window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Bobot 200 Kg Lebih, Seberapa Irit Piaggio MP3 300 HPE 2023?

Harry · 5 Mei, 2023 08:30

Bobot 200 Kg Lebih, Seberapa Irit Piaggio MP3 300 HPE 2023? 01

Piaggio MP3 300 HPE 2023.
  • Punya bobot isi 225 kg.
  • Mesin HPE 278 cc jadi andalan.
  • Dipakai rute kombinasi dalam dan luar kota.

Motor matic sudah mendominasi jalanan Indonesia, mulai dari yang bermesin kecil, sedang sampai besar pun ada. Bahkan ada yang pakai tiga roda macam Piaggio MP3 300 (Spesifikasi | Berita) HPE 2023.

Motor yang didatangkan oleh PT Piaggio Indonesia (PID) dari Italia itu berbanderol Rp 330 juta on the road Jakarta. Harga setara mobil LSUV itu lantaran statusnya impor dari Italia, serta kena pajak barang mewah.

Kami pun telah mendapat kesempatan untuk mencicipinya, termasuk juga mengukur berapa konsumsi bahan bakarnya. Terlebih motor ini punya bobot 200 kg lebih! Kira-kira seberapa irit ya?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Canggihnya Gerak Roda Depan Piaggio MP3 300 HPE, Bisa Rebah dan Berdiri Sendiri!

Mesin Piaggio MP3 300 HPE

Sebenarnya agak kecewa melihat spesifikasi mesin yang dibenamkan, lantaran kubikasinya menyusut dari model sebelumnya yang 500 cc. Jantung pacu pada model terbaru ini yakni 300 cc, tepatnya 278 cc.

Spesifikasi 4-tak, SOHC 4 katup pendingin cairan dengan suplai bahan bakar injeksi. Tenaga maksimalnya mencapai 25,8 PS di 7.750 rpm dengan torsi 26,1 Nm pada 6.250 rpm.

Bobot 200 Kg Lebih, Seberapa Irit Piaggio MP3 300 HPE 2023? 01

Mesin HPE.

Namun berkat teknologi HPE (High Performance Engine) yang diusungnya, kinerja mesin tersebut terasa tak terlalu kedodoran. Dengan respon mesin yang sigap, untuk stop & go pun terasa mantap.

Bagian cylinder head merupakan penyempurnaan dari generasi mesin sebelumnya, yang ukuran inlet dan outlet jalur bahan bakar telah diperbesar. Desain piston pun disempurnakan terutama pada bagian atasnya.

Baca juga : Dijual Rp 330 Juta, Berapa Pajak Tahunan Piaggio MP3 300 HPE?

Noken as memiliki profil yang dirancang untuk mencapai angle over stroke yang lebih kuat, tetapi pada saat yang sama mampu mengurangi kebisingan yang dihasilkan oleh distribusi pembakaran.

Bobot 200 Kg Lebih, Seberapa Irit Piaggio MP3 300 HPE 2023? 02

Respon mesin sigap.

Yang menyenangkan dari mesin ini selain performanya, soal perawatan pun terhitung hemat, pasalnya servis rutin dijadwalkan setiap 10.000 km. Mesin ini sendiri dikontrol oleh ECU Magneti Marelli MIUG4 generasi baru.

Konsumsi Bensin Terhitung Irit

Dengan berat basah 225 kg serta kubikasi mesin 278 cc, hebatnya konsumsi bahan bakar terhitung irit. Pemakaian dengan rute kombinasi dalam kota dan luar kota, mencatatkan 25 km/liter dengan metode full to full.

Baca juga : Dilepas Rp 330 Juta, Piaggio MP3 300 hpe 2023 Resmi Mengaspal di Indonesia

Bobot 200 Kg Lebih, Seberapa Irit Piaggio MP3 300 HPE 2023? 03

Bobot 225 kg dan mesin 278 cc, terhitung irit.

Lalu hasil pengukuran dari panel meter, menampilkan angka 29,5 km/liter. Piaggio sendiri mengklaim jika motor ini bisa melaju sejauh 31,25 km dengan seliter bahan bakar.

Maka dengan pengukuran full to full, serta tangki bahan bakar mencapai 11 liter, maka sekali full tank motor gambot ini bisa melaju sejauh 275 km.

 

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });