Cek Harga Yamaha Byson Bekas, Favorit Jadi Bahan Custom
Harry · 10 Jan, 2023 10:30
0
0
Yamaha Byson karburator tampil gagah.
Yamaha Byson injeksi lebih bertenaga dan irit.
Harga bekas mulai dari Rp 5 jutaan.
Yamaha Byson bekas lagi banyak dicari! Dikenalkan sejak tahun 2010, Yamaha Byson akhirnya harus hilang dari pasaran setelah tak lagi dijual PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sejak pertengahan 2022 lalu.
Motor yang menawarkan desain muscular dan big bike look ini sempat jadi motor sport yang penjualannya melesat. Namun saat berganti model denagn upgrade mesin injeksi, justru tak sebaik pendahulunya.
Kondisi ini diperparah oleh tergerusnya segmen motor sport dan bebek, oleh penjualan motor matic. Tapi akhir-akhir ini Yamaha Byson bekas banyak dicari, terlebih harganya sudah terjangkau.
Harga Yamaha Byson Bekas Mulai Rp 5 Jutaan
Dengan umur motor yang telah lebih dari 10 tahun untuk unit keluaran awal, maka harganya sudah sangat terjangkau. Bandingkan saat dirilis pertama kalinya yang menyentuh Rp 19,9 juta on the road Jakarta.
Kini harga unit tahun 2010-2011 mulai dari Rp 5 jutaan saja, meski ada pula yang melepasnya dengan nominal Rp 8 jutaan. Ya lagi-lagi tentunya tergantung kondisi unit dan surat-surat juga pajak pastinya.
Dan saat menilik situs jual beli online, Yamaha Byson generasi pertama yang masih karburator, harga jual tertinggi Rp 12 jutaan. Artinya rentang harganya dikisaran Rp 5 jutaan sampai Rp 12 jutaan.
Sedangkan untuk Yamaha Byson injeksi produksi 2015-2022 mulai dari 8 jutaan sampai Rp 16 jutaan. Tinggal sesuaikan isi kantong deh, cocok yang mana.
Dikenal Nyaman & Irit
Daya tarik motor ini adalah posisi berkendara yang nyaman. Redaman kedua suspensinya terasa empuk, sehingga melewati jalanan beton, getarannya bisa diredam baik. Pun saat melibas lubang, tetap empuk karena selain redaman suspensi juga profil ban yang tebal.
Ban ukuran 100/80-17 dan 120/70-17 untuk versi karburator, serta ukuran 100/80-17 dan 130/70-17 untuk versi injeksi, jadi andalan. Ya meski untuk kedua versi masih pakai rem belakang tromol.
Posisi berkendara pun terhitung nyaman baik untuk harian atau pun touring. Posisi setang membuka dan agak tinggi, kemudian pijakan kaki tak terlalu tinggi dan mundur, serta jok empuk jadi kombinasi pas.
Yang tak kalah penting, konsumsi bahan bakarnya terhitung irit. Untuk versi karburator bisa 44 km/liter. Lalu untuk versi injeksi tembus 47 km/liter. Kapasitas tangki mencapai 12 liter untuk semua versi.
Tapi bicara performa tentu jangan berharap banyak, tarikan terasa smooth. Versi karburator hanya mampu menghela tenaga 10,1 PS @ 7.500 rpm dan torsi sebesar 10,5 Nm @ 5.500 rpm.
Kemudian untuk versi injeksi ada peningkatan jadi 13 PS @ 8.000 rpm dan torsi 12,98 Nm @ 6.000 rpm. Karakter mesin keduanya halus, dan asyik untuk cruising santai dengan rpm dijaga mulai 6.000 sampai 7.000 rpm.
Bukan tanpa alasan Yamaha Byson bekas kini banyak dicari, lantaran kuda besi satu ini banyak dijadikan bahan modifikasi. Rangka diamond dengan pipa bulat memang asyik untuk diotak-atik.
Beragam genre motor custom bisa dibuat pakai basis motor ini. Mulai dari bobber, tracker, scrambler, jap's style dan lainnya. Bahkan ada bengkel modifikasi yang menjual jadi Yamaha Byson versi modifikasi.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil