window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Cek Konsumsi Bensin Suzuki Avenis 125, Irit atau Biasa Saja?

Harry · 13 Sep, 2023 11:00

Cek Konsumsi Bensin Suzuki Avenis 125, Irit atau Biasa Saja? 01

Suzuki Avenis 125, irit!
  • Pakai mesin berteknologi Suzuki Eco Performance.
  • Respon mesin sigap diputaran bawah sampai tengah.
  • Full to full tembus 51,5 km/liter.

Dilepas dengan harga Rp 30,180 juta on the road Jakarta, Suzuki Avenis 125 mendarat di Indonesia dengan status CBU India.

Motor ini mesin berteknologi Suzuki Eco Performance (SEP), yang sudah jadi teknologi andalan untuk motor matic buatannya.

Spesifikasinya sendiri 4-tak, 124,3 cc, SOHC 2 katup, pendingin udara, dengan injeksi bahan bakar. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Output maksimal mencapai 8,7 PS @ 6.750 rpm dan torsi 10 Nm di 5.500 rpm. Tak terlalu besar, tapi cukupan.

Bobot isinya sendiri mencapai 106 kg, dengan kapasitas tangki 5,2 liter. Nah lalu bagaimana dengan konsumsi bahan bakarnya?

Baca juga : Mendalami Suzuki Avenis 125, Gak Sangka Dipakainya Seenak Itu!

Dalam pengetesan, motor ini dipakai berkendara harian di dalam kota dengan bobot pengendara sekitar 72 kg.

Bahan bakarnya sendiri pakai oktan 92 cap kerang, dan dpakai dengan cara berkendara normal dan sesekali berakselerasi cepat.

Cek Konsumsi Bensin Suzuki Avenis 125, Irit atau Biasa Saja? 01

Mulut tangki ada di belakang.

Iritnya Suzuki Avenis 125 Tembus 50 Km/liter

Yes, kalian gak salah baca kok, angka itulah yang kami dapatkan kala mencoba motor ini untuk dipakai sehari-hari.

Tentunya setelah motor kami pakai lebih dari dua minggu, dan angka itu muncul pada bagian rata-rata konsumsi bensin.

Cek Konsumsi Bensin Suzuki Avenis 125, Irit atau Biasa Saja? 02

Mesin 125 cc responsif.

Tepatnya adalah 51,5 km/liter, catatan yang bisa diraih untuk urusan efisiensi motor satu ini.

Tapi jika dihitung menggunakan metode full to full, memang jadi sedikit lebih boros ya, angkanya 47,9 km/liter. 

Salah satu penyebab iritnya konsumsi bensin Suzuki Avenis 125 ini lantaran karakter mesinnya yang responsif.

Buka-tutup gas kala jalanan padat tak perlu berlebih, karena mesin sigap dan langsung membawa motor melaju.

Data Akselerasi Suzuki Avenis 125
0-60 km/jam 7,9 detik
0-80 km/jam 15,53 detik
0-100 km/jam N/A
0-100 meter 8,56 detik
0-201 meter 13,72 detik
0-401 meter 22,44 detik
Top Speed Spidometer 102 km/jam
Top Speed Racebox 96,38 km/jam
Konsumsi BBM (spidometer) 51,5 km/liter
Konsumsi BBM (full to full) 47,9 km/liter
*pakai oktan 92 & bobot rider 72 kg

Ya meski putaran atasnya agak kedodoran ya, tapi sebagai motor perkotaan, tentu karakter mesin seperti ini yang dibutuhkan.

Jadi, intinya motor ini terhitung irit bukan?

Baca juga : Berstatus CBU, Ini Beda Suzuki Avenis 125 Versi Indonesia dan India

Spesifikasi Suzuki Avenis 125 2023
Tipe mesin 4 tak, 1 silincer, SOHC, 2 katup, pendingin udara
Kapasitas mesin 124,3 cc
Bore x stroke 52,5 mm x 57,4 mm
Tenaga maksimal 8,7 ps @6.750 rpm
Torsi maksimal 10 Nm @5.500 rpm
Sistem bahan bakar Injeksi
Tipe transmisi CVT
P x L x T 1.895 x 710 x 1.175 mm
Panjang sumbu roda 1.265 mm
Jarak terendah ke tanah 160 mm
Berat isi 106 kg
Tangki bensin 5,2 liter
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Tunggal
Ban depan 90/90-12 tubeless
Ban belakang 90/100-10 tubeless
Rem depan Cakram
Rem belakang Tromol

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });