Muncul sejak awal 2019 silam, Yamaha MT-15 menjadi salah satu naked bike kelas 150-155 cc paling mencuri perhatian. Tampilannya mendobrak kebiasaan yang selama ini cenderung bermain aman dengan garis-garis sporty.
Yamaha MT-15 2022 tampil dengan desain gagah, berotot serta memiliki tampang layaknya alien dengan sepasang lampu menyipit. Tengok saja bentuk LED DRL dan lensa proyektor yang jadi andalan untuk penerangan malam hari.
Baca juga : Dijual Terbatas, Yamaha MT-15 Tambah Ganteng dengan Livery MotoGP
Belum lagi paduan cover tangki yang kekar dan shroud yang menjorok ke arah depan. Meski mesinnya hanya 155 cc, namun permainan cover bodinya mampu menutupi area kosong dengan apik, ditambah penggunaan rangka deltabox.
Masuk tahun 2022 ini, Yamaha MT-15 sudah berumur tiga tahun menyapa konsumen Indonesia. Motor ini hadir sebagai penerus dari Yamaha Xabre, yang juga merupakan naked bike dengan tampilan gahar.
Baca juga : Yamaha Vixion R 2022 Vs MT-15 2022 : Mesin Sama Harga Beda Rp 6 Jutaan, Mana Yang Harus Dipilih?
Biasanya pabrikan akan melakukan update minor alias facelift pada usia tiga tahun. Namun rasanya hal itu belum akan terjadi pada Yamaha MT-15 kali ini. Meski begitu, pabrikan selalu memberikan update warna menarik sesuai gaya Yamaha MT Series di global.
Lantas apakah Yamaha MT-15 masih menarik dibeli untuk tahun 2022 ini?
Jawabannya tentu saja masih layak untuk dipilih sebagai kuda besi untuk tahun 2022 ini, karena secara tampilan motor ini masih terlihat fresh. Unitnya pun tak terlalu banyak beredar sehingga memberikan kesan eksklusif untuk penggunanya.
Kemudian fitur yang disematkan pun modern dan belum ketinggalan zaman. Lampu depan LED dengan lensa proyektor dan lampu belakang sudah LED. Lalu coba tengok suspensi depan upside down, monosok dengan lengan ayun alumunium di belakang.
Baca juga : Sekilas Mirip tapi Gap Harga sampai Rp6 Jutaan, Ini Bedanya Yamaha MT-15 dan Yamaha Xabre
Belum lagi desain pelek dan ukuran ban yang dipakai, identik dengan Yamaha R25 dan Yamaha MT-25 lho. Bayangkan spesifikasi kaki-kaki motor sport 250 cc, dipasangkan untuk sebuah motor 150 cc. Rasanya baru Yamaha MT-15 yang menerapkannya.
Tengok pula kelengkapan mesinnya, sudah terpasang fitur Assist & Slipper Clutch yang membuat handle kopling ringan dan minim gejala ban terkunci kala shift down gigi dengan cepat. Mesinnya ini memang turunan dari Yamaha R15.
Soal performa tentu jangan diragukan lagi, tenaga sebesar 19,3 PS pada 10.000 rpm serta torsi sebesar RP 14,7 Nm di 8.500 rpm bisa dikail dengan mudah. Salah satunya berkat sokongan VVA (Variable Valve Actuation) yang menjaga tenaga rata ditiap putaran.
Hanya saja, memang ada sejumlah hal yang membuatnya kurang sempurna sehingga peminatnya tidak terlalu banyak. Paling utama adalah soal harga yang memang dibanderol paling mahal untuk sebuah motor sport naked 150-155 cc.
Baca juga : Yamaha MT-15 2021 Tampil Lebih Agresif, Tegaskan Status Penguasa Sport Naked 150 cc?
Kemudian segmen motor sport yang saat ini terus tergerus oleh segmen motor matic. Tapi apa hanya dua hal itu yang jadi persoalan? tentu tidak, makanya untuk mengetahui lebih lanjut, langsung saja tonton video test ride lengkap Yamaha MT-15 di bawah ini, jangan lupa subscribe dan berikan komentar ya!