Bodinya gambot bikin kurang lincah di kemacetan kota.
Dalam kondisi baru saat ini, skuter gambot Yamaha XMax 2022 dilepas dengan harga Rp 62 jutaan. Namun jika Anda berminat menebus dengan banderol yang lebih terjangkau, maka unit sekennya bisa dilirik.
Sebab Yamaha XMax bekas, terutama keluaran awal yang dirilis tahun 2016 sudah bisa didapat di bawah Rp 40 juta. Sedangkan versi dengan tahun yang lebih muda ada di angka Rp 45-50 jutaan.
Harga tersebut tentu menarik, karena Yamaha XMax punya sederet keunggulan yang ditawarkan. Mulai dari fitur, mesin dan gaya premiumnya. Tapi dibalik itu, ada juga kelemahan yang perlu diwaspadai oleh Anda yang sedang mengincarnya. Seperti apa?
Sejak kemunculannya di tahun 2016 hingga sekarang, Yamaha XMax belum mendapat sentuhan ubahan di sektor tampilan. Hanya sebatas ubahan warna bodi yang biasanya terjadi tiap tahun.
Hal ini membuat unit bekasnya masih layak bersanding dengan motor baru lainnya. Apalagi secara global, Yamaha XMax juga masuk ke pasar Asia dan Eropa, jadi cukup mudah untuk mencari aksesorisnya.
Di sisi lain, tampilan Yamaha XMax sendiri sudah terlihat sangar dengan headlamp LED model split yang terlihat 'galak'. Serta bodi gambot yang bersudut tajam.
Jika Anda menebus unit bekasnya, sebaiknya langsung boyong motor ke gerai detailing. Sebab banyak celah di bagian dalam bodi yang berpotensi menumpuk kotoran. Sehingga jika tidak dicek, ada potensi korosi di balik bodi tersebut.
Cocok Untuk Touring
Bukan sekadar tampangnya yang gagah dan awet muda, Yamaha XMax juga cocok dipilih bagi penyuka touring. Sederet fitur fungsional hadir untuk mendukung perjalanan jauh.
Sebut saja rem ABS dan kontrol traksi (TCS) untuk menunjang pengendalian motor. Kemudian ada windshield lebar yang berguna menghalau angin langsung menerpa pengendara.
Bahkan bagasinya mampu menyimpan dua buah helm full face, tangki bensin berkapasitas 13 liter. Lalu ada kunci smart key system, power outlet hingga lampu hazard.
Sebagai motor yang juga diperuntukan mengakomodir perjalanan jauh, Yamaha XMax punya dimensi bongsor. Di mana ukuran panjang x lebar x tinggi mencapai 2.185 x 775 x 1.465 mm. Kurang lincah untuk berselap-selip dikemacetan kota.
Mesin Canggih Bertenaga
Untuk menunjang bodi gambot plus bobot 179 kg, butuh mesin yang bertenaga. Yamaha XMax dibekali mesin berkapasitas 250 cc silinder tunggal SOHC berpendingin cair.
Mesin tersebut mampu menghasilkan daya hingga 22,8 PS pada 7.000 rpm dan torsi maksimal 24,3 Nm pada 5.500 rpm. Tertanam juga sistem transmisi CVT untuk menyalurkan output ke roda belakang.
Oiya, untuk menebus unit bekas sebaiknya teliti bagian sensor-sensornya. Karena faktor perawatan, usia dan pemakaian juga berpengaruh. Komponen tersebut banderolnya cukup mahal. Contohnya peranti ABS yang jika rusak bisa menambah kocek jutaan rupiah untuk perbaikannya.