Berubah Total, Mari Simak Lima Hal Paling Menarik Dari Honda PCX 160 2021
Harry · 5 Feb, 2021 16:05
0
0
PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya merilis skutik premium terbaru mereka hari ini (5/2/2021) yakni Honda PCX 160 2021, atau AHM menyebutnya dengan All New Honda PCX.
Skutik premium ini hadir dengan penampilan yang benar-benar baru, jejak Honda PCX 150 sebelumnya tak nampak sama sekali. Honda memang serius untuk membuat produknya ini menjadi baru seluruhnya.
Keiichi Yasuda, President Director AHM mengatakan, dengan berbekal mesin, desain, dan fitur terbaru, All New Honda PCX series diharapkan dapat semakin melengkapi kesenangan berkendara bagi pecinta skutik premium yang juga mendambakan teknologi tinggi.
"Dilengkapi mesin terbaru 160 cc dengan 4 katup eSP+, menjadikan All New Honda PCX series semakin nyaman dikendarai dalam berbagai situasi. Perubahan pada ukuran ban yang semakin besar juga mendukung skutik premium ini semakin nyaman dan tampil berkesan," katanya.
Honda PCX 160 2021 memang terlihat sangat menggoda mata, kesan premium dan mewahnya sangat kuat. Meski begitu ada sedikit aura berotot berkat lekuk garis bodi yang dibuat menonjol.
Selain penampilannya apa lagi yang membuat skutik ini layak untuk dimiliki? Ini dia lima hal paling menarik dari Honda PCX 160 2021.
1. Mesin Honda PCX 160 2021 Lebih Bertenaga Dari Yamaha Nmax 155 2021!
Kalau dulu Honda PCX 150 kerap dikeluhkan akan performa yang terlalu smooth, maka pada model terbaru ini justru jadi lebih bertenaga. Sebab Honda menanamkan mesin baru dengan teknologi eSP+ (enhanced Smart Power Plus).
Mesin tersebut menggunakan empat buah katup, dengan langkah piston lebih pendek. Karakter mesinnya memang over bore, dengan diameter piston 60 mm dan langkah piston 55,5 mm.
Penyempurnaan juga terjadi untuk pelumasan piston yang memanfaatkan oil jet piston, yang diadopsi dari Honda CRF450R. Kemudian tensioner rantai keteng menggunakan sistem hidrolis.
Spesifikasi mesinnya, 4-tak, piston tunggal, SOHC 4 katup, pendingin cairan serta injeksi bahan bakar PGM-FI. Mesinnya berkapasitas 157 cc, dengan paduan piston 60 mm dan langkah piston 55,5 mm.
Tenaga yang mampu dihasilkan 16 PS di 8.500 rpm lalu torsi mencapai 14,7 Nm di 6.500 rpm. Naik cukup signifikan dibandingkan mesin yang digunakan sebelumnya, yang hanya punya tenaga 14,6 PS di 8.500 rpm dan torsi 13,2 Nm di 6.500 rpm.
Bahkan jika dibandingkan kompetitornya, Yamaha Nmax 155 2021, di atas kertas output Honda PCX terbaru ini lebih tinggi. Skutik Yamaha itu memiliki keluaran tenaga 15,3 PS pada 8.000 rpm dengan torsi 13,9 Nm di 6.500 rpm.
Bagaimana, cukup memuaskan?
2. Bagasi Besar Honda PCX 160 2021
Kapasitas ruang penyimpanan besar terdapat di balik tempat duduknya. Pengendara bisa meletakkan sebuah helm full face tanpa kesulitan sama sekali. Bahkan posisi helm tak perlu sampai dibalik.
"Penggunaan rangka baru juga membantu kapasitas bagasi jadi lebih besar dari 28 liter pada model sebelumnya, menjadi 30 liter," jelas Jumpei Omori - Large Project Leader Honda PCX, Honda Motor Co. Ltd
Lalu untuk menyimpan dompet atau gawai Anda, bisa diletakkan pada konsol depan yang dilengkapi dengan penutup. Bisa juga sekalian isi daya baterai gawai karena ada poer outlet dengan USB Type-C.
3. Rangka dan Kaki-Kaki Honda PCX 160 2021 Total Baru
Struktur rangka Honda PCX 160 dibuat ulang, tak lagi menggunakan rangka lama. Jumpei menyebutkan, rangka baru ini dibuat lebih rigid dan juga memiliki bobot yang lebih ringan.
Sebagai tambahan, jarak main suspensi belakang juga ditingkatkan menjadi 95 mm. Sehingga kemampuan meredam guncangan bisa lebih baik, terutama saat melibas kondisi jalan yang tak mulus.
Jika dilihat, struktur rangka Honda PCX 160 memang dibuat lebih ringkas dan minim sambungan juga lekukan. Tak seperti rangka model lawas yang desainnya terlihat lebih kompleks dan banyak sambungan.
Konfigurasi kaki-kaki juga berubah, tak lagi menggunakan lingkar pelek 14 inci dikedua rodanya, tapi kini dibuat belang. Perubahan ini dilakukan untuk mengejar kenyamanan berkendara. Ban depan sendiri menggunakan ukuran 110/70-14 dan belakang pakai ukuran 130/70-13.
4. Dimensi Honda PCX 160 2021 Tak Berubah Banyak
Untuk Anda yang pernah mencoba Honda PCX 150 tak perlu beradaptasi lama untuk bisa mengendarai skutik terbaru Honda ini. Pasalnya dimensinya masih mirip-mirip dengan model sebelumnya.
Honda PCX 160 memiliki panjang 1.935 mm, lebar 742 mm dan tinggi 1.108 mm. Sumbu rodanya 1.313 mm, dengan jarak terendah ke tanah 134 mm.
Artinya Honda PCX 160 lebih panjang 12 mm, lebih ramping 3 mm dan lebih tinggi 1 mm saja. Sementara jarak sumbu roda tetap sama, namun jarak terendah 3 mm lebih pendek.
Malah ketinggian tempat duduk tak berubah, masih tetap sama yakni 764 mm saja. Posisi duduk rendah memberi rasa nyaman dan kemudahan mengendalikan motor terutama saat macet.
5. Harga Honda PCX 160 2021 Naik Sedikit
Ya harga jualnya dibandingkan model lawas naik tak begitu signifikan. Namun calon pembeli Honda PCX 160 akan mendapatkan model yang lebih baru, mesin lebih kuat dan fitur yang semakin memuaskan.
Harga Honda PCX 160 terbaru dijual mulai dari Rp 30,35 juta (varian CBS). Lalu Rp 33,95 juta (varian ABS) dan termahal ada e:HEV yang merupakan varian hybrid dengan banderol Rp 43,55 juta.
Jika melihat harga Honda PCX 150 2020, model lawas ini dijual dengan harga mulai dari Rp 29,843 juta (CBS), Rp 32,842 juta (ABS) dan Rp 43,293 juta (hybrid).
Artinya untuk varian CBS ada kenaikan harga Rp 507 ribu saja. Lalu untuk varian ABS, kenaikan hanya Rp 1.108 juta dan untuk varian hybrid kenaikan harganya malah hanya Rp 257 ribu saja!
Kesimpulan
Untuk Anda yang memang menginginkan skutik premium keluaran baru, Honda PCX 160 2021 layak untuk dipertimbangkan. Desainnya menarik, fitur berlimpah, akomodasi mumpuni dan mesinnya pun bertenaga.
Terlebih Honda PCX memang dikenal dengan kenyamanan berkendara dan mesin yang hemat konsumsi bahan bakar. Pastinya skutik ini bisa menjadi teman untuk beraktivitas di dalam kota, atau pun menempuh perjalanan keluar kota.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil