Dilihat dari sosoknya yang sangar dan gambot, mungkin Anda menyangka jika Yamaha MT-15 2023 bakal boros bahan bakar. Nyatanya malah hal sebaliknya yang didapat, sebab Yamaha MT-15 yang punya bobot 133 kg ini terbilang irit.
Hal ini didapat dari hasil pengujian Autofun beberapa waktu lalu. Metode pengetesannya sendiri dengan dipakai sehari-hari dan cara berkendara cenderung agresif.
Pengujian menggunakan bahan bakar oktan 92, konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 46,6 km/liter. Angka itu berdasarkan layar panel meternya. Meski demikian ketika memakai metode full to full, efisiensinya sedikit menyusut jadi 43,1 km/liter. Masih di atas 40 km/liter!
Dan jika disandingkan, konsumsi BBM tersebut tak jauh berbeda dengan skuter matic keluaran PT Astra Honda Motor (AHM), yakni Honda Vario 150. Pabrikan berlogo sayap mengepak itu mengklaim jika matic 150 cc miliknya itu bisa melaju sejauh 46,9 km per liter bahan bakar.
Baca Juga: 10 Driver Ojol Ketiban Rezeki, Gratis Tukar Motor Lama dengan Yamaha Gear 125 Terbaru!
Salah satu faktor yang membuat iritnya konsumsi BBM dari Yamaha MT-15 adalah mesinnya yang punya karakter torsi besar. Mesin tersebut bervolume 155 cc SOHC, 4 katup dan berpendingin cair.
Tenaganya mencapai 19,2 PS di 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm di 8.500 rpm. Sehingga motor bisa bergerak tanpa butuh putaran mesin tinggi.
Selain itu, dengan penggunaan teknologi VVA (Variable Valve Actuation) membuat performa Yamaha MT-15 stabil di tiap putaran mesin. Ini karena VVA akan mengatur penggunaan katup in dengan profil camshaft berbeda, yang mempengaruhi performa motor.
Baca Juga: Yamaha Fazzio Dimodif Ala Kanvas Berjalan, Ada Versi Mooneyes Jepang Juga!
Dari segi teknologi mesin, Yamaha MT-15 juga dilengkapi Assist & Slipper clutch, dimana Assist clutch membuat pengoperasian kopling jadi lebih ringan dan Slipper clutch meminimalisir engine break saat deselerasi.
Meski irit, tapi dari segi tampilan dan fitur, Yamaha MT-15 cocok bagi Anda yang mengidamkan motor bertampang gahar. Eksteriornya memiliki desain berkarakter keluarga MT Series.
Tertanam dua position light LED serta satu lampu utama dengan Projector LED. Belum lama ini, motor tersebut juga ditawarkan dengan warna baru MT-15 yaitu Metallic Dark Grey dan Metallic Blue. Banderolnya Rp 37,93 juta on the road Jakarta.
Baca Juga: Sekilas Sejarah Yamaha Jupiter MX, Pembuka Segmen Bebek Super Lokal di Indonesia
Yamaha MT-15 juga dilengkapi dengan speedometer full digital dengan shift timing light. Kesan moge look juga tampak dengan adanya big bike switch untuk sistem pengoperasian motor (cut off/ on dan starter engine).
Penggunaan suspensi depan Up Side Down (USD) dan swing arm almunium di belakang yang dikawal monosok menambah kesan moge look di Yamaha MT-15. Ban depannya 110/70-17 di depan dan 140/70-17 di belakang.
Anda tertarik?
Spesifikasi Yamaha MT-15 | |
---|---|
Dimensi | |
P x L x T | 1965 X 800 X 1065 mm |
Sumbu Roda | 1335 mm |
Jarak Terendah | 155 mm |
Tinggi Jok | 810 mm |
Berat Isi | 133 kg |
Kapasitas Tangki | 10,4 liter |
Mesin | |
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan |
Diameter x Langkah | 58 x 58,7 mm |
Perbandingan Kompresi | 11,6 : 1 |
Daya Maksimum | 19,2 PS /10000 rpm |
Torsi Maksimum | 14.7 Nm/ 8500 rpm |
Rangka dan Kaki-kaki | |
Tipe Rangka | Deltabox |
Suspensi Depan | Telescopic Form (Inverted) |
Suspensi Belakang | Link Monoshock |
Ban Depan | 110/70-17M/C (54S) |
Ban Belakang | 140/70-17M/C (66S) |
Rem Depan | Disc Brake |
Rem Belakang | Disc Brake |
Kelistrikan | |
Sistem Pengapian | CDI/Transistor |
Battery | YTZ4V |
Tipe Busi | MR8E9 |