Biasa Buat Garuk Tanah, Honda CRF 150L Ini Diadu Drag Bike Pakai Ban Cacing Berakhir Nyusruk
Ilham · 20 Jan, 2022 09:30
0
0
Honda CRF 150L sudah memakai ban tipis 17 inci
Suspensi dan tampilan bodinya masih standar
Modifikasi motor memang terbilang bebas meski tetap harus sesuai legalitas lalu lintas. Banyak juga modifikasi nyeleneh yang ujungnya jadi viral. Seperti Honda CRF 150L yang dijadikan motor drag dan pakai pelek 17 ban tipis.
Bukan karena kecepatannya, atau hasil modifikasinya yang wow dan menarik mata. Namun Honda CRF 150L berjuluk Garaga itu malah viral setelah sukses membuat pengendaranya terjatuh.
Seperti video yang tayang di akun Facebook HOI (Hujat Otomotif Indonesia) pada Selasa (17/1/2022). Hal ini pun ramai diperbincangkan oleh netizen di sosial media tersebut yang hingga berita ini dibuat sudah mendapat 4.400 like lebih.
Ini karena Honda CRF 150L tersebut terjatuh saat diadu drag bike dengan motor bebek, Yamaha MX King 150. Kejadiannya ditengarai di jalur khusus drag bike di wilayah Sulawesi.
Saat adu kebut, kedua motor terlihat sama kencang. Namun di area finish, pengguna Honda CRF 150L menekan tuas rem depan terlalu dalam. Sontak motor yang punya suspensi up side down dengan jarak travel panjang itu langsung amblas.
Alhasil pengendara motor pun terjatuh. Nasib apes pun dialami lawannya yang bermotor Yamaha MX King. Karena coba menghindari Honda CRF 150L yang terseret itu, akhirnya kedua motor tersebut terjatuh di semak-semak ujung lintasan.
Untungnya kedua pengendara tersebut memakai helm. Sehingga efek benturan parah di kepala bisa diminimalisir.
Rata-rata netizen berkomentar jika Honda CRF 150L itu sudah ingin dikembalikan ke alam asalnya, yakni sebagai motor petualang di trek offroad. Sehingga jatuhnya pun berujung di semak-semak.
Dalam video berdurasi 24 detik itu memperlihatkan sosok Honda CRF 150L Garaga yang sudah dimodifikasi dengan gaya Thailook. Cirinya ada di penggunaan ban 'cacing' yang bertapak tipis.
Velg yang sudah diubah dari standarnya. Di mana kedua roda Honda CRF 150L berkelir hitam tersebut kini memakai lingkar 17 inci. Berbeda dari standarnya yang punya kombinasi 21 inci di depan dan 18 inci pada roda belakangnya.
Selain itu, tampak juga ubahan pada geometri setang yang meski masih bertipe fatbar, namun dibuat merunduk ala drag bike. Knalpot pun sudah tidak lagi standar.
Spek Honda CRF 150L, Cocok Buat Drag Bike?
Ditilik dari speknya, Honda CRF 150L memang lahir untuk kebutuhan adventure di jalur offroad. Namun yang namanya modifikasi, maka sah-sah saja motor itu dipakai untuk drag bike.
Mesinnya sendiri berkapasitas 150 cc pendingin udara dengan sistem injeksi. Dikawal transmisi 5-percepatan, Honda CRF 150L punya daya hingga 12,91 PS di 8.000 rpm dan torsi 12,43 Nm pada 6.500 rpm.
Sekilas Kiprah Motor Trail Di Arena Drag Bike
Motor trail atau motocross untuk drag bike sebenarnya bukan hal yang asing. Sebab jika Anda ingat pada motor drag bike era FFA 2-tak up to 250 cc di tahun 2000-an, kerap memakai motor jenis special engine.
Kebanyakan, penggunanya adalah keluarga Jess seperti Andre Jess Sunarko dan Wilman Jess Sunarko untuk drag bike. Motor yang saat itu dipakai adalah Honda CR250 atau KTM SX. Namun tampilannya disesuaikan dengan kebutuhan drag bike. Bahkan mesin itu dipasang pada rangka Honda NSR agar lebih cocok untuk balap trek lurus itu.