Dilaporkan ke publik untuk pertama kalinya pada tahun 1983, generasi pertama Toyota Camry tersedia sebagai sedan atau hatchback dirancang untuk mengganti drive roda belakang Toyota Corona. Bahkan jika model sebelumnya Toyota Camry sangat dipuji karena keandalannya, pembuat mobil Jepang tidak menetap dan membawa Camry baru ke pasar. Untuk tahun 1987, eksterior Camry benar-benar didesain ulang dan tersedia sebagai gaya tubuh gerobak selain sedan kompak. Hatchback dijatuhkan. Mesin baru ditawarkan dengan Camry, unit 4 silinder 2,0 liter yang lebih kuat yang mengembangkan 115 hp dan 125 nm. Unit ini dikawinkan dengan transmisi manual 5-speed standar atau otomatis tiga kecepatan-plus-overdrive yang opsional pada semua level trim. Di dalam, Toyota Camry menampilkan desain yang sederhana dan fungsional, dengan pengukur analog bulat besar dan kontrol yang ditempatkan secara logis yang mudah digunakan. Toyota bekerja untuk menyediakan kabin terisolasi yang lebih baik dengan tingkat kebisingan dan getaran yang berkurang. Barang lain yang datang dengan Camry termasuk suspensi independen roda empat, rak assist variabel dan kemudi pinion, dan roda kemiringan dengan memori. Satu tahun kemudian, Toyota memperkenalkan mesin V6 kecil yang mengembangkan 153 hp. Camrys yang dilengkapi dengan gearbox manual menjadi tersedia dengan sistem all-wheel-drive opsional.