Diva Ismayana: Kawasaki KLX150 2024 Lebih Responsif dan Berasa Naik SE!
Fariz · 6 Feb, 2023 17:00
0
0
Punya dimensi yang identik dengan motor SE alias Special Engine.
Mesin terasa lebih responsif dari sebelumnya.
PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) meluncurkan Kawasaki KLX150 2024 pada gelaran Kawasaki Bike Week (KBW) 2023 yang diadakan di Pantai Festival Ancol, Jakarta Utara (4/2/2023).
Peluncurannya ini sempat mengecoh banyak pecinta roda dua di Indonesia. Pasalnya banyak yang mengira kalau yang akan hadir adalah Kawasaki Ninja ZX-4R yang baru diluncurkan di Amerika Serikat.
Dalam peluncurannya di KBW, Kawasaki KLX150 2024 dikendarai langsung oleh crosser muda Diva Ismayana. Dirinya juga sekaligus menjadi bintang iklan dari produk anyar geng hijau itu.
Selain hadir membawa Kawasaki KLX150 2024 ke atas panggung, Diva juga melakukan demo ride di sekitaran area test ride dengan obstacle yang cukup menantang. Seperti melewati tumpukan bangkai mobil dan melintasi besi rintangan.
Kaki-Kaki Dual Purpose Kawasaki KLX150 2024
Setelah melakukan sesi launching dan demo ride, crosser asal Bali ini pun mengutarakan kekagumannya terhadap improvement yang ada pada Kawasaki KLX150 terbaru ini.
“Yang sekarang ini ban bawaannya dual purpose ya. Jadi untuk jalan tanah enak dan buat aspal juga enak, gak licin kaya sebelumnya yang langsung dilengkapi ban tahu gitu,” sebutnya.
Masih di sektor kaki-kaki, Kawasaki KLX150 2024 juga dilengkapi dengan setup suspensi depan baru. Jarak main atau travel suspensi lebih panjang, dari yang awalnya 175 mm menjadi 185 mm.
Tujuannya untuk menghindari bottoming atau mentok ketika melewati jalur off road. Sedangkan yang belakang ada perubahan setelan preload, dari model bertingkat menjadi model drat yang akan membuat penyetelan preload lebih detail.
Terakhir untuk kedua suspensinya dilengkapi dengan spesifikasi seal baru. Tujuannya agar lebih ampuh untuk menghalau debu masuk ke sisi dalam suspensi yang bisa mengakibatkan kerusakan pada suspensi.
“Suspensi udah cukup nyaman buat jalan on road atau off road, jadi bisa untuk dual mode ya. Ngelewatin obstacle juga gak sampai ada bottoming, masih aman dan nyaman,” yakin crosser muda ini.
Posisi Riding Ala SE
Kawasaki KLX150 2024 dibekali dengan desain bodi baru dengan konsep MX styling. Bodi barunya terlihat lebih menutup rangka dengan shroud lebih lebar. Sepakbor depan dan belakang juga lebih panjang, cocok dengan diameter pelek 21 inci dan 18 incinya.
Ubahan pada bodi ini ternyata mengubah impresi berkendara dari Kawasaki KLX150. Bahkan Diva mengatakan kalau rasa berkendara dan dimensi motor ini mirip seperti SE alias Special Engine.
“Posisi riding dan tingginya udah kaya SE. Buat aku sebagai rider motocross yang tingginya 173 cm ini rasanya udah nyaman. Kalau dulu kan desainnya masih pendek, nah sekarang ergonominya kaya SE,” tambahnya.
Lebih Responsif
Menurut data spesifikasinya, Kawasaki KLX150 2024 dibekali dengan mesin yang sama seperti versi sebelumnya. Masih 150 cc 4 tak, SOHC 2 katup, pendingin udara, 5 percepatan, dan berpengabut karburator.
Namun ternyata diakui oleh Diva kalau ada sedikit improvement dari sektor mesin. Ini terasa ketika dirinya melakukan shooting untuk TVC dan saat melakukan demo ride di KBW 2023
“Lebih enak, beda di power bawah dan atas. Kalau KLX150 yang lama itu kan power bawahnya lama naiknya ya, kalau yang sekarang ini terasa lebih responsif. Untuk orang awam atau beginner yang mau coba trail sih cocok pakai motor ini, gak mesti langsung SE.”
“Untuk beginner berat badan 65-68 kg udah pas banget lah. Karena untuk awal kan gak harus langsung gaspol. Jadi bisa belajar ngerem, bisa juga belajar untuk take over jumpingan pakai ini,” tutup Diva.