Pilihan Matic Rp 20 Jutaan Mending Honda Vario 160 2022 atau Honda PCX 150 Bekas?
Harry · 12 Apr, 2022 16:00
0
0
Honda Vario 160 jadi favorit saat ini.
Honda PCX 150 bekas tawarkan kenyamanan.
Keduanya cocok jadi motor untuk mudik.
Nominal Rp 20 jutaan menjadi banderol yang pas untuk membeli sebuah sepeda motor, baik baru atau pun bekas. Harga tersebut dirasa pas, tak terlalu mahal sehingga bisa dijangkau banyak kalangan.
Pilihan motornya pun berkualitas, baik secara dimensi, kapasitas mesin dan juga teknologi yang diusungnya. Singkatnya, untuk penggunaan sehari-hari atau plesiran ke luar kota masih bisa diandalkan.
Honda Vario 160 2022 jelas jadi salah satu motor direntang harga tersebut, dengan status model baru. Banderol terupdate April 2022 kini diangka Rp 25,989 juta (CBS) dan Rp 28,714 juta (ABS).
Untuk pasaran motor bekas dengan harga Rp 20 jutaan, kami sodorkan opsi Honda PCX 150. Dari situs jual beli online, harga untuk racikan tahun 2018 direntang Rp 23 jutaan sampai Rp 25 jutaan, persis Honda Vario 160 tipe CBS.
Kemudian kalau mengincar tahun muda bisa lirik Honda PCX 150 2022 yang direntang 28 jutaan. Tentu saja harga ini selevel dengan Honda Vario 160 tipe ABS. So seperti apa perbandingan keduanya?
Antara Sporty dan Elegan Premium
Meski keduanya sama-sama Honda, tapi segmentasinya jauh berbeda. Honda Vario 160 hadir sebagai sporty scooter dengan tampilan bergaya sport, dengan lekuk bodi yang tajam dan agresif. Sosoknya pun dibuat lebih besar.
Paling terlihat jelas pada bodi depan yang nampak seperti bertumpuk-tumpuk. Penggunaan lampu LED ganda dengan LED DRL yang memanjang menambah kesan agresif dari motor yang dirilis awal Februari 2022 lalu.
Honda Vario 160 masih mempertahankan desain dek rata. Dan untuk bagian buritan, kesan sporty dan ramping lebih terlihat, dengan bodi yang lebih kalem, namun tetap berkesan sporty. Apalagi sepakbor gantung ala motor sport juga diterapkan.
Honda PCX 150 jelas punya kasta di atasnya, desainnya menonjolkan kesan elegan dan mewah. Fascia depannya besar dengan dimensi lampu yang sedikit over karena membuat bagian ini nampak penuh dengan lampu yang sudah LED.
Penerapan setang telanjang sudah jadi ciri khas Honda PCX, berikut tangki di dek tengah. Tentu saja posisi berkendara nyaman dan fleksibel jadi salah satu daya tarik skuter sekelas Honda PCX 150 ini.
Bagian buritan minim lekukan dan nampak lebar, serta diisi lampu-lampu LED. Dan salah satu hal yang unik adalah desain behelnya yang tipis namun mleingkari buritan motor, yang nyaman digenggam.
Fitur & Teknologi : Punya Keunggulan Masing-Masing
Bergeser pada kelengkapan bawaan, Honda Vario 160 2022 yang lebih mudah jelas membawa banyak teknologi kekinian. Dari lampu-lampu full LED, rem ABS single channel dengan sistem baru, rem cakram belakang, Smart Key System hingga panel meter digital.
Hanya saja kekurangannya adalah ukuran bagasi yang tak jauh beda dari generasi sebelumnya. Diklaim muat helm namun hanya helm tertentu yang memiliki batok ramping dan minim aksesoris yang bisa masuk ke dalam bagasi 18 liternya.
Ya namanya juga sporty scooter, tentu desainnya yang cenderung ramping memiliki konsekuensi tersebut. Tapi toh dek yang rata nyatanya banyak dimanfaatkan pengguna untuk membawa barang bawaan bukan?
Honda PCX 150 sebagai matic premium juga membawa kelengkapan yang mumpuni, panel meter full digital ukurannya lebih besar. Smart Key System jadi standar, lampu-lampu sudah full LED dan rem cakram depan-belakang untuk semua tipe.
Ruang penyimpanan tentu tak perlu diragukan lagi, kapasitas 28,8 liter jelas sangat besar dan lega. Helm full face masuk dengan mudah dan masih menyisakan ruang untuk barang bawaan lainnya.
Berikut perbandingan fitur dan teknologi Honda Vario 160 2022 dan Honda PCX 150 bekas.
Daftar Fitur
Honda Vario 160
Honda PCX 150
Panel Meter Digital
Yes
Yes
Power Outlet
Yes
Yes
Suspensi Belakang
Tunggal
Ganda
Cakram Belakang
Tipe ABS only
Tipe CBS & ABS
Teknologi Rem
CBS & ABS
CBS & ABS
Kapasitas Tangki
5,5 liter
8 liter
Konsol Depan
Yes
Yes
Mesin eSP+ Terbaru VS eSP Lawas
Lanjut bahas jantung pacunya alias mesin kedua motor ini. Untuk yang mau pakai mesin dengan teknologi terbaru eSP+ jelas pilihannya adalah Honda Vario 160 2022. Mesin tersebut sudah disempurnakan termasuk dari sisi tenaga.
Kapasitas mesinnya 156,9 cc, 4-tak, SOHC 4 katup pendingin cairan, dengan piston ukuran 60 mm dan langkah piston 55,5 mm. Output yang dihasilkan mencapai 15,4 PS di 8.500 rpm dengan torsi maksimal 13,8 Nm di 7.000 rpm.
Dengan bobot kosong motor yang direntang 115-117 kg saja, maka power to weight ratio yang bisa digapai Honda Vario 160 ini jauh lebih baik. Akselerasinya langsung terasa ngisi hingga putaran atas.
Sementara Honda PCX 150 bekas dibekali mesin berkapasitas 150 cc, SOHC 2 katup pendingin cairan. Ukuran pistonnya 57,3 mm dan langkah piston 57,9 mm. Keluaran tenaga maksimal 14,7 PS di 8.500 rpm dan torsi 13,2 Nm di 6.500 rpm.
Tapi bobotnya sendiri direntang 131 kg-132 kg, tentu saja membuat Honda PCX 150, jadi tak selincah adik mudanya itu. Akselerasinya cenderung smooth dan punya nafas panjang untuk perjalanan jauh.
Kesimpulan
Model terbaru tentu saja menarik. Apalagi mesinnya segar, dan desain baru jelas akan memberi pengalaman berkendara yang berbeda. Ingat Honda Vario 160 2022 saat ini masih belum banyak, jadi akan menarik perhatian orang.
Tapi jangan lupakan kenyamanan berkendara juga akomodasi yang ditawarkan Honda PCX 150 ya. Toh dapat unit tahun muda dan untuk perbaikan rasanya tak akan mengeluarkan biaya banyak. Jadi mau yang mana nih?
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil