CFMoto 150SC Calon Lawan Kuat PCX dan NMax, Apa Daya Tariknya?
Fariz · 30 Agu, 2024 15:00
0
0
Dilengkapi TCS dan ABS dual channel.
Mesin 150 cc berpendingin cairan.
Ruang bagasi 30 liter.
CFMoto merupakan merek asal Negeri Tirai Bambu yang terlihat semakin serius dalam menciptakan sepeda motor di berbagai kelas, salah satunya kelas matic 150 cc.
PT MForce Indonesia sendiri selaku APM CFMoto di Indonesia sudah mulai memajang matic 150 cc andalannya itu.
Yakni dengan nama CFMoto 150SC di acara CFMoto Day 24 Agustus 2024 lalu, ya meski belum resmi diluncurkan.
Yup baru memajangnya, belum dijual secara resmi di Indonesia, padahal motor ini bisa bersaing dengan NMax dan PCX kalau penempatan harganya sesuai.
Di Cina sendiri CFMoto 150SC hadir dalam 2 versi, ada versi standar seharga ¥13,580 atau Rp 29.738.760 dan tipe dengan top box seharga ¥14,380 atau berkisar Rp 31.490.675.
Sambil menunggu tanggal peluncuran resminya, coba kita kulik dulu deh soal spesifikasi dari matic 150 cc ini.
Mesin 150 Cc Radiator
Hal pertama bisa langsung kita lihat dari sektor mesin, sesuai namanya CFMoto 150SC ini menggunakan basic mesin matic 150 cc 4 langkah, SOHC 2 katup, fuel injection, dan pendingin cairan atau radiator.
Kalau melihat spesifikasinya mungkin bisa dikatakan mirip dengan PCX 150 cc atau Vario 150 cc, 150SC ini klaim tenaga maksimalnya 14,78 ps dengan klaim torsi maksimal 14,2 Nm.
Sistem starternya sudah ‘halus’ dan dilengkapi dengan fitur Stop & Start System, membuat mesin ini memiliki klaim konsumsi bahan bakar di angka 40 km/liter.
Artinya sekali isi penuh tangki 8,5 liternya bisa membawa 150SC berjalan sejauh 340 km. Jauh juga ya?
Fitur Terkini CFMoto 150SC
Beragam fitur modern turut hadir di 150SC, mulai dari sistem smart key untuk menyalakan kelistrikan, lampu utama dan rem berteknologi LED.
Sampai ada spidometer digital berdimensi 5 inci lengkap dengan T-Box untuk sistem konektivitas yang bisa dipantau melalui aplikasi.
Di bawah setangnya terdapat kompartemen berkapasitas 2,5 liter dengan penutup dan di dalamnya terdapat power outlet yang menyuguhkan colokan model USB Type-A dan Type-C.
Ruang penyimpanan lebih besar ada di bawah joknya, punya kapasitas mencapai 30 liter yang dapat menyimpan sebuah helm open face dengan mudah.
Untuk fitur keamanan pengendaranya, CFMoto 150SC dilengkapi dengan kontrol traksi untuk mencegah roda belakang tergelincir saat berakselerasi.
Lalu kedua remnya yang sudah menggunakan tipe cakram 230 mm juga dilengkapi dengan ABS dual channel.
Dengan begitu tidak perlu khawatir roda mengunci ketika melakukan pengereman keras.
Area kaki-kaki mirip seperti PCX 160 karena pakai diameter roda belang, depan pakai ring 14 inci dengan ban 110/70-14 dan belakang ring 13 inci dengan ban 130/70-13.
Kedua suspensi belakang pun ganda tapi tanpa sub-tank. Gimana, sudah bisa bersaing dengan duo matic Jepang tadi belum?
Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jadi pemicunya. Berkendara, touring, hingga balap sepeda motor menjadi hal yang melekat dan dilakukan sampai saat ini.
Facebook: Fariz Ibrahim
Instagram: @farizibrahim17