window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Bukan Honda, Karisma Yang Ini Bikinan Modenas Tapi Mirip Vario

Harry · 1 Des, 2023 09:30

Bukan Honda, Karisma Yang Ini Bikinan Modenas Tapi Mirip Vario 01

Modenas Karisma 125S asal Malaysia
  • Desain mirip dengan Vario LED Old
  • Pakai mesin 125 cc berpendingin udara
  • Dibanderol Rp 18 jutaan

Desain motor yang apik pasti kerap jadi kiblat untuk diikuti atau malah ditiru keberhasilannya, seperti halnya Modenas Karisma 125S.

Motor tersebut bukanlah racikan Honda, melainkan dilahirkan oleh Modenas yang merupakan singkatan dari Motosikal dan Enjin Nasional.

Modenas sendiri merek lokal Malaysia yang sudah memperkenalkan Modenas Karisma 125 sejak 2003 sebagai debut matic pertamanya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Kemudian di tahun 2016 lahirlah Karisma 125 facelift sebagai generasi kedua.

Bukan Honda, Karisma Yang Ini Bikinan Modenas Tapi Mirip Vario 01

Tampil ala Vario namun dengan striping yang lebih ramai

Hingga pada akhir bulan Februari 2022 ini Modenas memperkenalkan generasi ketiganya yang diberi nama Modenas Karisma 125S. 

Baca juga: Pilihan Pelek Keren Honda Vario Series, Dari Harga Rp 700 Ribuan Sampai Rp 14 Jutaan!

Desain Menyerupai Vario

Ketika melihat desain Karisma 125S tentu saja yang terlintas di benak adalah desainnya yang mirip dengan Vario lansiran 2015-2018 atau biasa disebut Vario LED Old.

Lekuk bodi yang serba tajam tentu jadi ciri paling kuat.

Bukan Honda, Karisma Yang Ini Bikinan Modenas Tapi Mirip Vario 02

Desain knalpot juga mirip dengan Vario

Gak hanya di bodi, bisa dilihat juga kalau pelek ring 14 incinya punya desain palang yang juga identik dengan Vario.

Palangnya model Y spoke dengan kelir abu-abu yang membuat tampilannya kian sporty.

Namun yang jadi pembeda adalah desain lampu utama Karisma 125S yang terlihat lebih besar seperti mata melotot.

Beda dengan Vario yang justru seperti mata sipit. Kemudian ada juga DRL (Daytime Running Light) juga sein di atasnya yang semua sudah LED.

Bukan Honda, Karisma Yang Ini Bikinan Modenas Tapi Mirip Vario 03

Lampu utama lebih lebar dan sudah full LED

Sedangkan jika melihat lampu depannya, sekilas mengingatkan akan milik Jupiter Z1.

Namun sedikit berbeda karena lampunya lebih sipit dan sudah menggunakan LED. Yang juga identik dengan Vario adalah desain knalpotnya.

Baca juga: Cicilan Honda Vario 160 2022 Mulai Rp 900 Ribuan, Siapkan Uang Muka Segini

Bukan Honda, Karisma Yang Ini Bikinan Modenas Tapi Mirip Vario 04

Lampu belakang lebih sipit mirip Jupiter Z1

Modenas Karisma 125S dilengkapi 3 pilihan warna. Ada Aqua Blue, Duchess Gold, dan Mystic Red.

Ketiga warnanya dikombinasi dengans striping pada sekujur bodinya yang cukup ramai untuk memberi kesan urban.

Mesin 125 Cc Standar

Yang jadi pembeda besar ada di sektor mesin. Jika Honda Vario menggunakan cairan untuk menjaga suhu mesinnya.

Modenas Karisma 125S cuma mengandalkan udara yang dihembuskan melalui kipas yang menempel pada magnet.

Selain itu perbandingan kompresi yang digunakan hanya 10:1, lebih rendah dari Vario 125 yang punya perbandingan kompresi 11:1.

Namun selebihnya Karisma 125S punya spesifikasi yang mirip dengan Vario 125.

Bukan Honda, Karisma Yang Ini Bikinan Modenas Tapi Mirip Vario 05

Masih menggunakan kunci konvensiona dengan penutup magnet

Bahkan diameter piston dan langkahnya sangat mirip, pakai diameter piston 52,4 mm dengan langkah 57,9 mm.

Dengan spesifikasi tersebut, mesin ini klaimnya punya tenaga 9,5 ps di 7.500 rpm dan torsi 10 Nm pada 6.000 rpm.

Baca juga: Ini Bukan Honda Vario 160 2022 Tapi Motoposh Evo 125, Mocin Yang Mirip Vario Series!

Kemudian jika Vario punya teknologi eSP kepanjangan dari enhanced Smart Power, Karisma 125S juga sebutan teknologi sendiri.

Yang diusung adalah EEV yang berarti Energy Efficient Vehicle. Selebihnya mesin ini sudah berstandarisasi Euro 4.

Bukan Honda, Karisma Yang Ini Bikinan Modenas Tapi Mirip Vario 06

Terdapat USB power socket di kompartemen kirinya

Fitur Modenas Karisma 125S

Pertama ada fitur hazard untuk memberi tanda saat dalam keadaan darurat, tentunya fitur ini tidak dimiliki oleh Vario series.

Lalu di bawah setangnya terdapat sepasang kompartemen, yang sebelah kiri sudah dilengkapi dengan USB power socket.

Di bawah joknya terdapat ruang bagasi yang lumayan besar, kapasitasnya mencapai 14 liter dan bersanding dengan tangki bensin 5,1 liter.

Yang unik adalah spidometernya yang lagi-lagi menyerupai Vario.

Bukan Honda, Karisma Yang Ini Bikinan Modenas Tapi Mirip Vario 07

Terdapat bagasi dengan kapasitas 14 liter di bawah joknya

Pakai desain spidometer segi enam dengan kombinasi analog dan digital.

Untuk kunci kontaknya masih pakai kunci konvensional dengan penutup magnet sebagai fitur keamanannya.

Baca juga: Perjalanan Singkat Honda Vario 150-160, Selalu Update Teknologi Ditiap Generasi

Bukan Honda, Karisma Yang Ini Bikinan Modenas Tapi Mirip Vario 08

Spidometer model segienam yang mirip juga dengan Vario

Dengan segala kelengkapannya, Modenas Karisma 125S dibanderol RM 5.397 atau sekitar Rp 18,420 juta saat dikonversi menjadi Rupiah.

Kalau motor ini dibawa ke Indonesia, kira-kira bisa bersaing dengan Vario yang sesungguhnya gak nih?

Spesifikasi Modenas Karisma 125S
Mesin 4 tak, pendingin udara, SOHC
Bore x stroke 52,4 mm x 57,9 mm
Kapasitas mesin 124,8 cc
Perbandingan kompresi 10:1
Tenaga maksimal 9,5 ps @7.500 rpm
Torsi maksimal 10 Nm @6.000 rpm
Kapasitas oli 0,85 liter
Sistem bahan bakar Fuel injection
Tipe kopling Kering sentrifungal
Transmisi V-belt otomatis
P x L x T 1.890 x 670 x 1.120 mm
Jarak sumbu roda 1.250 mm
Jarak terendah ke tanah 120 mm
Tinggi jok 770 mm
Berat 108 kg
Kapasitas tangki bensin 5,1 liter
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Swing arm, monoshock
Ban depan 80/90-14M/C
Ban belakang 90/90-14M/C
Rem depan Cakram
Rem belakang Tromol

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });