Perlukah Honda ADV 150 Hingga Yamaha Aerox 155 Connected Pakai Oli Spesifikasi Khusus?
Harry · 7 Mar, 2021 14:00
0
0
Dengan kapasitas mesin yang cukup besar dari rata-rata skutik di Indonesia, Honda ADV 150 hingga Yamaha Aerox 155 punya performa lebih tinggi. Lantas apakah mesinnya membutuhkan oli mesin dengan spesifikasi tertentu?
Ya, jika melihat pasaran saat ini pabrikan oli berlomba-lomba menyediakan beragam oli mesin yang diciptakan untuk skutik-skutik premium tersebut. Tak hanya dari pabrikan sebagai oli genuine, tapi juga merek non genuine.
Dengan spesifikasi mesin yang lebih tinggi juga performa yang di atas rata-rata, kinerja mesin skutik premium ini memang relatif lebih berat. Salah satunya panas mesin yang dihasilkan juga lebih tinggi.
Selain dibantu pendinginan ekstra seperti radiator, oli mesin yang digunakan juga harus mampu membantu mendinginkan mesin. Contohnya dengan meminimalisir gesekan antar komponen internal mesin.
Gesekan antar komponen yang minim, akan membuat suhu mesin lebih terjaga. Kemudian pergerakan piston, krus as juga akan lebih ringan yang berimbas pada performa mesin lebih baik.
Lalu oli yang digunakan harus lebih tahan panas dan lebih tahan oksidasi. Tak bisa menggunakan oli biasa yang digunakan oleh skutik-skutik kecil karena lebih rentang menguap.
Oli Matic Double Ester
Salah satu merek yang hadirkan oli mesin khusus skutik premium adalah X-Ten lewat varian X-Ten Double Ester Matic yang dijajakan Planet Ban. Dari keterangannya, oli ini mengandung double ester, dan diklaim yang pertama di dunia untuk mesin motor skutik.
Ester sendiri merupakan base oil tertinggi yang ada saat ini, lebih tinggi dari mineral, semi-sintetis atau full sintetis sekalipun. Base oil ini hanya dipakai oleh merek tertentu dan biasanya untuk motor dengan spesifikasi mesin tinggi.
"Secara general, oli X-Ten Double Ester Matic ini memiliki banyak kandungan ester, dengan anti wear dan anti friction yang seimbang," ungkap William E. Taifan, Product Development Team Planet Ban.
William menambahkan, dengan kandungan tadi membuat gesekan mesin lebih minim, sehinga akselerasi lebih bagus. "Tak hanya itu, ketahanan terhadap oksidasi lebih baik dan masa pakai panjang," sambungnya lewat tayangan virtual.
Saat ini oli X-Ten Double Ester Matic tersedia dengan viskositas 10W-40 (900 ml) untuk skutik premium Yamaha seperti Yamaha Aerox 155 Connected dan Yamaha Nmax 155. Lalu 10W-30 (800 ml) untuk skutik Honda yaitu Honda ADV 150, Honda PCX 150 dan Honda PCX 160.
Kami mendapat kesempatan mencoba oli X-Ten Double Ester Matic ini dan digunakan untuk Yamaha Nmax 155 keluaran 2015. Impresi pertama, tarikan menjadi lebih ringan dan responsif. Cukup memuaskan untuk harga yang relatif terjangkau.
"Tapi bukan berarti oli ini tak bisa digunakan untuk skutik premium 250 cc, tetap bisa hanya saja mereka harus membeli dua botol untuk menyesuaikan kapasitas oli yang dibutuhkan oleh mesinnya," sambung Wisnu Satrya, Product Development Team Planet Ban lainnya.
Perkara harga, oli X-Ten Double Ester Matic ini dilepas Rp 120 ribu (800 ml) dan Rp 125 ribu (900 ml). Namun dalam masa pengenalan, ada p program khusus sehingga oli tadi dijual tak sampai Rp 100 ribu.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil