Adu Performa Aprilia GPR250R 2021 vs Kawasaki Ninja 250SL, Siapa lebih Responsif?
Ary · 12 Jul, 2021 17:30
0
0
Walau bermesin 250 cc, Aprilia GPR250R 2021 bukanlah lawan sepadan bagi Yamaha YZF-R25 2021 maupun Honda CBR250RR 2021. Terlebih lagi Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 yang terang-terang mengandalkan mesin empat silinder. Salah satu motor murah Aprilia justru harus berhadapan dengan Ninja terkecil yaitu Kawasaki Ninja 250SL 2021.
Baik Kawasaki Ninja 250SL 2021 maupun Aprilia GPR250R 2021 sama-sama menggendong mesin 250 cc satu silinder. Lantas, seperti apa perbandingan performa keduanya?
Aprilia GPR250R 2021 dibekali mesin DOHC 250 cc. Dari jantung mekanis tersebut, Aprilia GPR250R mampu menorehkan tenaga 27,9 PS @9.000 rpm. Sementara untuk torsi maksimal adalah 21,5 Nm pada putaran 7.500 rpm.
Pencapaiannya tersebut nyatanya sedikit di bawah Kawasaki Ninja 250SL 2021. Dengan mesin serupa, kuda besi yang akrab disapa Ninja RR Mono punya pencapaian 28 PS @9.700 rpm dan 22,6 Nm @8.200 rpm.
Keunggulan Kawasaki Ninja RR Mono juga terletak pada bobot. Berat tubuh motor geng hijau ini nyatanya cuma 151 kg saja. Hasil timbangannya itu rupanya lebih ringan daripada Aprilia GPR250R 2021 dengan 158 kg.
Padahal, Aprilia GPR250R 2021 memiliki material rancang bangun yang ringan. Sebut saja sasis dan swingarm berbahan aluminium. Walau demikian, kelebihan bobotnya itu menjadi pemakluman. Pasalnya, Aprilia GPR250R 2021 sudah dipasangi sensor pengereman ABS (Antilock Braking System) sebagai standar.
Kami sepakat jika Anda menilai tampilan Aprilia GPR250R 2021 lebih memikat. Maklum saja. Motor ini memang mengaplikasi desain terbaru pabrikan Noale, Italia seperti Aprilia RS125 maupun Aprilia RS 660. Tengok saja aplikasi lampu LED tiga titik di bagian depan beserta daytime running light (DRL) ini.
Pun halnya sematan berupa winglet di bagian bawah penerangan utama. Lalu, ada lagi kesamaan Aprilia GPR250R dengan kedua motor Aprilia tadi. Yap. motor ini juga menggunakan knalpot model underbelly. Aprilia GPR250R 2021 juga sudah mendapatkan fork upside down (USD) sebagai peredam kejut di bagian depan.
Sebaliknya. Suspensi depan Kawasaki Ninja RR Mono masih memakai jenis teleskopik. Tampilannya pun sebagaimana yang terlihat sekarang ini. Menggunakan lampu utama tunggal dan belum LED. Kendati begitu, banderol Kawasaki Ninja 250SL 2021 cukup ramah kantong. PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) meniagakannya dengan harga Rp40,6 juta (on the road Jakarta).
Penetapan harga tersebut pastilah lebih murah dari Aprilia GPR250R. Di Cina saja, motor ini dipasarkan dengan harga 26.800 Yuan (setara Rp60 jutaan). Dengan catatan, jika ada pihak yang membawanya bertarung di Tanah Air.
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!