Bukan hanya saat melintasi jalan raya namun dalam menghadapi jalur pegunungan hingga jalanan tidak beraspal.
Transalp menjadi motor dual purpose pertama Honda yang dikembangkan dengan daya jelajah berskala besar, serta miliki bodi fairing dengan gaya desain bodi tangguh.
2. Basis Mesin Honda CB750 Hornet
Tentu banyak yang penasaran, basis mesin apa yang dipakai untuk Honda XL750 Transalp ini, karena bukan pakai basis Honda CB500 Series.
Menurut Sarwono Edhi, Tehcnical Service AHM, basis mesin yang dipakai dari Honda CB750 Hornet, yang juga belum lama rilis untuk pasar global.
Tapi tentunya ada perubahan setingan mesin pada ECM dan perangkat elektronik lain, menyesuaikan dengan peruntukan motor.
Honda CB750 Hornet. Honda.
Mesinnya sendiri berkapasitas 750 cc, 2 silinder inline dengan keluaran tenaga 91,7 PS di 9.500 rpm dan torsi puncak mencapai 75 Nm per 7.250 rpm.
3. Firing Order Honda XL750 Transalp
Apa itu firing order? Firing order adalah urutan pembakaran pada mesin yang memiliki lebih dari satu piston.
Ini artinya, gerak pistonnya tidak bersamaan, begitu pula waktu pembakaran pada tiap pistonnya berbeda.
Nah, Honda XL750 Translap sendiri menggunakan firing order 270 derajat yang memang sedang banyak dipakai oleh pabrikan motor belakangan ini.
Mesin istimewa.
Dengan firing order 270 derajat, maka pergerakan satu piston sudah mencapai TMA (titik mati atas) sementara satu pistonnya sedang menuju TMA.
Berbeda dengan mesin 2 silinder firing order 180 derajat seperti Honda CBR250RR (Spesifikasi | Berita) misalnya, yang posisi pistonnya berlawanan, satu di TMA satu di TMB (titik mati bawah).
Itulah kenapa mesin 2 silinder dengan firing order 270 derajat punya suara yang khas dan merdu.
4. Honda XL750 Transalp Punya 5 Riding Mode
Fitur penunjang berkendara di Honda XL750 Transalp pun beragam, seperti 5 pilihan riding mode yakni mode Gravel, mode Sport, mode Rain, mode Standard dan mode User yang bisa dicustom sesuai kebutuhan.
Dari setiap riding mode yang dipakai, akan mengubah beberapa parameter seperti power level, engine brake level, HSTC level dan abs level.
Untuk mode gravel, ABS belakang jadi lebih tak sensitif, tapi pada mode user yang semua pengaturan dari pengguna, bisa dimatikan.
Dari beberapa pemain motor adventure kelas menengah yang sama-sama pakai mesin 2 silinder inline 270 derajat, maka motor ini punya harga paling kompetitif.
Dengan status produksi Jepang, banderolnya yang Rp 330,5 juta lebih murah dari Aprilia Tuareg 660 (Spesifikasi | Berita) yang dilepas Rp 656 juta.
Termasuk dengan Yamaha Tenere 700 yang didatangkan importir umum, yang kabarnya bermain diangka Rp 400 jutaan.
Tuh, gimana gak menarik coba?
Kesimpulan
Demam motor adventure coba direspon AHM dengan memboyong motor yang baru debut global akhir tahun lalu ini.
Gerak cepat ini lantas mendapat sambutan positif, terutama dari fans moge adventure Honda, terlebih selepas peluncuran dan pengumuman harganya.
Kuota pertama sendiri disebut sekitar 30-40 unit dan akan mulai pengiriman dalam waktu 3-4 bulan mendatang.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil