Uji Konsumsi Bensin Yamaha Aerox 155 Connected 2021, Bisa Irit Tanpa Korbankan Performa
Harry · 29 Mar, 2021 11:00
0
0
Ada yang mengatakan, jika motor irit tentu performa mesinnya tak akan terlalu memuaskan. Sebaliknya, jika performa mesin mumpuni biasanya konsumsi bensin akan lebih boros. Relatif sulit mendapatkan mesin yang kencang juga irit.
Tapi hal itu agaknya tak berlaku untuk Yamaha Aerox 155 Connected 2021. Ini bukan hanya sekedar omongan belaka, karena kami membuktikannya secara langsung dengan melakukan test ride sendiri.
Kinerja mesinnya cukup memuaskan dengan akselerasi yang impresif, namun konsumsi bensinnya bisa tetap irit tanpa harus mengorbankan performanya. Penasaran?
Konsumsi Bahan Bakar Yamaha Aerox 155 Connected 2021
Untuk mengetahui konsumsi bensin skutik ini, pengetesan dilakukan dengan berkendara normal, tanpa sengaja dibuat berkendara irit (eco riding). Ini dilakukan untuk mendapatkan hasil sesuai penggunaan sehari-hari.
Terkadang motor dipacu kencang oleh rider berpostur 172 cm dengan bobot 74 kg. O iya, bahan bakar yang digunakan menggunakan oktan 92 yang rasanya sudah sangat pas untuk skutik ini.
Total Yamaha Aerox 155 Connected 2021 dipakai melaju sejauh 209,7 km, dengan berbagai rute dalam dan luar kota. Kondisi jalan yang dilewati beragam, dari perkotaan yang padat, jalan antar kota yang lancar hingga perbukitan.
Hasilnya, penunjuk konsumsi bahan bakar rata-rata di panel meter menampilkan angka 43,1 km/liter. Dalam waktu bersamaan, kami juga melakukan pengukuran dengan metode full to full, dan mencatatkan 42,5 km/liter.
Hasil yang didapatkan memang ada selisih, namun tak terlalu banyak antara hasil pengukuran otomatis yang dilakukan motor dengan hasil pengukuran manual. Menurut kami, konsumsi bahan bakarnya masih tergolong irit.
Dengan kapasitas tangki 5,5 liter, setidaknya Yamaha Aerox 155 Connected 2021 bisa melaju sejauh 233,7 sampai 237 km. Jadi lebih jauh karena kapasitas tangki juga diperbesar dari model sebelumnya yang hanya 4,6 liter.
Spesifikasi Mesin Yamaha Aerox 155 Connected 2021
Skutik Yamaha ini dikenal punya performa yang mumpuni berkat mesin 155 cc SOHC 4 katup injeksi, dengan teknologi Blue Core. Tenaganya mencapai 15,3 PS pada 8.000 rpm dengan torsi 13,9 Nm di 6.500 rpm.
Hal ini disokong pula dengan bobot motor yang hanya 122 kg dan 125 kg (Connected/ABS), menjadikan skutik tersebut memiliki power to weight ratio terbaik untuk kategori skutik 150 - 155 cc saat ini.
Meski sebenarnya, bobotnya ini lebih berat dari model sebelumnya yang hanya 116 sampai 118 kg saja. Menurut Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manafacturing (YIMM) karena ada perubahan komponen.
"Salah satunya karena ada modul CCU (Communication Control Unit) untuk fitur Y-Connect tadi, makanya bobot motor bertambah," ujarnya disela-sela preview skutik tersebut tahun 2020 lalu.
Meski lebih berat, catatan performanya cukup impresif dengan akselerasi 0-60 km/jam hanya 6,1 detik dan 0-100 km/jam 19,3 detik. Topspeed tercatat 116 km/jam. Kondisi motor sendiri masih standar.
Harga Yamaha Aerox 155 Connected 2021
YIMM menghadirkan Yamaha Aerox 155 Connected 2021 dalam dua tipe saja, yakni Connected dan Connected/ABS. Harga jualnya pun relatif terjangkau, tak sampai Rp 30 juta.
Yamaha Aerox 155 Connected 2021 tipe Connected/ABS yang kami pakai untuk pengetesan, dilepas dengan nominal Rp 29 juta. Sedangkan tipe non ABS dilepas Rp 25,5 juta saja, harga on the road Jakarta.
Selengkapnya bisa lihat di tabel bawah ini.
Harga Yamaha Aerox 155 Connected 2021
Connected
Rp 25,5 juta
Connected/ABS
Rp 29 juta
Connected/ABS - MotoGP Edition
Rp 29,5 juta
*harga on the road Jakarta
Kesimpulan
Salah satu trik Yamaha mendapatkan performa mesin yang mumpuni adalah dengan mengandalkan katup VVA (Variable Valve Actuation) yang bisa menyesuaikan dengan putaran mesin. Durasi noken as berbeda akan digunakan untuk mendapat performa maksimal.
Hal ini juga disokong dengan teknologi Blue Core dan power to weight ratio yang masih terbaik saat ini. Sehingga meski Yamaha Aerox 155 Connected 2021 memiliki performa yang memuaskan, konsumsi bahan bakarnya masih tergolong irit.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil