Beda harganya signifikan.
Kaki-kaki Honda CRF250 Rally lebih mewah.
Suzuki V-Strom250 SX punya rem ABS.
Teknologi mesin berbeda.
Ada rencana beli motor sport touring adventure tahun 2024 ini? Opsi yang bisa dilirik ada Honda CRF250 Rally dan Suzuki V-Strom 250 SX.
Maklum saja, hobi touring sambil berpetualang melintasi wilayah baru sedang tren belakangan ini.
Istilahnya bisa touring sambil healing dengan mendatangi tempat-tempat eksotis, pemandangan menyejukkan mata dan berudara segar.
Tentunya motor sport touring adventure jadi opsi paling pas untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Kembali soal opsi dua motor tadi, keduanya sama-sama bermesin 250 cc dengan silinder tunggal.
Berstatus CBU India.
Secara performa sudah dirasa cukupan untuk kebutuhan tersebut. Tenaganya ada, masih terhitung efisien dan harganya tak sampai Rp 100 juta.
Tapi perbedaan harga diantara Honda CRF250 Rally dan Suzuki V-Strom 250 SX lumayan signifikan, sampai Rp 33 jutaan.
Yup, Honda CRF250 Rally kini dijual Rp 92,930 juta dan Suzuki V-Strom 250 SX hanya Rp 59,5 juta untuk on the road Jakarta.
Wajah ikonik Honda CRF250 Rally.
Dengan selisih harga yang signifikan tadi, apa saja beda keduanya terutama dari sisi kelengkapan dan fiturnya?
Kaki-Kaki Honda CRF250 Rally Lebih Mahal?
Melihat sosoknya, Honda membekali motor ini dengan kelengkapan yang lebih istimewa pada area kaki-kaki.
Coba saja tengok suspensi upside down Showa berdiameter 43 mm pada bagian depan, kekar dan mencolok dengan warna emas.
Baca juga : Cara Nyaman Motocamp Pakai Suzuki V-Strom 250 SX, Mau Ikutan?
Mesin Honda CRF250 Rally ada Assist & Slipper Clutch.
Kemudian suspensi belakang monosok dengan Pro-link, serta lengan ayun alumunium.
Asyiknya kedua suspensi punya jarak main yang terhitung panjang, dan feeling-nya empuk!
Ukuran ban 80/100-21 dan 120/80-18 jadi andalan, serta punya tapak kasar sehingga lebih pas untuk off road.
Monosok Suzuki V-Strom 250 SX tanpa link.
Sementara motor racina Suzuki sendiri bisa dikatakan kaki-kakinya standar dan cukupan.
Suspensi depan teleskopik dengan diameter tabung yang besar, sehingga memberikan kesan padat.
Sedangkan suspensi belakang monosok tanpa link, alias langsung bertumpu pada sasis dan lengan ayun.
Ban yang dipakai ukuran 100/90-19 dan 140/70-17 dengan jenis dual purpose, yang membungkus pelek casting.
Honda CRF250 Rally pakai upside down.
Tapi bagusnya Suzuki V-Strom 250 SX sudah dibekali rem cakram ganda dengan ABS dual channel.
Fitur Suzuki V-Strom 250 SX Cukupan
Nah bicara fitur, maka produk Suzuki bisa dikatakan cukupan dan fungsional.
Misal lampu LED hanya untuk lampu depan dan belakang, sementara lampu sein masih halogen.
Kemudian panel meter punya informasi yang tak selengkap lawannya itu, meski sudah ada fuel trip, trip A-B dan AVG Fuel.
Baca juga : Test Ride Honda CRF250L 2023, Paket Sempurna Trail 250 Cc Saat Ini?
Lengan ayun alumunium.
Lalu untuk mesin mengandalkan pendinginan oli yang lebih advance dengan teknologi SOCS (Suzuki Oil Coolling System).
Pada mesinnya pun tak tersedia fitur penunjang berkendara seperti Assist & Slipper Clutch.
Honda CRF250 Rally jelas lebih modern dengan sematan lampu-lampu full LED, kecuali untuk lampu belakang.
Kemudian mesin DOHC dengan pendingin cairan, serta dilengkapi Assist & Slipper Clutch.
Panel meter sudah full digital dengan informasi yang lebih banyak, diantaranya ada hour meter.
Kesimpulan
Mesin masih pendingin oli.
Dengan selisih harga Rp 33 jutaan, secara kelengkapan maka Honda CRF250 Rally unggul.
Sematan lampu LED termasuk untuk lampu sein, jelas membuatnya nampak berbeda di malam hari.
Kemudian fitur Assist & Slipper Clutch meringankan kerja pengendara kala harus bermacet-macet ria.
Tapi unsur keselamatan Suzuki V-Strom 250 SX boleh diadu dengan hadirnya rem ABS dual channel.
Ya meski area kaki-kaki tak semewah kompetitornya itu, tapi ada keunggulan tersendiri dari produk Suzuki satu ini.