jauh motor ini terasa lebih pas dan nafas mesin lebih panjang, sehingga top speed yang dicapai bisa tinggi.
Selisih Rp 5 jutaan, kedua motor sport ini mewakili karakter konsumen yang sangat berbeda. Yamaha Vixion R cocok untuk yang kalem dan berkendar santaia, Yamaha MT-15 yang agresif pas jika kalian adalah orang yang menyukai motor yang gahar.
Baca juga : Tawarkan Sensasi Moge, Seberapa Memuaskan Fitur Dari Honda CB150R Streetfire Terbaru?
Dengan bodi lebih ramping juga bobot lebih ringan, Yamaha Vixion R unggul dan memudahkan untuk digunakan sehari-hari bermanuver di jalanan kota yang padat. Tapi dengan final gear lebih ringan, Yamaha MT-15 lebih mudah untuk stop & go.
Soal kelengkapan wajar jika Yamaha MT-15 unggul karena beberapa fiturnya tak dimiliki saudara satu pabrikanya itu. Maka keputusan kembali pada kebutuhan dan keinginan kalian sebagai konsumen.
Data Spesifikasi | ||
---|---|---|
Yamaha MT-15 | Yamaha Vixion R | |
Dimensi | ||
P x L x T | 1965 X 800 X 1065 mm | 1950 X 720 X 1025 mm |
Sumbu Roda | 1335 mm | 1320 mm |
Jarak Terendah | 155 mm | 165 mm |
Tinggi Jok | 810 mm | 795 mm |
Berat Isi | 133 kg | 131 kg |
Kapasitas Tangki | 10,4 liter | 11 liter |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan | 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan |
Diameter x Langkah | 58 x 58,7 mm | 58 x 58,7 mm |
Perbandingan Kompresi | 11,6 : 1 | 11,6 : 1 |
Daya Maksimum | 19,2 PS /10000 rpm | 19,2 PS /10000 rpm |
Torsi Maksimum | 14.7 Nm/ 8500 rpm | 14.7 Nm/ 8500 rpm |
Rangka dan Kaki-kaki | ||
Tipe Rangka | Deltabox | Deltabox |
Suspensi Depan | Upside down | Teleskopik |
Suspensi Belakang | Link Monosok | Link Monosok |
Ban Depan | 110/70-17 | 90/80-17 |
Ban Belakang | 140/70-17 | 130/70-17 |
Rem Depan | Cakram | Cakram |
Rem Belakang | Cakram | Cakram |
Kelistrikan | ||
Sistem Pengapian | CDI/Transistor | CDI/Transistor |
Battery | YTZ4V | YTZ4V |
Tipe Busi | MR8E9 | MR8E9 |
Harga | Rp 37,455 juta | Rp 31,88 juta |
*harga on the road Jakarta |