Fenomenal dan istimewa, dua kata paling ideal untuk menggambarkan Kawasaki Ninja ZX-25R 2021. Diantara para petarung motor sport 250 cc, dialah satu-satunya peserta yang menawarkan usungan mesin empat silinder segaris. Namun, apakah demi sensasi bak moge semata yang membuat konsumen membelinya?
Mungkin tak serta-merta demikian. Toh, kehadiran Kawasaki Ninja ZX-25R bisa jadi menjawab kejenuhan terhadap Ninja 250 versi dua silinder. Tak sekadar itu. Ninja versi empat silinder inipun diharapkan ikut menggoda motoris yang sebelumnya kadung menggemari Yamaha R25 atau Honda CBR 250 RR.
Mesin Paling Buas di Kelas 250 cc
Faktanya, mesin DOHC 16 katup empat silinder miliknya mampu mengail daya 51 PS pada 15.500 rpm. Sedang untuk torsi maksimum mencapai 22,9 Nm di putaran 14.500 rpm. Bandingkan dengan ketiga produk yang masih mengandalkan silinder ganda tadi.
Performa mesin Kawasaki Ninja ZX-25R tercatat paling buas untuk kelas sport 250 cc. Keistimewaan dari motor inipun bertambah, lantaran Ninja ZX-25R sanggup meraih kecepatan tertinggi 192 km/jam. Untuk penggambaran saja, Honda CBR 250 RR 2021 hanya mampu meraih top speed maksimal 181 km/jam saja.
Power Mode Suguhkan Efektivitas Translasi Output
Kepalang besar? Tenang, kenyataannya keluaran output darinya bisa diatur melalui Power Mode. Terdapat dua pilihan yaitu Full dan Low. Diferensiasi keduanya terletak pada daya yang dikeluarkan mesin. Ketika opsi Full dipilih, maka tenaga akan keluar 100 persen. Sementara saat Low, hanya 65 persen saja tenaga dirasakan pengendara. Gampangnya, di mode ini mesin jauh lebih smooth dari pada mode Full.
Fitur ini sendiri bisa diaplikasi lantaran Kawasaki Ninja ZX-25R sudah menggunakan teknologi Ride by Wire. Ya, sebuah sistem buka-tutup gas elektrik yang jua dimiliki oleh Honda CBR 250 RR. Bedanya, produk Honda mode berkendara dengan tiga pilihan: Comfort, Sport dan Sport+.
Dibanding kompetitornya ini, suguhan pada Ninja ZX-25R jauh lebih simple. Namun, lebih efektif bukan? Jika menggunakannya untuk kebutuhan track day, opsi Full bisa Anda pakai demi mengeksploitasi bekalan sesungguhnya dari mesin empat silinder tersebut. Sementara untuk tipe Low, rasanya sudah cukup dipakai di jalan raya dengan kondisi lalu lintas cukup padat.
Satu-satunya Motor Sport 250 cc Berpelengkap Traction Control
Mode itupun dapat dimanfaatkan pula saat hujan (kondisi aspal basah). Sebenarnya pun tak mengapa jika Anda lebih senang menggunakan mode Full di jalan umum. Toh, Kawasaki Ninja ZX-25R sudah disemati Kawasaki Traction Control (KTRC).
Pengontrol traksi miliknya pun bisa disetel ke dalam tiga pilihan. Dengan begitu, pemilik Ninja ZX-25R bisa mengatur sendiri respons traksi di roda belakang. Tak cuma itu. fitur ini pun dapat Anda non-aktifkan, bila dirasa tak kepalang membutuhkannya. Untuk diketahui juga, di kelas ini (motor sport 250 cc) hanya Kawasaki Ninja ZX-25R yang berpelengkap traction control.
Selain mengandalkan mode Low, efektivitas penggunaan di jalan raya pun dapat optimasi dengan ketersediaan beberapa fitur pendukung. Sebut saja Assist and Slipper Clutch. Jikapun dipisahkan, Assist Clutch bertugas membuat pengoperasiaan kopling menjadi ringan. Sementara Slipper Clutch, difungsikan untuk mencegah roda belakang terkunci.
Harga Terbaru Kawasaki Ninja ZX-25R 2021
Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 (standar)
Rp97.900.000
Kawasaki Ninja ZX-25R ABS SE 2021
Rp114.900.000
Perlengkapan Komplet pada Kawasaki Ninja ZX-25R tipe Tertinggi
Seluruh kelengkapan, terutama fitur di atas sejatinya sudah Anda dapatkan saat membeli Kawasaki Ninja ZX-25R tipe standar. Untuk informasi tambahan, varian ini sekarang dijual dengan harga Rp97,9 juta (on the road Jakarta).
Untuk diketahui juga, PT KMI menyediakan pilihan lain yakni Kawasaki Ninja ZX-25R ABS SE. Sudah pasti perbedaan utama yang dibawa berasal dari sistem pengereman. Tidak seperti varian basic, Ninja ZX-25R tipe tertinggi ini sudah menggunakan penghenti laju ABS (anti-lock braking system).
Bisa dikatakan pula, versi dengan decal special edition Kawasaki ini siap diajak balapan. Pasalnya, pada varian inilah peranti Kawasaki Quick Shifter (KQS). Dengan begitu, proses perpindahan transmisi dapat dilakukan tanpa mesti menarik tuas kopling.
Keuntungan yang didapat adalah pengendara bisa lebih fokus saat berkompetisi. Kinerjanya sendiri berlaku dua arah (upshift dan downshift). Dengan catatan, fitur ini baru bisa dipakai saat putaran mesin berada di atas 2.500 rpm. Satu lagi, pembeli varian ini juga bisa mematikan fitur tersebut. Hanya saja, Ninja ZX-25R berpelengkap ABS dan quick shifter dijual lebih mahal yaitu Rp114,9 juta.
Tak dipungkiri pula sederet perbedaan yang disajikan juga berdampak kepada berat tubuhnya. Bobot Kawasaki Ninja ZX-25R sendiri mencapai 180 kg. Bahkan, varian atasnya lebih berat lagi yaitu 182 kg. Kenyataannya, kalkulasi tersebut tetap ideal untuk performa mesin yang buas tadi.
Termasuk pula dalam hal dimensi. Sekilas perawakannya tak berbeda jauh dengan Ninja 250 biasa. Toh, penghitungan total tubuhnya adalah 1.980 x 750 x 1.110 mm (P x L x T). Pun halnya dengan penetapan ketinggian jok (765 mm) dan groud clearance (125 mm). Alhasil, meskipun berat Ninja ZX-25R tetap moderat untuk Anda. Ditambah lagi pengaturan setang yang cukup tinggi - tidak membuat pemilik mesti menunduk saat mengendarainya.
Kesimpulan
Daya tarik utama dari Kawasaki Ninja ZX-25R nyatanya memang terletak pada impresi bak sebuah moge - lantaran menggunakan mesin empat silinder. Racikan tersebut pun membuatnya paling unggul dalam hal performa. Belum lagi penambahan fitur yang mendukung Anda selama mengeksplorasi kemampuan si kuda besi.
Walaupun sangat ideal untuk penggunaan lintasan, Ninja ZX-25R 2021 tetap memadai untuk penggunaan di jalan raya. Terlebih dengan ketersediaan dukungan semacam Assist and Slipper Clutch. Ingin lebih lengkap, tinggal arahkan pemilihan Anda terhadap varian tertinggi. Pasalnya, di tipe inilah fitur ABS dan quick shifter didapat. Jadi, bukan semata mengejar sensasi sebuah moge kan? Ditambah lagi banderolnya yang cukup jauh di bawah motor-motor bermesin di atasnya.
Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R 2021
Rangka
Dimensi (P x L X T )
1.980 mm x 750 mm x 1.110 mm
Jarak Sumbu Roda
1.350 mm
Jarak Terendah ke Tanah
125 mm
Tinggi Tempat Duduk
765 mm
Berat
180 kg (standar) 182 kg (SE)
Mesin
Tipe Mesin
4 cyl DOHC WC liquid cooled in line four 16 valves
Bore x Stroke
50 x 31,8 mm
Kapasitas Mesin
249,8 cc
Rasio Kompresi
11,5:1
Tenaga Maksimum
50 PS / 15.500 rpm
Tenaga Maksimu dengan Ram Air
51 PS / 15.500 rpm
Torsi Maksimum
22,9 Nm / 14.500 rpm
Rangka
Steel
Suspensi Depan
Telescopic upside down 37 mm SFF BP Showa
Suspensi Belakang
horizontal back link SWG ARM with preload adjustability
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!