Siapa coba yang tak tergiur melihat sosok Yamaha MT-15 2022? Naked bike modern yang tangguh, kekar, gahar, macho yang berkesan laki-laki banget. Belum lagi fiturnya pun termasuk lengkap, malah yang terbaik diantara naked bike 150-155 cc lainnya.
Panel meter full digital negatif display, lampu depan projector dengan LED, suspensi upside down, Assist & Slipper Clutch, rem cakram roda depan dan belakang sampai ukuran pelek yang lebarnya setara Yamaha R25! Idaman banget memang.
Tapi harga Yamaha MT-15 2022 tercatat jadi yang paling mahal, dengan banderol Rp 37,455 juta on the road Jakarta. Gak mau beli kredit tapi pengen naked bike keren seperti ini, solusinya bisa coba tengok Yamaha Xabre 2022 deh.
Baca juga : Yamaha Xabre Terjun Bebas, Harga Bekasnya lebih murah dari Honda BeAT
Yup, Yamaha Xabre ternyata masih muncul di situs resmi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) nih. Motor ini bisa dibilang sebagai produk pendahulu, sebelum akhirnya Yamaha mengenalkan MT-15.
Secara bentuk, keduanya sama-sama naked bike bergaya agresif. Posisi ridingnya pun mirip, yang membuat posisi tangan membuka dan badan condong ke depan. Pijakan kaki sedikit tinggi memberi kesan agresif yang kuat.
Nah ini yang menarik, harga Yamaha Xabre ini jauh lebih murah dari Yamaha MT-15 2022 tuh. YIMM hanya menuliskan nominal Rp 30,7 juta saja untuk bisa memiliki motor satu ini.
Ada beda harga Rp 6,7 jutaan diantara keduanya. Malah kalau mau lebih murah lagi, kalian bisa incar unit bekas Yamaha Xabre, yang harga pasarannya RP 12 jutaan saja untuk rakitan 2016.
Baca juga : Sekilas Mirip tapi Gap Harga sampai Rp6 Jutaan, Ini Bedanya Yamaha MT-15 dan Yamaha Xabre
Kalau mau tahun yang lebih muda, bisa memburu keluaran tahun 2019 yang dijual tak sampai Rp 15 juta. Kapan lagi dapat motor tahun muda, harga murah dan motornya pun tidak pasaran.
Biar harganya murah dan sudah ada penerusnya, Yamaha Xabre ini tetap menarik dan layak dibeli. Dari target konsumennya, motor ini menyasar pria muda yang aktif dan suka dengan motor berpenampilan gagah. Berikut kami paparkan 5 hal yang jadi daya tarik Yamaha Xabre 2022 ini.
Motor yang punya nama lain Yamaha M-Slaz ini menawarkan desain agresif, tak kalah dengan Yamaha MT-15 2022. Namun memang desain Yamaha Xabre ini bukanlah desain global untuk naked bike Yamaha seperti halnya Yamaha MT Series.
Fascia depannya layaknya seorang yang menggunakan penutup wajah, dengan hanya bagian matanya (lampu) yang terlihat. Lampunya ini sudah LED, begitu juga dengan positioning lamp yang berada di atasnya.
Bentuk tangkinya gahar, dengan shroud yang besar, panjang dan menjorok ke depan. Yamaha bisa mendesain demikian karena tangkinya menggunakan cover plastik, sehingga lebih udah dibentuk.
Motor sport satu ini memiliki desain yang padat pada bagian depan sampai tengah. Selain tangkinya besar, cover bawah mesin dan pelindung radiator membuat area mesin lebih berisi dan padat.
Yamaha Xabre menggunakan jok model terpisah antara pengendara dan pembonceng. Sekilas mengingatkan pada desain jok dari Yamaha R15 V2 alias R15 Lele yang sempat dijual resmi sebelumnya.
Buritannya pun cenderung pendek, sehingga area duduk untuk pembonceng relatif terbatas. Mau tidak mau, pembonceng harus nempel dengan pengendara, kalau tidak bakal mudah terjengkang!
Baca juga : Yamaha MT-15 2021 Tampil Lebih Agresif, Tegaskan Status Penguasa Sport Naked 150 cc?
Yamaha Xabre menggendong mesin yang mirip dengan Yamaha Vixion, spesifikasinya 4-tak, SOHC 4 katup, injeksi dan pendingin cairan. Ukuran pistonnya 57 mm dipadu dengan langkah piston 58,7 mm serta rasio kompresi 10,4 : 1.
Tak seperti Yamaha Vixion yang andalkan 5 percepatan, Yamaha Xabre juga punya 6 percepatan sehingga perpindahan tiap giginya cenderung rapat. Besaran tenaga yang mampu dihasilkan mesin ini mencapai 16,3 PS di 8.500 rpm serta torsi sebesar 14,3 Nm di 7.500 rpm.
Satu lagi keuntungannya, mesin ini relatif familiar bagi banyak mekanik, baik bengkel resmi atau bengkel umum. Jika sewaktu-waktu mau upgrade kinerja mesinnya pun bukan perkara sulit, part aftermarketnya tersedia banyak.
Yamaha Xabre memang diciptakan dengan kasta lebih tinggi dari Yamaha Vixion, maka fitur yang dibawanya pun lebih mumpuni. Misal lampu depan dan belakang sudah LED.
Kemudian panel meter full digital dengan tampilan negatif display. Suspensi depan upside down, lengan ayun berbahan alumunium dengan bentuk kokoh dikawal suspensi monosok dengan link hingga setang lebar dan switch starter ala big bike.
Area kaki-kaki semakin mewah berkat penggunaan pelek palang dengan desain yang sama persis dengan Yamaha R25. Pengeremannya pun sudah cakram untuk kedua roda, mesti tanpa kelengkapan teknologi ABS.
Baca juga : Tampil Gagah dan Banyak Fitur, Simak Lima Hal Menarik Dari Yamaha MT-15 2021
Kalau dibandingkan dengan Yamaha MT-15, ukuran Yamaha Xabre ini memang lebih ringkas. Total ukuran Yamaha Xabre dengan jarak sumbu roda 1.350 mm adalah 1.959 x 795 x 1.065 mm (P x L x T). Motor ini memiliki setelan ketinggian jok dan ground clearance masing-masing 805 mm dan 164 mm.
Lantas Yamaha MT-15 punya postur yang sedikit lebih besar. Panjang, lebar serta tingginya tercatat 1.965 X 800 X 1.065 mm. Walau begitu, jarak sumbu roda Yamaha MT-15 lebih pendek dengan 1.335 mm. Sementara untuk tinggi jok dan jarak terendah adalah 810 mm dan 155 mm.
Yamaha Xabre memang seolah tak dijual lagi , namun namanya masih terdaftar pada situs resmi Yamaha, artinya motor sport satu ini masih dijual. Harga yang lebih murah hingga Rp 6 jutaan jelas bukan nilai yang kecil, dan layak jadi pertimbangan.
Dimensinya yang ramping, mesin yang dikenal bertenaga juga irit jadi pelengkapnya. Meski dianggap kurang laku, namun karena jarang yang pakai, kalian akan berasa mengendarai sebuah motor yang eksklusif loh.
Spesifikasi Yamaha Xabre | |
---|---|
Dimensi | |
P x L x T | 1959 X 795 X 1065 mm |
Sumbu Roda | 1.350 mm |
Jarak Terendah | 164 mm |
Tinggi Jok | 805 mm |
Berat Isi | 135 kg |
Kapasitas Tangki | 10,2 liter |
Mesin | |
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan |
Diameter x Langkah | 57 x 58,7 mm |
Perbandingan Kompresi | 10,4 : 1 |
Daya Maksimum | 16,3 PS /8.500 rpm |
Torsi Maksimum | 14.3 Nm/ 7.500 rpm |
Rangka dan Kaki-kaki | |
Tipe Rangka | Deltabox |
Suspensi Depan | Telescopic Form (Inverted) |
Suspensi Belakang | Link Monoshock |
Ban Depan | 110/70-17M/C (54S) |
Ban Belakang | 130/70-17M/C (66S) |
Rem Depan | Disc Brake |
Rem Belakang | Disc Brake |